cara pendaftaran beasiswa lpdp 2018 bpi ln

Pendaftaran Beasiswa LPDP LN 2018

Seluruh proses pendaftaran Beasiswa LPDP LN 2018 dilakukan secara online di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

Beasiswa Pendidikan Indonesia Program Reguler selanjutnya disebut BPI Reguler adalah beasiswa yang dikelola oleh LPDP yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan mengarahkan segenap usahanya guna mencetak pemimpin Indonesia di masa depan yang mencakup berbagai bidang ilmu dan keahlian. Pengelolaan dana abadi pendidikan ini bertujuan menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi di masa depan sebagai pertanggungjawaban antargenerasi. Selain itu, LPDP juga bertujuan mengantisipasi keperluan darurat rehabilitasi pendidikan yang rusak akibat bencana.

LPDP berfokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia. Beberapa bidang ilmu dan keahlian di antara prioritas yang menjadi fokus LPDP antara lain: teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, serta sosial-budaya.

Info lengkap dan update silahkan di cek di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

Tahapan seleksi beasiswa kategori beasiswa reguler:

  • Pendaftaran pada website LPDP;
  • Seleksi Administrasi;
  1. Tim penyeleksi administrasi melakukan verifikasi dan validasi terhadap kelengkapan dan kecocokan berkas pendaftaran berdasarkan persyaratan yang ditetapkan.
  2. Pendaftar yang dokumennya tidak memenuhi persyaratan dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi.
  3. Pendaftar yang dokumennya telah memenuhi persyaratan dinyatakan lulus administrasi dan berhak mengikuti proses Seleksi Berbasis Komputer;
  • Seleksi Berbasis Komputer;
  1. Tes Potensi Akademik;
  2. Soft Kompetensi; dan
  3. On the spot writing.
  • Seleksi Substansi;
  1. Verifikasi dokumen asli pendaftaran;
  2. Leaderless Grup Discussion (LGD); dan
  3. Wawancara.
  • Penetapan Kelulusan.

 

Tanggal penting pendaftaran Beasiswa LPDP 2018 hingga penetapan kelulusan:

1 Pembukaan pendaftaran : 2 Juli 2018
2 Submit dokumen : 2 Juli – 21 September 2018
3 Penutupan pendaftaran beasiswa LPDP
: 21 September 2018
4 Penetapan hasil seleksi administrasi : 12 Oktober 2018
5 Seleksi Berbasis Komputer : 22 Oktober – 12 November 2018
6 Penetapan hasil Seleksi Berbasis Komputer : 17 November 2018
7 Seleksi substansi : 26 November – 22 Desember 2018
8 Pengumuman hasil seleksi substansi : 28 Desember 2018

 

Sasaran BPI Reguler S3:

Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus magister atau magister terapan (S2), atau lulusan sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program doktoral.

cara pendaftaran beasiswa lpdp 2018 bpi ln

Harap diperhatikan bahwa pendaftar yang lulus seleksi di tahun 2018 dapat memulai perkuliahan di tahun 2019 dan tidak ada opsi pindah perguruan tinggi setelah submit dokumen pendaftaran beasiswa LPDP dan dinyatakan lulus seleksi.

 

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa LPDP BPI Program Doktoral ke Luar Negeri untuk Pegawai Swasta

