Lesson Learned from BWA

Sekian lama memantau dan mengikuti akun instagram @buildwithangga maka inilah beberapa hal menarik yang saya pelajari:

Tentang passion

Passion adalah mengerjakan sesuatu yang membuat kita merasa berenergi, mendorong kita untuk terus mempelajari hal tersebut (rutin, bahkan mungkin tiap hari), dapat menghasilkan uang dari sesuatu yang kita kerjakan, dan punya kebebasan untuk menikmati waktu dengan orang-orang terkasih.

Temukan passionmu dengan berani mencoba dan rajin mengevaluasi diri. Belajarlah banyak hal baru (tidak harus terkait dengan hal yang kamu anggap sebagai passionmu). Mengambil langkah kecil selalu lebih baik dibandingkan hanya diam dan mengharapkan keajaiban. Sesuatu yang besar dan indah dimulai dari kepingan kecil.

Berani berimprovisasi dari zona nyaman dan konsisten melakukan evaluasi setiap hari. Usahakan terus bertumbuh dengan bersemangat. Jika telah berhasil, jangan lupa untuk berbagi.

Tentang tim building

Pekerjaan besar tidak bisa dikerjakan sendiri, jadi bangunlah tim yang solid. Perbanyak proyek untuk dikerjakan bersama tim. Dalam mencapai suatu tujuan, maka otot saja tidak cukup, butuh otak yang cerdas juga.

Networking dari tiap anggota tim bisa sangat memperbesar peluang dapat proyek. Pahamilah bahwa dunia ini akan selalu menampilkan ketidakadilan. Dikhianati oleh rekan kerja maupun ditipu klien bukanlah hal yang langka. Jika tidak mampu menghadapi tekanan kerja, maka kamu belum siap untuk sukses.

Sebagai freelancer, sebaiknya pelajari dan gunakan tools umum berikut ini: grammarly, whereby, trello, transferwise, evernote, invoicequick, calendly. Pekerjaan pribadi maupun proyek yang dikerjakan tim akan selesai lebih cepat dan kita makin dipercaya klien.

Tentang uang

Kurangi pengeluaran hedonistik dan menabunglah untuk masa depan. Ketika sudah berkeluarga tentu akan lebih membutuhkan uang dan waktu. Segala sesuatu itu penting, tidak peduli besar kecilnya.

Buatlah sumber penghasilan yang dapat menghasilkan uang secara otomatis. Jangan beli barang mewah hanya karena orang lain membelinya. Belilah barang yang membantumu menghasilkan uang.

Seorang freelancer wajib pandai keuangan juga. Freelancer tidak selalu dapat proyek dan pemasukan. Selalu bagi uang dalam dua bagian: saving dan investment. Saving untuk cadangan ketika sepi order, investment untuk melipatgandakan uang kita saat ini.

Jangan mau mengerjakan proyek jika tidak diberi uang muka yang layak. Ketika revisi datang bertubi-tubi janganlah kamu menyerah. Selesaikan proyek tersebut dan jadikan pembelajaran. Pastikan sudah menetapkan berapa kali boleh revisi (gratis) saat deal dengan klien.

Tentang kesuksesan

Siaplah untuk menerima penolakan dari orang lain. Nikmati prosesnya jika kamu mendapatkan penghinaan. Belajar itu bisa di mana saja dan dari siapa saja. Sukses itu bisa datang dari mana saja selama kita mau belajar dari kegagalan.

Jadilah lebih baik dari dirimu yang kemarin. Keputusanmu hari ini menjadi penentu masa depanmu. Jangan paksakan kuliah jika tak punya biaya, apalagi harus meminjam uang.

Kemampuan negosiasi harus dikembangkan juga. Meskipun networking bagus, tidak akan optimal jika tidak pintar bernegosiasi. Jangan memberikan jasa gratisan. Jarang sekali orang yang menghargai usaha kita ketika gratisan.

Dalam membuat karya menarik maka diperlukan konsentrasi tinggi. Berani praktik, siap-siap cepat gagal, namun harus cepat belajar. Bersemangatlah memperjuangkan apapun yang layak diperjuangkan. Tidak ada yang peduli dengan proses yang kamu jalani, sebagian dari mereka hanya akan melihat hasilnya. Gunakan waktu untuk fokus bekerja dan belajar setiap hari.

Tentang media sosial

Gunakan media sosial untuk membangun networking dengan orang lain. Sedapat mungkin gunakan bahasa Inggris (latihan sambil jalan saja, jangan nunggu ahli) agar dapat menjangkau lebih banyak orang demi karir yang lebih baik. Klien dari luar negeri biasanya menghasilkan income lebih besar.

Jika bersifat teknis, sebaiknya dokumentasikan pekerjaan anda dan upload sebagai tutorial. Nanti jika lupa teknis mengerjakan sesuatu, bisa meninjau kembali tutorial buatan anda, dengan harapan lebih mudah dipahami. Plus, bisa berguna bagi orang lain juga. Ketika mengajar sesuatu pasti kita juga sedang mengajari diri sendiri.

Tentang kesehatan

Jika harus kerja lembur di malam hari pastikan cukup minum air putih agar tidak dehidrasi. Bergeraklah aktif (bisa olahraga ringan) setiap 30 menit. Usahakan ruangan kerja memiliki penerangan yang cukup terang, setidaknya seterang layar komputer, agar tidak sakit mata. Mata dan kesehatan tubuh adalah aset yang paling berharga.

Kekayaan yang wajib kita miliki saat ini adalah kesehatan diri dan juga ilmu yang up to date. Kalau keduanya seimbang maka kita bisa mencapai apa pun yang kita inginkan dengan lebih mudah. Semangatlah menjaga kesehatan dan terus belajar.

 

Iceberg 22 April 2020 – Promo 3 Juni 2020.

Simak ulasan saya tentang gizi di CBNS.