FK Universitas Muslim Indonesia

Sejarah

Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK-UMI) didirikan di Ujung Pandang (Makassar) pada tanggal 8 Juni 1992. Saat itu FK-UMI memulai kegiatan akademik dengan jumlah mahasiswa 45 orang, namun saat ini mampu menampung lebih dari 250 mahasiswa per angkatan.

Keunggulan

Letaknya yang sangat strategis baik secara geografis maupun ekonomis, mempunyai fasilitas rumah sakit pendidikan utama sendiri (RS Ibnu Sina) yang letaknya berhadapan dengan kampus UMI, menjadikan fakultas kedokteran ini mempunyai prospek yang sangat baik dalam konsep pengembangan keterampilan klinik, pengenalan lebih dini dengan masalah klinik, dan pelayanan masalah kesehatan primer di masa yang akan datang.

Visi

“Menjadi Program Studi dengan penguatan utama kedokteran komunitas yang menghasilkan dokter yang bermutu, bermartabat, dijiwai nilai-nilai Islam, untuk mengabdi kepada kemanusiaan demi kepentingan umat, bangsa, dan negara menuju World Class University”.

Misi

  • Menyelenggarakan program pendidikan kedokteran dengan penguatan kedokteran komunitas yang bermutu dan bercirikan keislaman.
  • Menyelenggarakan program penelitian kedokteran yang berkualitas dan terpublikasi nasional maupun internasional.
  • Melakukan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus menjalankan fungsi dakwah.
  • Meningkatkan kesejahteraan sumber daya manusia yang berbasis kinerja.
  • Melakukan pengembangan dan kerjasama program studi pendidikan dokter menuju World Class University.

UP3M FK UMI

UP3M atau Unit Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian pada Masyarakat FK-UMI sebagai unsur pelaksana tri dharma perguruan tinggi, telah melakukan berbagai kegiatan penelitian dalam menunjang implementasi tri darma perguruan tinggi khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian serta publikasi, sehingga dapat meningkatkan kapasitas setiap dosen untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pada gilirannya dapat mendorong peningkatan harkat dan martabat masyarakat serta mempercepat pencapaian sasaran pembangunan. Berdiri sejak tahun 2016, UP3M telah bekerjasama dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintah maupun swasta guna menjalin kemitraan dalam pengembangan penelitian, publikasi, dan pengabdian sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan pengembangan Sulawesi Selatan dan Indonesia pada umumnya.

Visi

“Mencetak peneliti dengan penguatan utama kedokteran komunitas yang menghasilkan peneliti yang bermutu, bermartabat, dijiwai nilai-nilai Islam, untuk mengabdi kepada kemanusiaan demi kepentingan umat, bangsa, dan negara menuju World Class University”. Makna visi unit penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat untuk menyamakan persepsi dan pemahaman civitas academica tentang arah pengembangan program studi:

Bermutu: Berdaya saing, relevan dengan kebutuhan stakeholders, berwawasan kebangsaan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran (IPTEKDOK) sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI).

Bermartabat: Berakhlaqul karimah (berbudi pekerti luhur), Hanan (peka dan peduli tehadap lingkungan), Jihad (berdedikasi dan berdaya-juang tinggi), Istiqomah (teguh dan tahan uji), Ihsan (bersemangat melakukan kebaikan dengan hanya mengharap ridha Allah semata) yang peka terhadap kebutuhan masyarakat, dan inovatif dan kreatif dalam memecahkan masalah.

World Class University: PSPD Fakultas Kedokteran UMI memiliki jaringan internasional dalam bentuk peneletian, pengabdian masyarakat, serta terpublikasinya hasil penelitian dalam jurnal internasional.

Misi

  • Menyelenggarakan program penelitian dan pengabdian dengan penguatan kedokteran komunitas yang bermutu dan bercirikan keislaman.
  • Menyelenggarakan program penelitian kedokteran yang berkualitas dan terpublikasi nasional maupun internasional.
  • Melakukan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus menjalankan fungsi dakwah.
  • Meningkatkan kesejahteraan sumber daya manusia yang berbasis research.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi info@fk.umi.ac.id. Alamat FK UMI: Jl. Urip Sumoharjo KM.5, Panaikang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231. Nomor telepon FK UMI: +62411-449775.

Sumber: fk.umi.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *