Juni 29, 2020

Fakultas Kedokteran di Singapura

fk terbaik di singapore

Buat kalian yang ingin tahu berapa jumlah fakultas kedokteran di Singapura, maka jawabannya adalah Singapura memiliki tiga fakultas kedokteran. Tidak sebanyak di Indonesia yang memiliki lebih dari 70 fakultas kedokteran. Hal ini wajar karena ukuran negara Singapura yang tidak seluas Indonesia.

Baca juga: Daftar Fakultas Kedokteran di Jawa Tengah, Indonesia

Yong Loo Lin School of Medicine, National University of Singapore

Didirikan pada tahun 1905, Fakultas Kedokteran NUS Yong Loo Lin adalah lembaga pendidikan dan penelitian medis terkemuka di Asia. Kurikulum sarjana yang dikembangkan dan diajarkan oleh dosen yang terdiri dari dokter dan ilmuwan terkemuka, memberi mahasiswa landasan yang kuat dalam ilmu kedokteran.

Sesuai dengan visinya tentang mendidik dan menghasilkan profesional layanan kesehatan yang penuh kasih dan kompeten, penekanan diberikan pada penanaman dan pengembangan empati terhadap pasien pada seluruh mahasiswa.

Pada 2005, Fakultas Kedokteran Universitas Nasional Singapura merayakan ulang tahun yang ke-100. Fakultas tersebut berganti nama menjadi Sekolah Kedokteran Yong Loo Lin sebagai penghargaan atas hadiah murah hati sebesar S$ 100 juta dari Yong Loo Lin Trust.

Pada tahun 2008, Fakultas Kedokteran NUS Yong Loo Lin bergabung dengan Fakultas Kedokteran Gigi NUS dan Rumah Sakit Universitas Nasional untuk membentuk Sistem Kesehatan Universitas Nasional (NUHS). Sistem kesehatan akademik bertujuan untuk mengeksploitasi sinergi, mengeksplorasi model perawatan baru, mengembangkan penelitian multidisiplin dan program pendidikan yang memperkaya fakultas dan mahasiswa serta bermanfaat bagi pasien.

Fakultas Kedokteran NUS Yong Loo Lin memiliki 18 departemen dan 2 pusat, yang mencakup seluruh spektrum spesialisasi medis. Staf pengajar klinis juga merupakan staf Rumah Sakit Universitas Nasional, yang merupakan wahana pelatihan klinis utama untuk mahasiswa FK NUS.

Lee Kong Chian School of Medicine, Nanyang Technological University

Fakultas Kedokteran Lee Kong Chian, kemitraan antara Universitas Teknologi Nanyang, Singapura (NTU Singapura) dan Imperial College London (Imperial) melatih para dokter yang menempatkan pasien sebagai pusat perawatan terbaik mereka. Fakultas Kedokteran Lee Kong Chian, yang menawarkan program sarjana dan pascasarjana, dinamai berdasarkan nama filantropis lokal Tan Sri Dato Lee Kong Chian. Resmi dibuka pada 28 Agustus 2017 oleh Wakil Perdana Menteri Singapura saat itu Tuan Teo Chee Hean, LKCMedicine bercita-cita untuk menjadi model pendidikan kedokteran inovatif dan pusat penelitian transformatif. Mitra klinis utama Fakultas Kedokteran Lee Kong Chian adalah National Healthcare Group, pemimpin dalam pelayanan kesehatan publik yang diakui untuk kualitas keahlian medis, fasilitas, dan pengajarannya.

Lulusan program sarjana kedokteran selama lima tahun yang dimulai pada 2013 akan memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar ilmiah kedokteran, dengan penekanan pada teknologi, ilmu data, dan humaniora. Dokter pertama lulusan Fakultas Kedokteran Lee Kong Chian pada tahun 2018 mendapatkan gelar Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery (MBBS) yang diberikan bersama oleh NTU Singapura dan Imperial.

Calon mahasiswa harus memiliki kualifikasi pra-universitas yang diperlukan untuk diterima dalam program MBBS Fakultas Kedokteran Lee Kong Chian. Nilai prediksi tidak dapat dipakai untuk mendaftar kuliah. Siswa yang lulus SMA/hasil ujian nasionalnya akan tersedia setelah bulan April tidak memenuhi syarat untuk mendaftar program Kedokteran di Tahun Akademik yang sama.

Duke-NUS Medical School, National University of Singapore

Visi Pemerintah Singapura untuk mengembangkan institusi medis kelas dunia untuk membimbing dan melatih dokter kompeten yang mampu menjadi pemimpin masa depan, inovator, wirausahawan, dan ilmuwan, menghasilkan Sekolah Kedokteran Duke-NUS yang sukses.

Fakultas Kedokteran Duke-NUS memainkan peran integral dan strategis dalam ekosistem perawatan kesehatan Singapura melalui keunggulan penelitian translasional dan penelitian klinisnya, pelatihan keterampilan medisnya, dan kolaborasi Kedokteran Akademiknya dengan SingHealth, sebagai kelompok medis dan kesehatan terbesar di Singapura.

Pada bulan April 2005, Universitas Duke dan Universitas Nasional Singapura menandatangani perjanjian resmi tentang kedua institusi akan bermitra untuk membangun sekolah kedokteran baru bagi lulusan dokter umum di Singapura, untuk melengkapi sekolah kedokteran umum yang ada di Universitas Nasional Singapura. Berdasarkan perjanjian tersebut, pemerintah Singapura akan memberikan kontribusi investasi yang signifikan selama tujuh tahun pertama untuk mendirikan Duke-NUS sebagai bagian dari strategi Singapura untuk menjadi pusat penelitian dan pendidikan medis terkemuka.

Pada 30 November 2010, mengikuti kemajuan yang luar biasa kuat dalam fase lima tahun pertama, pemerintah Singapura memberi sinyal dukungan besar mereka dengan memperluas kolaborasi strategis Duke dan NUS dengan lima tahun lagi. Selanjutnya, Pada 2 Juni 2016, para pemangku kepentingan memperluas kolaborasi ini melalui perjanjian lima tahun ketiga.

Kurikulum Duke-NUS didasarkan pada kurikulum Fakultas Kedokteran Universitas Duke yang terkenal di Durham, North Carolina. Fakultas Kedokteran Duke-NUS adalah bagian dari sistem National University of Singapore, tetapi unik karena ia diawasi oleh Dewan Pengatur, termasuk perwakilan Duke yang memiliki hak veto atas keputusan akademik yang dibuat oleh Dewan Pengatur.

fk terbaik di singapore

Sumber: nusmedicine.nus.edu.sg/; lkcmedicine.ntu.edu.sg/; duke-nus.edu.sg/

error: Content is protected !!