Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital.

IDCamp merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat Ooredoo di pilar Pendidikan sebagai upaya membangun bangsa Indonesia sebagai Digital Nation.

Melanjutkan sukses IDCamp 2019 yang telah menghasilkan lebih dari 4.700 developer pemula tersertifikasi, lebih dari 500 developer tingkat mahir tersertifikasi, dimana lebih dari 400 diantaranya berhasil bekerja setelah selesai menuntaskan beasiswa kelas developer, Indosat Ooredoo kembali menggelar IDCamp 2020 yang kembali akan memberikan total 10.000 beasiswa belajar coding untuk developer muda Indonesia.

IDCamp 2020 memberikan beasiswa pelatihan coding online di 4 Learning Path (alur belajar) Utama yaitu Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer dan Machine Learning Developer yang tersedia mulai dari level dasar (basic), pemula (beginner), menengah (intermediate), mahir (expert) dan profesional (professional). Selain itu untuk memperkuat pengetahuan dasar coding bagi peserta, turut dibuka 1 alur belajar tambahan berupa Fundamental Programming di tingkat dasar.

Tahun ini IDCamp 2020 juga kembali menghadirkan tim fasilitator dan forum diskusi online untuk membantu para peserta menyelesaikan semua modul belajar secara online dan mandiri, mulai level menengah sampai dengan profesional. Selain memberikan pelatihan online, IDCamp juga membuka pelatihan offline (tatap muka) bagi calon-calon developer dengan kebutuhan khusus (difabel).

Modul pelatihan online IDCamp dikembangkan oleh Dicoding selaku Google Authorized Training Partners di Indonesia, bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dengan memanfaatkan use case yang sering ditemui dalam dunia industri khususnya telekomunikasi dan digital, serta diperkuat dengan metode mentoring secara online.

Di akhir program, Indosat Ooredoo dan Dicoding akan membantu talenta digital terbaik lulusan IDCamp untuk mendapatkan akses pekerjaan.

Jadwal Beasiswa IDCamp

Jadwal penting terkait pelaksanaan program IDCamp 2020 bisa dilihat di link ini.

Materi Pelatihan IDCamp

Peserta IDCamp dapat memilih dari empat learning path (alur belajar) utama, yaitu:

Android Developer

Kurikulum didesain oleh Dicoding sebagai satu-satunya Google Developers Authorized Training Partner di Indonesia. Siswa dipersiapkan untuk menjadi Android Developer berstandar global Google.

Seorang Android Developer adalah Software Developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi untuk pasar operating system Android. Menurut Google, sebagai pemilik dari Android, seorang Android Developer harus memiliki keahlian dalam app functionality, user interface, data management, debugging dan testing. Mereka juga memiliki kemampuan dengan setidaknya bahasa pemrograman Java atau Kotlin walaupun industri merekomendasikan seorang Android Developer dapat menggunakan keduanya. Dan saat ini penguasaan terhadapJetpack juga sudah menjadi kewajiban untuk mengoptimalkan proses mengembangkan aplikasi Android.

Kurikulum Android Developer di Dicoding telah dikembangkan langsung dengan Google menggunakan kurikulum resmi Google Developers. Setiap langkah dalam learning path ini telah didesain agar dapat mempersiapkan siswa mengambil ujian sertifikasi Associate Android Developer dari Google.

Nantikan kurikulum terbaru kami pada Learning Path ini:

  • Menjadi Android Developer Expert (kurikulum baru, level: Mahir) – Coming Soon Q3 2020
  • Belajar Android Material Design (level: Menengah-Mahir) – Coming Soon Q3 2020

Memulai Pemrograman Dengan Kotlin

Kelas pengantar untuk mempelajari Functional Programming serta Object-Oriented Programming (OOP) menggunakan Kotlin.

Belajar Prinsip Pemrograman SOLID

Pelajari kelima prinsip desain yang merupakan pedoman untuk rancangan kode yang baik pada pemrograman berorientasi objek (OOP).

Belajar Membuat Aplikasi Android untuk Pemula

Pelajari cara membuat aplikasi pertamamu dengan Android Studio. Kelas ini mengajarkan dasar Android mulai dari Intent sampai RecyclerView.

