Tanoto Foundation kembali menawarkan program beasiswa untuk meningkatkan daya saing pemuda Indonesia. Pendaftaran Program TELADAN 2021 akan dibuka pada tanggal 24 Agustus sampai 30 September 2020. [Baca juga: Beasiswa S2 Full di Inggris] TELADAN merupakan akronim dari Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan. Program TELADAN mensyaratkan bahwa penerima Program TELADAN adalah mahasiswa yang belum mendapatkan/terikat dengan program beasiswa atau bantuan finansial lain.

Melalui Program Beasiswa dan Kepemimpinan TELADAN 2021 sebagai inisiatif Tanoto Foundation diharapkan dapat melahirkan generasi muda Indonesia sebagai pemimpin masa depan yang bertanggung jawab. Tanoto Foundation memberikan berbagai pelatihan kepemimpinan dan beasiswa kepada peserta program dengan target membentuk pemimpin yang secara terus-menerus akan memberikan dampak positif bagi komunitas di mana mereka tinggal dan bekerja.

Daftar Kampus Mitra Tanoto Foundation Scholarships

Yang dapat mengikuti program TELADAN 2021 adalah mahasiswa atau mahasiswi program sarjana S1 reguler semester pertama dari perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation yang memiliki prestasi dan potensi menjadi pemimpin yang cakap, unggul, dan bertanggung jawab. Beasiswa Tanoto Foundation 2021 terbuka untuk berbagai disiplin ilmu dari universitas mitra yang ditetapkan Tanoto Foundation, yaitu:

1. Institut Pertanian Bogor

2. Institut Teknologi Bandung

3. Universitas Andalas

4. Universitas Brawijaya

5. Universitas Diponegoro

6. Universitas Gadjah Mada

7. Universitas Indonesia

8. Universitas Riau

9. Universitas Sumatera Utara.

Kuota penerima Program TELADAN adalah sebanyak 150 orang.

Benefit Beasiswa Tanoto 2021

Banyak hal yang akan diperoleh peserta sejak penandatanganan perjanjian kepesertaan program:

– Biaya kuliah yang dibayarkan penuh hingga semester 8. Setiap penerima Program TELADAN yang mengundurkan diri dari Program TELADAN setelah penandatanganan kontrak/perjanjian maka penerima Program TELADAN harus mengembalikan biaya UKT yang sudah dibayarkan pada semester berjalan.

– Tunjangan bulanan.

– Program Dasar (Building Block 1) untuk melatih nilai-nilai dasar Tanoto Scholars, kemampuan managerial dasar, pengembangan kepribadian peserta dan merancang bentuk – bentuk kontribusi kepada masyarakat.

– Program Lanjutan (Building Block 2) untuk lebih mengembangkan kemampuan managerial, kemampuan presentasi dan komunikasi, program magang dan kontribusi kepada masyarakat.

– Program Persiapan Karier (Building Block 3) untuk meningkatkan kapasitas individu peserta dalam menghadapi dunia kerja, termasuk kesempatan belajar singkat di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation di luar negeri.

– Acara kelulusan

– Dukungan karier dan kepemimpinan bagi alumni.

Penerima beasiswa ini wajib mengikuti semua program pengembangan kepemimpinan yang akan dilaksanakan oleh Tanoto Foundation. Selain itu terdapat pula “Dukungan untuk Kegiatan Pengayaan Program Pengembangan Kepemimpinan”. Program ini memberikan beberapa program pengayaan yang dapat membantu Tanoto Scholar mempraktekkan berbagai hal yang sudah dipelajari:

– Tanoto Scholars Association (TSA) : hadir di setiap PTN mitra Tanoto Foundation sebagai wadah/komunitas untuk para penerima beasiswa Teladan bertemu dan berinteraksi sebagai 1 keluarga baru

– Tanoto Scholars Gathering (TSG) : kegiatan yang mempertemukan seluruh TSA dari seluruh mitra perguruan tinggi Tanoto Foundation untuk melakukan kegiatan bersama

