5 Cara Membangkitkan Motivasi

Kumpulan cara mendapatkan motivasi untuk memulai sesuatu atau menyalakan kembali motivasi untuk melanjutkan suatu pekerjaan (yang mungkin monoton dan sudah berulang ribuan kali):

  • Mark Manson merangkumkan bahwa sebetulnya agar bahagia manusia butuh tiga hal sekaligus dengan cukup: kebebasan (dalam hal finansial maupun hal lain), hubungan yang positif dengan pihak lain, dan kesehatan. Kebebasan berbicara tentang bagaimana kita bisa merasa nyaman mengendalikan hidup kita, tanpa batasan-batasan yang membuat kita tidak nyaman, yang kadang dibuat oleh atasan atau oleh keadaan lingkungan. Hubungan yang positif dengan pihak lain tidak selalu harus dengan manusia, bisa juga dengan makhluk yang lain, maupun sesembahan pribadi masing-masing. Kesehatan mengambil definisi terluas, bukan sekedar kondisi tidak sakit (secara fisik maupun mental), namun tentang ketika bisa berfungsi secara baik untuk diri sendiri maupun untuk hal lain. Jika merasa kurang termotivasi melakukan sesuatu mungkin ada yang kurang memotivasi dari apa yang sedang atau akan kamu kerjakan. Tinjaulah kembali dengan jujur: Apakah kamu terpaksa melakukannya? Apakah kamu sulit konsentrasi bekerja karena memikirkan orang lain (dalam emosi positif maupun negatif)? Atau apakah ada pesan dari dirimu bahwa kamu sekarang harusnya beristirahat dengan cukup? Jika minimal satu dari tiga pertanyaan tersebut terjawab dengan “Ya” maka sebaiknya tunaikan apa yang perlu dilakukan. Kebahagiaanmu lebih penting dari kebahagian klien, atasan, atau siapapun. Bagaimana kamu bisa membahagiakan keluargamu kalau kamu sendiri tidak bahagia? Ketika kamu sudah nyaman dan siap melakukan tugasmu maka akan muncul segala energi baik untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Kesehatan mental kita juga harus diperhatikan dan dijaga, meskipun sering dilupakan atau diabaikan oleh beberapa orang.
  • Hargai waktumu, sumber daya paling mahal yang ada di muka bumi. Modal yang diberikan sama kepada semua orang. Waktu adalah modal paling berharga yang harus diperhitungkan dalam mempersiapkan penawaran. Penting juga memasukkan komponen waktu untuk bisa menghitung harga pekerjaan kita masing-masing. Motivasi yang kuat akan mampu menolong kita mengoptimalkan waktu yang kita miliki. Sedang kurang motivasi sehingga pekerjaan tidak mengalami kemajuan? Istirahatlah sejenak, berdoalah jika kamu perlu melakukannya, lalu lakukan sesuatu yang lain sebelum kamu kembali ke tugas yang telah kamu tinggalkan. Kadang-kadang manusia perlu diburu waktu agar dapat menyelesaikan pekerjaannya. Mengerjakan secara terburu-buru karena sudah mendekati deadline bukan berarti meningkatkan kemampuan kita untuk bekerja dengan optimal. Pekerjaan yang selesai saat diburu waktu hanyalah pekerjaan yang diselesaikan secara lebih cepat, belum tentu (dan seringnya malah sama sekali bukan) diselesaikan dengan lebih baik. Belum tentu kemampuan kita meningkat saat itu. Setidaknya pengalaman mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru berpotensi mengajari kita untuk mengerjakan pekerjaan selanjutnya dengan ritme yang lebih baik, dengan harapan bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik.
  • Fokuslah untuk dapat bekerja dengan baik. Kamu tidak akan pernah menyesali bisa memperoleh lebih banyak uang, selama uang tersebut diperoleh secara benar dan menyenangkan. Orang lain tidak perlu tahu apa yang kita kerjakan. Pihak lain tidak perlu tahu dengan rinci bagaimana kita memperoleh uang dan mengelolanya. Setidaknya kita tidak perlu mengumbarnya tanpa ditanya. Jika ada yang bertanya maka jawablah sesuai kerelaan hati namun harus tetap jujur. Tidak usah banyak omong. Batasi bicara dan cerita ke pihak lain, bahkan ke keluarga besar. Perbanyak diam ke pihak selain pasangan dan anak. Jangan jelaskan dirimu atau apa yang kamu lakukan jika tidak ditanyakan. Senyum dan anggukan sopan sudah cukup untuk memulai dan mengakhiri suatu situasi yang mengharuskan kita menghabiskan banyak waktu dengan orang lain tanpa agenda tertentu, tidak usah berbasa-basi.
  • Bekerjalah seolah-olah hidupmu bergantung pada pekerjaan itu, karena memang demikian. Coba saja, jangan takut rugi, jangan takut gagal. Sudah ada pengalaman berhasil dalam sesuatu? Lanjutkan, fokus dulu sampai bisa meraih kesuksesan. Definisikan sendiri kesuksesanmu. Hiduplah sesuai dengan apa standar yang baik menurutmu, berdasarkan keyakinanmu sendiri. Meskipun hal tersebut mungkin tidak sama dengan mayoritas orang di sekelilingmu. Jangan selalu mengikuti arus di masyarakat. Yang mayoritas tidak selalu harus dituruti.
  • Tetap bersyukurlah. Berat atau ringannya hidupmu sudah ditakar. Upayakan selalu melihat sisi positif dari setiap kejadian yang boleh kamu alami. Jangan hanya memilih untuk hidup enak dan menolak kejadian yang tidak enak, karena itu tidak mungkin bisa terjadi. Perbesar peluangmu untuk hidup enak, dan bersiaplah untuk belajar sesuatu ketika pengalaman yang tidak enak datang menghampiri. Gunakan pengalamanmu untuk terus memperbaiki diri sehingga peluang untuk hidup enak bisa jauh melebihi kesusahan ketika hidup belum seenak yang diharapkan. Tentukan sendiri batas kemampuanmu, jangan terlalu sering memaksa diri, terutama ketika pihak lain tidak ada yang memaksamu.