Februari 24, 2020

Mahasiswa Belajar dari Youtube, Mengapa Tidak?

kuliah bersumber youtube

Tadi ada mahasiswa yang mengaku belajar dari Youtube untuk diskusi di sesi tutorial. Sejauh ini mayoritas menggunakan jurnal, skripsi, buku, bahkan website. Setidaknya pada pertemuan pertama memang diizinkan untuk mengutip sumber dari manapun, sebagai bagian dari proses pembelajaran itu sendiri untuk kemudian dipilah mana yang berharga dan mana yang tidak. Baca juga: Panduan Beasiswa Penuh ke Australia

Saya pun harus mengaku bahwa kuliah yang saya susun pun kadang dibantu oleh beberapa kali menonton Youtube. Saya pun sangat terbantu untuk mengerjakan beberapa hal teknis termasuk dalam menyelesaikan analisis statistik yang menurut saya tergolong rumit melalui video yang ada di Youtube. Youtube memiliki hampir segala jenis video, untuk berbagai tujuan. Tugas kita adalah untuk memilih video yang tepat karena kadang ada juga video yang tampak bagus tetapi isinya keliru.

Jika memungkinkan maka buatlah video di Youtube. Buatlah konten yang bermutu, berisi hal yang kiranya dapat membantu orang lain. Buatlah konten yang dapat membantu mahasiswa untuk belajar. Mahasiswa masa kini belajar dari manapun, sebagai bagian dari berkah teknologi yang bisa dinikmati di masa ini. Hal ini tentu bahkan tak terbayangkan pada 20 atau 50 tahun lalu.

Beberapa kampus sudah mulai menginvestasikan banyak sumber dayanya untuk membangun sistem pembelajaran berbasis video. Beberapa memanfaatkan Youtube juga untuk bisa menjangkau lebih banyak penonton. Beberapa membuat platform video mereka sendiri.

Belajar melalui Youtube, mengapa tidak? Mengajar melalui Youtube, mengapa tidak?

Silahkan cek video edukasi berikut ini: chob101

Teruslah bersemangat belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

kuliah bersumber youtube

Yoseph L. Samodra

Suka belajar dan bersenang-senang memanfaatkan Youtube.

#odop2020 (link to previous post)

error: Content is protected !!