– Tanoto Student Research Award (TSRA) : lomba penelitian/riset yang diadakan 1 kali/tahun di mitra perguruan tinggi Tanoto Foundation terpilih dan terbuka untuk setiap mahasiswa di perguruan mitra tersebut

– Pay it Forward : kegiatan yang dilakukan oleh TSA untuk memberikan dampak positif secara terus menerus kepada komunitas/masyarakat di sekitar mereka tinggal

– Internship : kesempatan bagi para Tanoto Scholars untuk mendapatkan pengalaman di dunia profesional baik melalui program magang di RGE Group ataupun mitra Tanoto Foundation lainnya

– Sponsorship : kesempatan bagi para Tanoto Scholar untuk mendapatkan dukungan ketika mengikuti perlombaan

– Global Experiences Program : kesempatan bagi para Tanoto Scholar berprestasi untuk membangun jejaring internasional melalui program summer course.

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa TF 2021

Untuk dapat ikut serta di dalam proses seleksi program TELADAN, mahasiswa harus memenuhi sejumlah persyaratan sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang belum mendapatkan bantuan finansial pendidikan sejenis (KIP-K, dll).

2. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif semester 1 untuk program Sarjana (S1) reguler di perguruan tinggi mitra.

3. Memiliki prestasi akademik yang baik di tingkat SMA dan sederajat dengan nilai rata-rata rapor kelas 12 (semester 1 & 2) adalah 8,00 (skala 10). Nilai rata-rata rapor adalah jumlah seluruh mata pelajaran yang dibagi jumlah mata pelajaran di setiap semester di kelas 12.

4. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pengembangan bangsa.

5. Dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik. Kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya akan menjadi nilai tambah.

6. Mendaftarkan diri secara daring di laman Tanoto Foundation.

Tahapan Seleksi Beasiswa Tanoto

Pendaftaran online

Pendaftaran beasiswa TELADAN Tanoto Foundation 2021 dilakukan secara online. Siapkan alamat email aktif yang akan digunakan untuk mendaftar. Siapkan pula data lengkap dan file dokumen aplikasi beasiswa yang diminta yaitu:

– Data diri & orangtua/wali

– Riwayat Pendidikan, Prestasi, Kegiatan, dan Bahasa

– Kartu Tanda Mahasiswa resmi atau sementara, atau surat keterangan sebagai mahasiswa aktif yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.

Berikutnya isi Formulir Pendaftaran dari Tanoto Foundation secara lengkap dan unggah semua dokumen aplikasi yang telah dipersiapkan. Formulir pendaftaran dibuka hingga tanggal 30 September 2020, pukul 23.59 WIB.

Tes potensi kepemimpinan (online)

Pendaftar yang lolos tahap I, wajib menyiapkan perangkat berikut:

– Sesi 1, 3-5 : Komputer atau laptop yang memiliki kamera audio dan koneksi internet yang baik.

– Sesi 2 : Perangkat dengan Sistem Operasi Android dan koneksi internet yang baik

Wawancara online

Pendaftar yang lolos tahap II, wajib menyiapkan hal sebagai berikut:

– Komputer atau laptop yang memiliki kamera & audio

– Koneksi internet yang baik

– Ruangan yang tenang

Kesalahan pengisian maupun keterlambatan mengikuti proses seleksi secara online dapat menghambat proses seleksi atau pembatalan pendaftaran pada program beasiswa ini. Seluruh informasi yang telah dikirimkan melalui formulir online tidak dapat diubah. Pastikan setiap langkah sudah dilakukan dengan teliti sesuai arahan yang diberikan.

Bagi yang telah memenuhi kriteria untuk mengikuti proses selanjutnya, akan dihubungi melalui email yang telah didaftarkan. Semoga sukses mendapatkan beasiswa ini.

beasiswa tanoto foundation 2021 2022

Info lebih lanjut silahkan hubungi:

Tanoto Foundation
JI. M.H. Thamrin No. 31 Jakarta 10230
[t] +62 21 392 3189
[e] info@tanotofoundation.org
[w] tanotofoundation.org