Belajar Fundamental Aplikasi Android

Pelajari skill Android dengan kurikulum terlengkap yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mulai dari design pattern, testing, API sampai database.

Belajar Android Material Design

Pelajari konsep dan implementasi desain visual, gerak, dan interaksi lintas perangkat untuk menciptakan pengalaman aplikasi yang indah.

Belajar Android Jetpack Pro

Pelajari Android Jetpack dengan berbagai fitur canggih dan sudah diimplementasikan 80% dari 1000 aplikasi terbaik di Google Play Store.

Menjadi Android Developer Expert

Tingkatkan skill kamu menjadi seorang Android expert dengan kurikulum yang fokus pada case study dan best practice dari pelaku industri.

Front-End Web Developer

Kurikulum disusun oleh Dicoding dan pelaku industri di bidang Web Development. Siswa dipersiapkan untuk menjadi Front-End Web Developer sesuai standar kebutuhan industri.

Seorang Front-End Web Developer adalah Software Developer yang bertanggung jawab untuk merancang dan membangun berbagai aplikasi web secara responsif, interaktif, dan juga user friendly. Seorang Front-End Web Developer memiliki peranan besar dalam pengembangan apiikasi web karena bertanggung jawab langsung kepada pengalaman pengguna. Di sini Anda akan diajarkan mulai dari dasar seperti pengenalan HTML, CSS kemudian menyusun layout yang responsif dengan Flexbox. Lalu Anda juga akan belajar cara membangun website dengan UI yang interaktif dan menghubungkan website dengan back-end server yang keduanya dilakukan menggunakan JavaScript. Hingga Anda akan belajar bagaimana cara membuat website yang dapat diakses secara offline dengan menerapkan Service Worker.

Kurikulum Front-End Web Developer di Dicoding telah dikembangkan dengan pelaku industri yang bergerak di bidang Web Development. Setiap langkah dalam learning path ini telah didesain agar siswa dapat memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjadi seorang Front-End Web Developer yang dapat memenuhi kebutuhan industri.

Nantikan kurikulum terbaru kami pada Learning Path ini:

  • Menjadi Mobile Web Specialist (level: Profesional) – Coming Soon Q3 2020

Belajar Dasar Pemrograman Web

Pelajari komponen-komponen dasar HTML, CSS, dan JavaScript yang merupakan fondasi utama untuk menjadi Web Developer.

Belajar Fundamental Front-End Web Development

Pelajari sintaks ES6, Web Component, dan Build Tools dalam membangun website dengan teknik yang simple, reusable, dan optimized.

Membangun Progressive Web Apps

Pelajari strategi single page application, offline caching, dan push notification agar web Anda memiliki fungsi layaknya aplikasi native.

Menjadi Mobile Web Specialist

Pelajari teknik untuk mengoptimalkan suatu website ke dalam platform mobile dengan kurikulum lengkap dari Google bagi mobile web developer.

iOS Developer

Kurikulum disusun oleh Dicoding dan pelaku industri di bidang iOS Development. Siswa dipersiapkan untuk menjadi iOS Developer sesuai standar kebutuhan industri.

Seorang iOS Developer adalah Software Developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi untuk pasar operating system iOS. Menurut Apple, sebagai pemilik dari iOS, seorang iOS Developer harus memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman Swift dan SwiftUI pada IDE XCode. Seorang iOS Developer harus mampu integrasikan teknologi mutakhir dari iOS untuk menciptakan pengalaman luar biasa pada aplikasinya.

Kurikulum iOS Developer di Dicoding telah dikembangkan dengan pelaku industri yang bergerak di bidang iOS Development. Setiap langkah dalam learning path ini telah didesain agar siswa dapat memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjadi seorang iOS Developer yang dapat memenuhi kebutuhan industri.

Nantikan kurikulum terbaru kami pada Learning Path ini:

  • Belajar Membuat Aplikasi iOS untuk Pemula (level: Pemula) – Coming Soon Q2 2020
  • Belajar Fundamental Aplikasi iOS (level: Menengah) – Coming Soon Q3 2020
  • Menjadi iOS Developer Expert (level: Mahir) – Coming Soon Q4 2020

Memulai Pemrograman Dengan Swift

Belajar bahasa Swift buat kamu yang ingin mempelajari konsep Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) dalam mengembangkan iOS dan OS X.

Belajar Prinsip Pemrograman SOLID

Pelajari kelima prinsip desain yang merupakan pedoman untuk rancangan kode yang baik pada pemrograman berorientasi objek (OOP).

Belajar Membuat Aplikasi iOS untuk Pemula

Pelajari cara membuat aplikasi pertamamu dengan XCode. Kelas ini mengajarkan dasar iOS mulai dari Controller sampai TableViews.

Belajar Fundamental Aplikasi iOS

Pelajari skill iOS dengan kurikulum terlengkap yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mulai dari SwiftUI, testing, API sampai database.

Menjadi iOS Developer Expert

Tingkatkan skill kamu menjadi seorang iOS expert dengan kurikulum yang fokus pada case study dan best practice dari pelaku industri.

Machine Learning Developer

Kurikulum lengkap yang disusun oleh Dicoding bersama IBM dan Google berserta pelaku industri. Siswa dipersiapkan untuk menjadi Machine Learning Developer sesuai standar kebutuhan industri.

Seorang Machine Learning Developer adalah pakar dalam menggunakan data untuk model pelatihan. Model-model tersebut kemudian digunakan untuk mengotomatisasi proses seperti klasifikasi gambar, pengenalan suara, dan perkiraan pasar. Sering kali ada penggabungan dengan peran data scientist atau artificial intelligence (AI) engineer. Machine learning adalah subbidang AI yang berfokus pada analisis data untuk menemukan hubungan antara input dan output yang diinginkan. Seorang pengembang pemelajaran mesin harus mampu menghasilkan solusi yang dibuat khusus untuk setiap masalah dan mencapai hasil optimal dengan hati-hati memproses data dan memilih algoritma terbaik untuk konteks yang diberikan.

Kurikulum Machine Learning di Dicoding telah dikembangkan langsung bersama IBM dan Google menggunakan kurikulum resmi dari masing-masing perusahaan. Setiap langkah dalam learning path ini telah didesain agar siswa dapat memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjadi seorang Machine Learning Developer yang dapat memenuhi kebutuhan industri.

Nantikan kurikulum terbaru kami pada Learning Path ini:

  • Belajar Pengembangan Machine Learning – Coming Soon Q3 2020

Memulai Pemrograman Dengan Python

Belajar Python yang menjadi landasan penting berbagai tren industri seperti ilmu data, pemelajaran mesin, dan manajemen infrastruktur.

Belajar Dasar Visualisasi Data

Pelajari teknik dasar untuk representasi hasil data secara visual sehingga dapat mengkomunikasikan output dari data yang telah terproses.

Belajar Machine Learning untuk Pemula

Pelajari materi dasar pengembangan machine learning dan langkah menciptakan model machine learning pertamamu untuk memproses data.

Belajar Pengembangan Machine Learning

Pelajari skill Machine Learning dengan kurikulum terlengkap yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti Tensorflow dan Applied Machine Learning.

Pendaftaran Beasiswa IDCamp

Program IDCamp 2020 dapat diikuti sepenuhnya secara GRATIS. Tertarik mendaftar beasiswa IDCamp, silahkan melakukan registrasi segera, selengkapnya silahkan cek di link ini.

Syarat Beasiswa IDCamp

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia 29 tahun atau kurang pada 31 Desember 2020 (kelahiran 1 Januari 1992 atau setelahnya)
  • Berprofesi sebagai guru SMA/SMK (apabila berusia di atas 29 tahun)

Kriteria Mendapatkan Beasiswa

Kriteria utamanya adalah kualitas submission (dalam bentuk skor angka) dan durasi penyelesaian submission (berapa lama submission diselesaikan 100%) dari level sebelumnya di alur belajar yang sama. Misalnya untuk mendapatkan beasiswa level menengah, akan melihat score dari kelas dasar dan pemula.

info pendaftaran beasiswa it indosat gratis

FAQ Seputar Beasiswa IDCamp

Punya pertanyaan? Cek di link ini.

Info lebih lanjut silahkan hubungi:

Group Corporate Communications. Kantor Pusat Indosat Ooredoo Lt. 3 PB. Jalan Medan Merdeka Barat No. 21 Jakarta Pusat.

 

 

Dirangkum oleh Yoseph Leonardo Samodra. Sumber utama: IDCamp2020