  1. Surat Keterangan berbadan sehat dan bebas dari narkoba serta bebas TBC yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah; Puskesmas; atau Klinik Pemerintah dengan masa berlaku paling lama 6 (enam) bulan sebelum penutupan pendaftaran.
  2. Rekomendasi dari atasan atau dari tokoh masyarakat.
  3. Memiliki dan memilih bidang keilmuan yang sesuai dengan bidang keilmuan, program studi, dan perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  4. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pendaftar:
    1. Bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi;
    2. Tidak sedang menerima atau akan menerima beasiswa dari sumber lain;
    3. Tidak terlibat dalam aktivitas atau tindakan yang melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila;
    4. Tidak pernah atau akan terlibat dalam aktivitas atau tindakan yang melanggar kode etik Akademik;
    5. Selalu mengabdi untuk kepentingan Bangsa Indonesia;
    6. Selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia;
    7. Sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP;
    8. Menyampaikan data dan dokumen yang benar, sesuai aslinya, apabila ternyata tidak sah, bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku dan dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist) sebagai pendaftar LPDP.
  5. Berusia maksimal 40 (empat puluh) tahun pada 31 Desember di tahun pendaftaran.
  6. Telah menyelesaikan studi yang memenuhi kualifikasi untuk program doktoral. Tidak sedang atau telah menempuh studi degree atau non degree (on going) program magister ataupun doktoral baik di Perguruaan Tinggi dalam negeri atau Perguruan Tinggi di luar negeri.
  7. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4 dan dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai.
  8. Pendaftar Doktoral Luar Negeri harus memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) dengan skor sekurang-kurangnya TOEFL iBT® 94; IELTS™ 7,0; TOEIC® 850;atau TOAFL 550 bagi program studi dan/atau Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.
  9. Masa studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan yang tertuang dalam LoA Unconditional. Apabila Penerima Beasiswa menyelesaikan studi lebih dari 48 (empat puluh delapan) bulan harus mendapatkan izin tertulis dari LPDP dan pendanaan beasiswa ditanggung oleh Penerima Beasiswa.
  10. Pendaftaran beasiswa LPDP BPI Program Doktoral hanya diperbolehkan untuk jenis kelas reguler.
  11. Menulis ringkasan proposal penelitian sesuai program studi Doktoral pada perguruan tinggi tujuan dan melampirkan proposal penelitian.
  12. Menulis Statement of Purpose paling banyak 1.000 kata yang menjelaskan rencana kontribusi yang telah, sedang dan akan dlakukan untuk masyarakat, lembaga, instansi, profesi, atau komunitas.

Pilihan Universitas di Luar Negeri untuk Pendaftaran Beasiswa LPDP Berdasarkan Bidang Ilmu:

Semua Jurusan Bisa Dipilih

Ekonomi

Hukum dan Sosial

Psikologi dan Keperawatan

Farmasi dan Farmakologi

Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Pariwisata

Keagamaan

Pertanian dan Kehutanan

Teknik

Pendidikan dan Sains

 

Nilai dan Budaya LPDP

1. Integritas
Berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh prinsip-prinsip moral.

2. Profesionalisme
Bekerja tuntas, akurat atas dasar kompetensi terbaik, penuh tanggung jawab, dan komitmen yang tinggi.

3. Sinergi
Membangun hubungan kerja sama internal maupun kemitraan yang produktif dan harmonis.

4. Pelayanan
Bekerja sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan mudah dalam memenuhi kepuasan pemangku kepentingan.

5. Kesempurnaan
Berupaya melakukan perbaikan disegala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik.

 

LPDP diarahkan menjadi lembaga yang secara berkelanjutan mempersiapkan pemimpin masa depan dengan sumber daya yang potensial dan kontributif bagi Indonesia sekarang dan masa depan, baik di sektor pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan Indonesia dalam jangka panjang.

Sebagai langkah penguatan terhadap kapabilitas kepemimpinan, alumni-alumni LPDP program layanan beasiswa akan memperoleh pembekalan melalui pembinaan talent pool pasca studi beasiswa magister dan doktornya, baik di dalam maupun luar negeri.

Pembinaan yang diberikan kepada para penerima pendanaan riset diantaranya berupa enterpreneurial leadership program. Hal ini dimaksudkan agar program riset yang dihasilkan lebih implementatif dan produktif bagi kehidupan bangsa Indonesia.

About the author

Comments

  1. One more thing I would like to say is that in place of trying to match all your online degree programs on times that you complete work (as most people are worn out when they get back), try to receive most of your instructional classes on the week-ends and only 1 or 2 courses on weekdays, even if it means a little time away from your saturdays. This is really good because on the week-ends, you will be more rested along with concentrated for school work. Many thanks for the different tips I have figured out from your weblog.

  2. Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I’ll be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I’ll certainly comeback.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *