Pendaftaran Beasiswa Chevening (Kuliah 2021)

Dari berbagai beasiswa Inggris yang ditawarkan kepada mahasiswa dari seluruh dunia, Chevening adalah salah satu beasiswa yang paling bergengsi dan kompetitif. Pendaftaran Beasiswa Chevening untuk melanjutkan studi di Inggris tahun 2021 dibuka dari tanggal 3 September sampai 3 November 2020. Beasiswa Chevening diberikan kepada individu yang dapat menunjukkan bahwa mereka memiliki komitmen dan keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan perubahan positif, dan dapat menunjukkan bagaimana gelar S2 dari Inggris akan membantu mereka dalam mencapai hal tersebut.

Beasiswa ini menawarkan dukungan finansial penuh bagi pejuang beasiswa untuk meraih gelar S2 di universitas mana pun di Inggris sambil juga mendapatkan akses ke berbagai pengalaman akademis, profesional, dan budaya.

Selain menawarkan gelar magister yang didanai penuh, beasiswa ini menjadi kesempatan yang unik bagi generasi pemimpin berikutnya, pemberi pengaruh, dan pengambil keputusan untuk menjalin hubungan dengan Inggris yang akan berkembang sepanjang karier mereka.

Apa itu Beasiswa Chevening?

Didanai oleh Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran serta organisasi mitra, Beasiswa Chevening diberikan kepada individu dengan potensi kepemimpinan yang dapat dibuktikan serta latar belakang akademik yang kuat. Beasiswa ini menawarkan bantuan keuangan penuh untuk meraih master di universitas Inggris mana pun serta mendapatkan akses ke berbagai pengalaman akademik, profesional, dan budaya yang eksklusif.

Sejak program ini dibentuk pada tahun 1983, lebih dari 50.000 profesional terkemuka telah berkesempatan untuk tumbuh di Inggris melalui Beasiswa Chevening. Terdapat lebih dari 1.500 beasiswa yang ditawarkan untuk tahun akademik 2021/2022 kepada para pejuang beasiswa seluruh dunia, menunjukkan komitmen Inggris untuk mengembangkan para pemimpin masa depan.

Sebelumnya, 51 penerima beasiswa dari Indonesia dan Timor-Leste sudah terpilih untuk melanjutkan studi mereka di perguruan tinggi Inggris tahun ini (2020-2021). Mereka yang berhasil mendapatkan beasiswa ini telah membagikan cerita mereka melalui tagar #ChosenForChevening di Twitter dan Instagram. Baca juga: Daftar Jurusan di Monash University

“Di Inggris, kami bangga dengan universitas-universitas kami yang berkelas dunia dan memiliki lingkungan belajar yang kaya oleh keragaman budaya, pengalaman, dan sudut pandang,” kata Kepala Beasiswa di Kementerian Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan Inggris (FCDO), Naomi Rayner.

Bagaimana proses seleksi Beasiswa Chevening?

Semua pemohon menjalani proses seleksi yang ketat. Pemohon yang paling cocok kemudian dipilih oleh kedutaan besar Inggris dan komisi tinggi di seluruh dunia.

Dengan beasiswa yang didanai penuh, Anda akan menerima biaya kuliah atau biaya program, biaya hidup, dan penerbangan ke Inggris. Anda juga akan mendapatkan akses ke acara-acara jaringan yang eksklusif, lokakarya, diskusi, magang, dan peluang menjadi sukarelawan, sehingga memperkenalkan Anda pada kehidupan yang beragam dalam peran global.

Sementara itu, menurut Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins beasiswa ini akan menerima siapa saja. Baik mereka yang memiliki perbedaan ras, jenis, kelamin, atau apapun itu.

“Jika Anda adalah seseorang yang bersemangat untuk mendorong perubahan, baik secara lokal maupun global; Jika Anda ingin menjadi yang terbaik dalam apa yang Anda lakukan dan memiliki imajinasi untuk menginspirasi orang lain, maka beasiswa Chevening dapat menjadi kesempatan yang tepat untuk Anda,” kata Owen Jenkins.

“Tidak ada yang namanya mahasiswa ‘tipikal’. Usia, ras, jenis kelamin, agama, dan latar belakang budaya Anda tidak menjadi masalah bagi kami.”

“Kami ingin melihat bahwa Anda memiliki energi, rasa ingin tahu, visi yang jelas untuk masa depan Anda, dan kemampuan untuk mencapai tujuan Anda. Jika ini terdengar seperti kualitas di diri Anda, maka kemungkinan besar Anda akan cocok dengan komunitas kami yang terdiri lebih dari 50.000 alumni di seluruh dunia.”

Cara mendaftar Beasiswa Chevening

Anda dapat mengajukan Beasiswa Chevening dengan memilih negara Anda dari daftar di www.chevening.org/apply . Setelah mengirimkan permohonan Anda, permohonan tersebut akan dinilai berdasarkan kriteria kelayakan Chevening. Permohonan yang dianggap memenuhi syarat kemudian akan dinilai oleh komite penilaian independen.

