Kuliah Ekonomi Pembangunan di UHN Medan

Kuliah Ekonomi Pembangunan di UHN Medan

Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan merupakan program studi yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen. Pada saat ini Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan telah terakreditasi dengan nilai akreditasi B. Nomor surat akreditasi: 2336/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 berlaku hingga 20 Oktober 2021.

Baca juga: Kampus kedokteran di Semarang

Dalam mengemban tugas dan pencapaian tujuan maka penyelenggaraan proses belajar mengajar di Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan mempedomani visi dan misi yang telah ditetapkan dan disesuaikan dengan rencana strategi Universitas HKBP Nommensen.

Tujuan Perkuliahan

Tujuan perkuliahan di prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UHN mencakup:

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai bidang ekonomi dan pembangunan yang bersahabat dan perduli kepada kepentingan masyarakat, berorientasi global dan senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya (IPTEKS).
  2. Menghasilkan dan memublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang ekonomi dan pembangunan dengan menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual (HAKI).
  3. Menghasilkan jaringan kemitraan yang bersahabat dengan berbagai instansi seperti pemerintah, swasta, gereja, dan alumni serta masyarakat secara keseluruhan pada tingkat nasional dan internasional sebagai wadah bagi sivitas akademika dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan bidangnya.
  4. Menghasilkan sumber daya manusia yang professional dan memiliki rasa kebangsaan sebagai duta Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen dalam menerapkan ilmu pengetahuan, seni budaya, dan teknologi yang berjiwa kewirausahan berlandaskan kasih kristiani untuk meningkatkan kualitas kehidupan ekonomi dan sosial pada berbagai lapisan masyarakat.

Kegiatan Perkuliahan

Untuk mendukung proses belajar mengajar, Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen melaksanakan berbagai kegiatan lain, seperti:

  1. Melaksanakan field trip setiap semester sehingga mahasiswa dapat memahami materi kuliah baik secara teori maupun praktek.
  2. Memberikan piagam dan piala kepada mahasiswa yang mempunyai Indeks Prestasi Semester (IPS) tertinggi setiap semester dari setiap setiap angkatan. Hal ini dilakukan dengan maksud meningkatkan motivasi mahasiswa untuk dapat menjadi yang terbaik.
  3. Melaksanakan dan ikut dalam lomba cerdas cermat ekonomi di kota Medan. Melakukan penelitian bersama dosen dan mahasiswa dengan berbagai materi bahasan ekonomi, agar dapat meningkatkan pengetahuan dan daya analisis ekonomi mahasiswa.
  4. Melakukan kuliah prakatek dan pengabdian masyarakat (KPPM) pada setiap tahunnya di berbagai desa yang ada di Sumatera Utara sebagai bentuk dari pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Melakukan kegiatan ekstrakulikuler berupa aktivitas positif yang dapat berpengaruh di dalam Universitas, Fakultas, dan terkhusus Program Studi serta aksi sosial antar sesama termasuk kunjungan ke Panti Asuhan.
  6. Merencanakan dan melaksanakan program pertumbuhan rohani berupa pelaksanaan Perayaan Natal Bersama untuk dapat menumbuhkan iman mahasiswa maupun dosen.
  7. Mengikuti kegiatan program ilmiah seperti call for paper untuk dosen program studi sebagai metode aplikasi Tri Dharma dalam bidang penelitian di berbagai Univesitas di Indonesia.
  8. Mempersiapkan dan menulis jurnal ekonomi berskala internasional untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan dosen dalam tingkat internasional.
  9. Mengikut seminar, diskusi, dan kegiatan ekonomi lainnya yang dilaksanakan oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI).
  10. Mengarahkan dan mendaftarkan mahasiswa untuk dapat aktif dalam seminar-seminar ilmiah maupun non ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan soft skill maupun hard skill mahasiswa.
  11. Melakukan prakatek kewirausahaan untuk mengaplikasikan materi kewirausahaan agar bisa mengetahui proses marketing dan praktek kreativitas produksi.

 

Mata Kuliah Prodi lmu Ekonomi dan Studi Pembangunan FE Universitas HKBP Nommensen

No. Nama Mata Kuliah Semester SKS
1 Matematika Ekonomi I I 3
2 Pengantar Mikroekonomi I 3
3 Pengantar Bisnis I 3
4 Pengantar Akuntansi I I 2
5 Pendidikan Agama Kristen I 2
6 Pend. Pancasila & Kewarganeg I 3
7 Bahasa Inggris I 2
8 Matematika Ekonomi II II 3
9 Pengantar Hukum Bisnis II 2
10 Bahasa Inggris Lanjutan II 2
11 Pengantar Makroekonomi II 3
12 Pengantar Akuntansi II II 2
13 Bahasa Indonesia II 2
14 Etika II 2
15 Logika dan Filsafat II 2
16 Statistika Ekonomi I III 3
17 Mikroekonomi I III 3
18 Sistem & Pemikiran Ekonomi III 3
19 Ekonomi Pembangunan III 3
20 Ekonomi Moneter III 3
21 Ekonomi Koperasi dan UKM III 3
22 Pengantar Manajemen III 3
23 Makroekonomi I IV 3
24 Statistika Ekonomi II IV 3
25 Bank & Lemb. Keu. Bukan Bank IV 3
26 Ekonomi SDM & Ketenagakerjaan IV 3
27 Ekonomi Industri IV 3
28 Ekonomi Internasional IV 3
29 Ekonomi Regional IV 3
30 Perekonomian Indonesia V 3
31 Ekonometrika I V 3
32 Mikroekonomi II V 3
33 Ekonomi SDA & Lingkungan V 3
34 Ekonomi Sektor Publik V 3
35 Pasar Keuangan V 3
36 Kewirausahaan V 2
37 Bahasa Mandarin V 2
38 Metode Penelitian Ekonomi VI 3
39 Ekonometrika II VI 3
40 Makroekonomi II VI 3
41 Otda & Desentralisasi Fiskal VI 3
42 Model Ekonomi VI 3
43 KPPM/Magang/PKL VI 2
44 Riset Operasi VI 3
45 Ekonomi Kreatif VI 3
46 Manajemen Stategik Pembangunan VII 3
47 Perencanaan Pembangunan VII 3
48 Evaluasi Proyek VII 3
49 Eko. Perkotaan & Transportasi VII 3
50 Eko. Perdagangan Internasional VII 3
51 Rencana Tata Ruang Wilayah VII 3
52 Seminar Ekonomi VIII 3
53 Ekonomi Pertanian & Perdesaan VIII 3
54 Sosiologi & Politik VIII 6
55 Skripsi VIII 6
    Total SKS: 159 

universitas ekonomi pembangunan di sumatera

Sumber: uhn.ac.id/ekonomi/content.php?ref=e5c1&idprodi=3