Beasiswa Radboud Scholarship

Beasiswa Radboud merupakan program beasiswa yang sangat selektif. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa berbakat dan memiliki motivasi tinggi dari luar Wilayah Ekonomi Eropa (European Economic Area; EEA) dengan prestasi akademis mengagumkan untuk dapat menyelesaikan program studi berbahasa Inggris tingkat master di Radboud University.

Cakupan Beasiswa

Tiap tahun tersedia 12 beasiswa penuh dan sekitar 25 beasiswa parsial untuk durasi 1 tahun. Berlaku untuk jenjang S2 di Universitas Radboud, dengan pengecualian pada Erasmus Mundus Master’s programmes, joint-degree Master’s programmes, dan the Master’s programme in Theology.

Beasiswa penuh dan parsial juga akan mencakup biaya visa, residence permit, asuransi kesehatan, dan liability insurance selama tinggal di Belanda (Aon Student Insurance). Jika mendapat beasiswa dan mengambil kuliah magister selama 2 tahun maka untuk dapat memohon beasiswa di tahun kedua harus lulus semua kuliah di tahun pertama.

Radboud Scholarship tidak bisa dikombinasikan dengan the Fulbright-Radboud Scholarship, Orange Tulip Scholarship, atau Holland Scholarship. Silahkan mendaftar pada lebih dari satu program beasiswa, namun hanya bisa menerima salah satunya.

Full scholarships

Beasiswa penuh akan mencakup tuition fee sebesar €16,000 dan biaya hidup sebesar €10,800.

Partial scholarships

Beasiswa parsial akan mengurangi tuition fee menjadi € 2,168. Contohnya: penerima beasiswa pada tahun ajaran 2021/2022 akan membayar tuition fee sebesar €2,168 saja, bukan €16,000. Tidak mendapatkan biaya hidup.

Persyaratan Umum

  1. Memiliki paspor non-EU/EEA
  2. Tidak memiliki akses untuk tuition fee yang lebih rendah karena berbagai alasan lain
  3. Memiliki (akan segera memiliki) ijazah sarjana yang diraih di luar Belanda, tidak memiliki gelar yang diperoleh di Belanda, dan tidak pernah mengenyam pendidikan sebelumnya di Belanda (kecuali program pertukaran pelajar, yang dianggap sebagai bagian dari pendidikan jenjang sarjana di luar Belanda)
  4. Memenuhi persyaratan kefasihan bahasa Inggris sesuai program studi tujuan
  5. Memiliki letter of admission untuk kuliah mulai 1 September 2021 pada program studi magister berbahasa Inggris
  6. Mampu memenuhi persyaratan pengurusan visa ke Belanda
  7. Terdaftar di Radboud University sebagai mahasiswa full-time pada tahun ajaran dan program studi yang sesuai dengan beasiswa yang diajukan.

Proses Seleksi Beasiswa

Panitia akan melakukan seleksi berdasarkan kriteria berikut ini:

  • Talent: memiliki bakat yang ditunjukkan melalui kemampuan/prestasi yang cemerlang pada bidang studi yang ditekuni maupun bidang lain yang relevan dengan perkuliahan yang akan diikuti
  • Ambition: diharapkan dapat menunjukkan potensi yang menjanjikan, berdasarkan pencapaian dan kinerja atau pengalaman sebelumnya
  • Academic excellence: mampu membuktikan hasil yang luar biasa pada jenjang sebelumnya, dibuktikan melalui nilai, peringkat, atau publikasi ilmiah
  • References: memiliki rekomendasi berkualitas dari dua orang (bisa dosen wali, pembimbing skripsi, atau atasan di kantor) yang dibuktikan dengan surat rekomendasi
  • Motivation: mampu menunjukkan motivasi berkuliah di program master melalui motivation letter.

Tidak mungkin mendaftar beasiswa Radboud Scholarship saja karena proses seleksi beasiswa wajib disertai proses pendaftaran kuliah S2 di Radboud University, meskipun merupakan proses yang terpisah. Sehingga pendaftar S2 jika ingin memperoleh beasiswa harus juga mendaftar Radboud Scholarship melalui OSIRIS. Jika lolos seleksi Radboud Scholarship Programme, akan diinformasikan apakah mendapatkan full scholarship atau partial scholarship.

Deadline Pendaftaran Radboud Scholarship

Lengkapi pendaftaran secara online pada OSIRIS Application system sebelum 1 Maret 2021. Pendaftaran dianggap tidak lengkap dan tidak akan diproses jika ada informasi atau dokumen yang tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat. Mohon dapat melengkapi pendaftaran online sedini mungkin (jauh sebelum 1 Maret 2021) sehingga jika diperlukan dapat dilakukan pengecekan yang hasilnya akan diinformasikan jika ada yang kurang lengkap oleh Admissions Office dan masih cukup waktu untuk perbaikan. Salah satu yang ditekankan adalah bukti English proficiency sebaiknya sudah disubmit sebelum 1 Maret 2021.

Pengumuman final seleksi beasiswa Radboud Scholarship akan dilakukan oleh International Office sebelum pertengahan April 2021 (dapat berubah sewaktu-waktu).

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs resminya. Semoga #pejuangbeasiswa bisa sukses meraih beasiswa yang diinginkan.