Beasiswa Unggulan Muda Indonesia (BUMI) adalah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan sebagai wadah pengembangan diri dan pendidikan karakter masyarakat Indonesia. Beasiswa Unggulan Muda Indonesia melalui Beasiswa Tunai Bumi (BTB) 2020 menawarkan kesempatan bagi mahasiswa aktif semester 3 dan semester 5 pada jenjang S1/D3/D4 dan sederajat untuk mendapatkan uang saku setiap bulan selama 1 semester. Baca juga: Info Beasiswa Unggulan Kemendikbud (S1-S3)

Kesempatan terbuka luas untuk mahasiswa D3/D4/S1, karena seluruh institusi perguruan tinggi di Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bisa mendaftar. Termasuk politeknik, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan lain-lain yang sederajat. Baca juga: Info Beasiswa Tanoto Foundation (S1)

Panduan Umum Beasiswa Tunai BUMI

1. Pendaftaran Program Beasiswa Tunai BUMI ini tidak dipungut biaya apapun.
2. Luangkan waktumu 15-20 menit untuk mengisi form dan meng-upload semua persyaratan yang dibutuhkan.
3. Teliti dan jangan terburu-buru saat mengisi formulir pendaftaran online, karena seleksi administrasi akan menentukan step selanjutnya.
4. Jangan lupa upload foto anda di feed instagram menggunakan twibbon yang dapat diunduh di (bit.ly/TwibbonBTB) dan tag minimal 5 orang teman terdekatmu.
5. Screenshoot twibbon yang telah anda upload untuk diinput di laman pendaftaran.
6. Siapkan semua dokumen persyaratan yang sudah digabungkan dalam 1 format PDF.
7. Pendaftaran BTB ini akan ditutup pada tanggal 30 September 2020 pukul 17.00 WIB. Baca juga: Tips Bertahan Hidup Kuliah Kedokteran

Dengan mendaftarkan diri pada BTB dan dinyatakan lolos, mahasiswa bisa mendapatkan uang bulanan, pembinaan, dan mentoring dari BUMI Scholar. BTB memberikan pembinaan dan mentoring karena ingin mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah karena Indonesia butuh generasi yang bukan hanya pintar, tapi juga mampu beradaptasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan, baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya. Baca juga: Info Beasiswa Chevening (Inggris)

Kriteria Penerima Beasiswa Tunai BUMI

Meskipun terbuka untuk semua institusi PTN serta PTS pada jenjang S1/D3/D4, tetapi hanya mahasiswa aktif di semester 3 dan 5 yang bisa mendaftar beasiswa ini. Mahasiswa harus memiliki minimal 3,25 pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Aktif dalam organisasi dan komunitas menjadi nilai tambah dalam proses seleksi BTB. Baca juga: Fakultas Kedokteran Unggul di Surabaya

Benefit BTB

  1. Pendaftaran untuk beasiswa ini tidak membutuhkan biaya apapun.
  2. Beasiswa tunai sebesar Rp. 600.000,00 per bulan selama 1 semester.
  3. Program Motivasi Pelatihan BUMI (BTMP).
  4. Program mentoring daring.
  5. Peningkatan prestasi.

Syarat Administrasi

  1. Unggah foto dengan twibbon yang disediakan BTB di feed Instagram dan tandai (tag) minimal 5 orang terdekat. Tangkap layar (screenshoot) twibbon yang telah diunggah untuk dimasukan pada laman pendaftaran.
  2. Curriculum Vitae (CV).
  3. Kartu Hasil Studi/Transkrip Kumulatif.
  4. Surat Keterangan Aktif Kuliah.
  5. Surat Keterangan Aktif Organisasi.
  6. Sertifikat penghargaan atau prestasi (akademik dan non akademik).

Proses Seleksi Beasiswa Tunai BUMI

Tahapan seleksi dari BTB akan terbagi menjadi 3 langkah sebagai berikut:

  1. Panitia akan menyeleksi administrasi mahasiswa.
  2. 50 orang terpilih dari hasil seleksi administrasi akan membuat esai on the spot lewat Google Classroom.
  3. 25 orang terpilih dari hasil seleksi pembuatan esai akan melakukan wawancara. Wawancara pertama, BTB akan melakukan one on one by call. Kedua, BTB melakukan wawancara by group lewat aplikasi Zoom.

Semoga #pejuangbeasiswa bisa mendapatkan beasiswa ini.

Beasiswa Tunai 600 ribu per bulan