Agustus 17, 2020

Panduan Meringkas Jurnal Ilmiah

parafrase ringkasan jurnal bereputasi
  1. Mulailah dengan membaca abstraknya, jika menarik maka:
  2. Pastikan latar belakang pendidikan dan pekerjaan penulis jurnalnya, bisa minimal disimpulkan dari afiliasi yang dicantumkan, jika cukup dapat dipercaya maka:
  3. Pastikan jurnalnya dapat dipercaya, sebaiknya konsisten dan memiliki reputasi yang baik, setidaknya memiliki alamat doi dan cakupannya sesuai dengan judul artikelnya, jika bukan jurnal abal-abal maka:
  4. Bacalah secara cepat seluruh bagian jurnalnya secara urut, dari judul hingga daftar pustakanya, pastikan bisa mengidentifikasi hal-hal penting yang dapat diringkas, lalu:
  5. Bacalah lagi bagian yang ingin diringkas, pastikan itu merupakan tulisan berupa hasil penelitian atau opini dari penulisnya, bukan salinan atau kutipan dari tulisan lain, jika ternyata yang ingin diringkas merupakan karya orang lain maka:
  6. Telusuri karya orang lain yang dikutip, ulangi langkah 1-5, jika sudah pasti mendapat sumber primer dari hal yang ingin diringkas maka:
  7. Ringkaslah dalam 1 kalimat saja untuk setiap hal menarik yang layak diringkas, buatlah kalimat yang sederhana dan menggambarkan pemahaman anda mengenai apa yang anda baca, lalu:
  8. Salinlah tiap kalimat yang anda anggap sebagai ringkasan anda, gunakan itu menjadi bahan pencarian menggunakan mesin pencari, pastikan belum ada tulisan orang lain yang sama persis dengan apa yang anda susun, jika tidak ditemukan tulisan yang sama persis maka ringkasan anda sudah bisa dipakai, jika sudah ada tulisan yang sama persis maka:
  9. Tinjaulah apakah tulisan orang lain tersebut memiliki sumber yang sama, jika iya sebaiknya lakukan parafrase ulang hasil ringkasan anda, lalu ulangi langkah 8, jika sumbernya tidak sama maka ringkasan anda sudah bisa dipakai.

parafrase ringkasan jurnal bereputasi

Semoga pedoman dalam 9 langkah mudah ini bisa membantu anda menyusun karya tulis (ilmiah maupun populer) dengan lebih baik. Pelajari juga cara menulis sitasi dan daftar pustaka yang baik.

error: Content is protected !!