Review NCKU Taiwan (ROC)

Mahasiswa yang berkuliah di National Cheng Kung University (NCKU), hampir pasti merupakan mahasiswa yang secara akademis, pengalaman sosial, dan lain-lainnya mampu, karena NCKU memiliki ketertarikan tersendiri terhadap mahasiswa yang prestasinya bagus dan namanya terkenal baik di masyarakat. NCKU masih termasuk 300 besar top university di dunia. Sejauh ini, program studi yang terkenal di NCKU adalah apapun yang berhubungan dengan keteknikan, dan beberapa soal ilmu alam misalnya Earth Sciences.

NCKU sudah berdiri sejak tahun 1931, ciri khasnya NCKU adalah Banyan garden dengan pohonnya super tua, entah udah berapa puluh tahun. NCKU itu luas banget, mulai dari kampus2nya, NCKU hospital, student advisory activitynya, sarana olah raganya juga oke banget. Mulai dari outdoor buat main baseball, soccer, lari, dll, sampai yang indoor juga semua terfasilitasi. Lucunya kalau kalian mencari di tripadvisor tentang wisata di Tainan, NCKU muncul sebagai salah satu landmarknya, banyak yg bikin prewedding disini. Masalah fasilitas laboratorium oke punya, para profesornya benar-benar totalitas dalam penelitian. Selama mendukung penelitian berapapun harga instrument pasti diusahakan ada di lab.

Kelas-kelas memiliki komputer, layar proyektor, dan mikrofon untuk memastikan perkuliahan disampaikan dengan baik ke pelajar. Pelajar doctoral dipinjami dengan laptop untuk mensupport perkuliahan. Saya pun dilengkapi dengan PC pribadi yang lebih dari cukup untuk menjalankan simulasi. NCKU menyediakan student license terbaru untuk perangkat lunak yang banyak digunakan seperti MAtlab dan Office. Wi-Fi berjangkauan luas. Bahkan, identitas pelajar kami (student id) dapat digunakan untuk masuk ke jaringan internet dari kampus manapun dengan jaringan Wi-Fi Internet TaNet. Lingkungan sekolah dan proses belajar tidak terbatas.

Selain itu, saya pun menyukai buddy-buddy program dari NCKU yang membantu saya pada kedatangan pertama saya di Taiwan. Buddy saya (demikian saya menyebutnya) tidak hanya mengenalkan tentang lingkungan sekitar namun juga menjadi teman dekat saya hingga sekarang.

Belajar di NCKU memperluas wawasan saya tentang ilmu pengetahuan. Walaupun mata kuliah banyak disampaikan dengan Bahasa Mandarin, tapi para professor selalu memberikan terjemahan Bahasa Inggris dalam setiap kuliah dan memberi saya kesempatan untuk bertanya sesuatu yang tidak saya pahami. Mata kuliah seperti Teknik sistem tenaga, aliran beban, ekonomi Teknik menjadi favorit saya karena berhubungan langsung dengan pengalaman saya terdahulu. Saya menikmati masa belajar saya disini, mata kuliah telah benar-benar siap, mereka telah memiliki Moodle, silabus yang jelas dan kontrak perkuliahan. Saya senang menghadiri seminar dengan tamu dari luar karena Jurusan Teknik Eletktro mengundang para ahli dunia ke Tainan. Ketika lab saya ingin belajar tentang wind energy, professor saya mengundang professor ahli tenaga angin dari Spanyol ke seminar yang benar-benar membuka wawasan saya baik dari segi analisis maupun praktis.

NCKU merupakan salah satu dari universitas terbaik dalam bidang gempa dan teknik struktur. Di Departemen Teknik Sipil NCKU Taiwan, ada banyak jenis laboratorium sesuai dengan bidang keilmuan dan penelitian dari tiap profesor, misalnya laboratorium mekanikan batuan dan granular, laboratorium computer teknik struktur, laboratorium teknik kereta api, dan laboratorium ketahanan api.

Kampus ini menawarkan beasiswa untuk mahasiswa international. Untuk jumlah beasiswa-nya, cukup untuk hidup disini. But, jangan berharap akan sebesar dan sebaik fasilitas beasiswa LPDP, Chevening, Taiwan ICDF, dll yang sejenis. Intinya adalah “cukup”, cukup untuk biaya makan, cukup untuk bayar biaya dormitory, cukup untuk sesekali beli milk tea (zhen zhu nai cha) :). NCKU (National Cheng Kung University) memberikan saya beasiswa secara penuh selama dua tahun masa master degree saya dan memberikan uang saku tambahan setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan saya sehari-hari.

Tidak usah takut untuk akses paper ke jurnal international, semuanya unlimited access dari jaringan inet universitas. Bagaimana dengan fasilitas lab, alat dan bahan-bahan riset? Siapa yang menyediakan? Untuk semuanya ini 100% ditanggung oleh professor. Yakinlah, kita akan mendapatkan pengalaman dan fasilitas riset no. 1 di bidangnya. Kita hanya perlu rajin, disiplin dan bekerja keras. Oh ya, setiap minggu kami ada lab meeting, dimana kami harus presentasi progress mingguan ke professor.

Ada seminar riset yang seperti latihan oral defence, dimana disaksikan oleh 4 professor dengan bidang yang sama, perwakilan dari industri yang support lab kita, serta rekan-rekan mahasiswa.

NCKU telah banyak menjaring kerjasama dengan berbagai organisasi nirlaba di dunia. Misalnya saja, akhir-akhir ini saya melihat di website AIESEC cukup banyak program pendidikan anak-anak usia dini (PAUD) yang diselenggarakan oleh NCKU, dengan melibatkan mahasiswa NCKU, volunteer internasional, dan AIESEC sendiri (yang mana merupakan bagian dari PBB). Yang lebih menarik, program-program tersebut tidak hanya diselenggarakan di Tainan, tempat NCKU berada, saja, tetapi juga di seluruh Taiwan. Dengan adanya kerjasama mahasiswa NCKU dengan para volunteer internasional yang mendaftarkan diri via AIESEC, maka tidak mengherankan apabila mahasiswa NCKU akan memiliki banyak koneksi di luar kampus untuk setiap kegiatan sosial yang mereka ikuti. Dalam kampus, sebagaimana universitas-universitas berskala internasional lainnya, NCKU juga memiliki perkumpulan mahasiswa menurut negara mereka masing-masing. Dalam perkumpulan ini, mahasiswa senior akan memberikan bimbingan untuk mahasiswa baru. Agak mirip dengan program Easyuni Student Ambassador, mahasiswa juga dapat memberikan kesan dan pesan semasa perkuliahan di NCKU, yang akan disampaikan via NCKU United International Student Alliance.

Sumber: edunsbp.moe.gov.tw; kompasiana.com/dornaulimanroe; yabsdavid.blogspot.com; easyuni.co.id; berkuliah.com

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!