Jika Anda sudah terdaftar, Anda akan diminta untuk menyerahkan referensi dan menghadiri wawancara dengan kedutaan Inggris atau komisi tinggi di negara tempat Anda melamar. Wawancara tatap muka ini dilakukan dalam bahasa Inggris oleh panel, yang akan bertanya tentang tujuan pribadi dan profesional Anda, dan bagaimana Beasiswa Chevening akan membantu Anda mencapainya. Pilihan program studi Anda juga akan dipertimbangkan. Panel kemudian akan menilai wawancara Anda dengan kriteria Chevening global.

Karena banyaknya berkas pendaftaran beasiswa yang diterima setiap tahun, panitia seleksi tidak dapat memberikan informasi atau umpan balik kepada pelamar yang tidak berhasil. Mohon jangan menghubungi kedutaan Inggris atau komisi tinggi untuk mengajukan pertanyaan terkait pendaftaran beasiswa ini.

Timeline Beasiswa Chevening 2021/2022

Pendaftaran Beasiswa Chevening 2021/2022 dibuka oleh Pemerintah Inggris mulai tanggal 3 September sampai 3 November 2020. Beasiswa ini mendukung kuliah di universitas-universitas Inggris mana pun, sebagian besar selama satu tahun dalam mendapatkan gelar S2.

Wawancara bagi pelamar yang lolos berkas akan dilakukan di Maret-April 2021. Pemohon yang mendapatkan beasiswa ini akan diumumkan sekitar Juni 2021. Jika Anda termasuk di antaranya, Anda akan memulai kuliah di Inggris pada bulan September/Oktober 2021.

Apa saja yang akan didapatkan?

Chevening akan mendanai seluruh kebutuhan studimu selama satu tahun mulai dari:

• Biaya kuliahmu (termasuk biaya ujian dan laboratorium)

• Biaya hidup selama disana (akomodasi, transportasi dan makan sehari-hari, pulsa telepon, kebutuhan kuliah, dan kesehatan)

• Biaya satu kali pembuatan visa dan biaya pesawat menuju dan dari Inggris termasuk biaya untuk ekstra bagasi.

Selama setahun kamu diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan akademik dan profesionalmu sekaligus memperluas jaringan pertemananmu. Selain itu kamu juga bisa mempelajari budaya dan gaya hidup masyarakat Inggris.

Syarat Pendaftaran Beasiswa Chevening

Untuk mendaftarkan diri ikut program beasiswa Chevening, ada beberapa syarat dan kriteria yang harus kamu penuhi.

• Kamu harus memiliki gelar S1

• Tidak memegang kewarganegaraan atau dwikewarganegaraan Inggris

• Bukan merupakan pekerja, mantan pekerja, atau memiliki hubungan dengan pekerja di pemerintah Inggris

• Belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Inggris

Selain kriteria-kriteria di atas kamu juga harus memenuhi kriteria bahasa Inggris sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Chevening. Untuk memenuhi kriteria tersebut, kamu harus mengikuti salah satu tes bahasa Inggris berikut ini: IELTS, Pearson PTE Academic, TOEFL iBT, Cambridge English: Advanced (CEA), atau Trinity ISE II (B2). Kamu dapat melihat standar nilai yang ditetapkan oleh masing-masing tes pada situs resmi Chevening.

Selain itu, salah satu kriteria penting yang harus kamu penuhi juga adalah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun atau setara dengan 2.800 jam. Pengalaman kerja yang termasuk dalam kriteria ini adalah antara lain pekerjaan tetap (full time), pekerjaan paruh waktu (part time), pekerjaan sukarela (volunteer), magang (dibayar maupun tidak dibayar), dan pengalaman kerja lainnya yang kamu lakukan sebelum, saat, dan sesudah kamu lulus kuliah S1.

Sumber:

Chevening in Indonesia, chevening.org/scholarship/indonesia/, diakses pada 9 September 2020.

Application timeline, chevening.org/scholarships/application-timeline/, diakses pada 9 September 2020.

Beasiswa Chevening, study-uk.britishcouncil.org/id/beasiswa-pendanaan/chevening, diakses pada 9 September 2020.

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Kedubes Inggris Kembali Buka Beasiswa Chevening, liputan6.com/global/read/4350609/ingin-kuliah-di-luar-negeri-kedubes-inggris-kembali-buka-beasiswa-chevening, diakses pada 9 September 2020.

Pemerintah Inggris Buka Pendaftaran Beasiswa Chevening Sampai 3 November 2020, nasional.tempo.co/read/1383774/pemerintah-inggris-buka-pendaftaran-beasiswa-chevening-sampai-3-november-2020, diakses pada 9 September 2020.

Mengenal Chevening Lebih Dekat, ehef.id/post/mengenal-chevening-lebih-dekat/en, diakses pada 9 September 2020.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!