Categories
Info Seminar dan Pelatihan

Health Research Expo (HRE) UGM 2019

Health Research Expo (HRE) 2019

Seminar Sehari

Data Science Initiative for Health (DASH)

Waktu dan Tempat

Selasa, 20 Agustus 2019

Auditorium FK-KMK UGM

Topik

  • Satu data
  • Big data dalam sistem kesehatan di Indonesia
  • Big data kesehatan di universitas, industri, dan komunitas
  • Roadmap dan inovasi big data kesehatan

big data seminar 2019

Kontak (Informasi dan Pendaftaran)

Glory/Sujiyanto 0274 560300 #205

Email: orp.fm@ugm.ac.id

Urusan Penelitian & Publikasi, Ruang UPP – PPDS, Gedung KPTU, Lantai 2

 

==

Di berbagai organisasi, terminologi “data science”, “big data”, dan “hadoop” seakan sudah menjadi setali tiga uang. Kita akan jarang mendengar suatu diskusi atau pembicaraan tentang salah satunya tanpa disertai yang lainnya. Kalau melihat dari trend, data science adalah sebuah terminologi yang mulai ngetrend di tahun 2013; ketika Hadoop dan big data sudah menjadi buzzword di berbagai organisasi. Kita bisa melihat hal tersebut dari google search trend.

Big Data  adalah istilah umum untuk segala kumpulan himpunan data dalam jumlah yang sangat besar dan kompleks sehingga menjadikannya sulit untuk ditangani atau di proses jika hanya menggunakan manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional.

“Big Data adalah gerakan atau inisiatif organisasi-organisasi untuk mengambil, menyimpan, memroses, dan menganalisa data-data yang sebelumnya tidak memungkinkan atau tidak ekonomis untuk diambil, disimpan, diproses, dan dianalisa.”

Jika dilihat dari sudut pandang teknologi, menurut saya big data adalah sebagai enabler dan promoter untuk aktivitas data science, terutama untuk data-data yang sebelumnya sulit atau belum pernah diproses dan digali nilainya.

Teknologi yang berhubungan dengan big data akan memudahkan proses pengumpulan data-data yang sebelumnya tidak bisa / mudah untuk dikumpulkan. Dan ketika data-data tersebut sudah terkumpul dan sudah ada kebutuhan untuk mendapatkan insight yang baru, data scientist juga bisa menggabungkan data yang ada di data di platform data konvensional dengan big data, dan menggunakan sebanyak mungkin data (bukan sampling dalam jumlah kecil) untuk menghasilkan informasi atau insight yang akurat dan berguna.

Big Data menjamin pemrosesan solusi data dengan varian baru maupun yang sudah ada untuk memberikan manfaat nyata bagi bisnis. Namun pengolahan data dengan ukuran dan kompleksitas besar tetap sekedar solusi teknologi kecuali jika dikaitkan dengan tujuan bisnis.

Big Data mengolah data dari para pengguna yang kemudian diterapkan dalam beberapa teknologi, dimana data tersebut diubah terlebih dahulu menjadi informasi.

2 replies on “Health Research Expo (HRE) UGM 2019”

Mulailah dengan mempersiapkan syarat-syaratnya. Pendaftaran LPDP di tahun 2019 atau tahun-tahun selanjutnya kemungkinan tidak akan berbeda jauh dengan persyaratan untuk tahun 2018.

Comments are closed.