beasiswa s1 keperawatan

Beasiswa Calon Bidan, Perawat, dan Fisioterapis Unisa Yogyakarta

Sasaran program beasiswa ini adalah mahasiswa Universitas  ’Aisyiyah Yogyakarta Program Sarjana (S1) Keperawatan dan Fisioterapi, Program Diploma III Kebidanan, Program Diploma IV Bidan Pendidik. Pemberian beasiswa oleh Universitas  ’Aisyiyah Yogyakarta ini bertujuan untuk:

  • Membantu mahasiswa untuk meringankan beban orang tua/walinya.
  • Meningkatkan prestasi (IP Kumulatif) akademik.
  • Membantu mahasiswa supaya kuliah mereka dapat diselesaikan tepat waktu.

 

Beasiswa Internal

Beasiswa Bantuan Studi Mahasiswa (BSM)

Beasiswa ini ditujukan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa agar lebih tepat dalam menyelesaikan studi dan mencegah putus kuliah bagi para mahasiswa yang orangtuanya secara finansial kurang beruntung. Beasiswa BSM ini berupa pembebasan SPP tetap selama satu tahun anggaran (2 semester). Baca juga: Ingin kuliah di Darwin, Australia Utara?

Persyaratan Umum Beasiswa BSM Unisa

  • Pemohon adalah mahasiswa Universitas  ’Aisyiyah Yogyakarta yang masih aktif mengikuti kuliah pada tahun ajaran yang sedang berjalan.
  • Pemohon adalah mahasiswa Program Diploma III, minimal telah berada pada semester III dan maksimal semester V atau Program Sarjana  (S1)/Program Diploma IV Reguler minimal telah berada pada semester III dan maksimal semester VII. Untuk D IV Aanvullen minimal telah menempuh 1 semester.
  • Pemohon memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dan tidak ada nilai E.
  • Bagi pemohon yang pernah menerima beasiswa dari Universitas  ’Aisyiyah Yogyakarta dan ingin mengajukan lagi, IPK harus meningkat dari tahun sebelumnya dengan nominal minimal 0,2 dan tidak ada nilai E.
  • Kondisi orang tua/wali tidak mampu yang dinilai dengan dasar pertimbangan: penghasilan atau pendapatan orang tua/wali sebesar ≤ Rp1.500.000,00 per bulan dengan tanggungan anak kuliah 1 orang atau ≤ 2.500.000,00 per bulan dengan tanggungan anak kuliah sama dengan atau lebih dari 2 orang.
  • Pekerjaan orang tua/wali yang secara ekonomis tergolong lemah antara lain yang berstatus: (1) PNS/ABRI; (2) Pensiunan; (3) Veteran; (4) Buruh; (5) Petani; (6) Nelayan; (7) Pedagang Kecil; (8) Status lain
  • Mahasiswa tidak sedang menerima atau mengajukan beasiswa dari institusi/lembaga lain pada tahun akademik yang bersangkutan.
  • Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan (ekstra kurikuler) yang diprogramkan oleh Universitas  ‘Aisyiyah Yogyakarta (sebagai pertimbangan).
  • Mahasiswa menunjukkan perilaku dan akhlaq yang sesuai dengan yang tercantum pada SK Ketua STIKES No. 1/PK-STIKES/IX/2009 tentang tata tertib mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Persyaratan Administrasi Beasiswa BSM Unisa

Pemohon beasiswa BSM mengajukan permohonan ditujukan kepada Rektor Universitas  ‘Aisyiyah Yogyakarta berupa Surat Permohonan beasiswa BSM yang diketahui orang tua yang bersangkutan (B.1) dengan dilampiri:

  • Surat keterangan kemampuan studi (IPK sampai dengan semester terakhir) atau kutipan nilai mata kuliah yang telah ditempuh pemohon, disahkan oleh Wakil Ketua Bidang Akademik.
  • Surat keterangan kegiatan kemahasiswaan ekstra kurikuler (B.2).
  • Surat pernyataan tidak sebagai penerima beasiswa lain, disahkan oleh pimpinan Unisa (B.3).
  • Surat keterangan tidak berpenghasilan, dinyatakan oleh Pemerintah Daerah tempat mahasiswa berdomisili (Lurah/Kepala Desa, Kecamatan) (B.4).
  • Daftar keluarga penanggungjawab biaya studi pemohon beasiswa (B.5) atau fotokopi C1 (kartu keluarga).
  • Surat keterangan penghasilan orang tua /wali dari penanggung jawab biaya studi pemohon beasiswa, disahkan oleh yang berwenang (B.6., B.6.A.).
  • Surat keterangan berkelakuan baik dari Ketua Program Studi Unisa (B.7).
  • Surat rekomendasi dari Pimpinan Ranting dan Cabang Muhammadiyah/’Aisyiyah daerah asal mahasiswa (B.8).
  • Surat rekomendasi dari Pembimbing Akademik mahasiswa bersangkutan yang diketahui oleh Ketua Program Studi (B.9).
  • Surat rekomendasi dari dewan dosen program studi yang ditandatangani oleh Ketua Program Studi (B.10).
  • Fotocopy kartu mahasiswa (KTM) pada semester yang sedang berjalan 1 lembar dan Kartu Hasil Studi (KHS) semester terakhir yang telah disahkan oleh Wakil Ketua Bidang Akademik.

 

Beasiswa Peningkatan Prestasi Studi (PPS)

Beasiswa ini ditujukan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa agar lebih tepat dalam menyelesaikan studinya dan memacu dalam mencapai indeks prestasi kumulatif secara maksimal. Beasiswa PPS ini berupa pembebasan SPP tetap selama satu tahun anggaran (2 semester).

Persyaratan Umum Beasiswa PPS Unisa

  • Terdaftar sebagai mahasiswa pada Program Diploma III minimal telah berada pada semester III dan maksimal semester V atau Program Sarjana (S1)/Program Studi IV Reguler minimal telah berada pada semester III dan maksimal semester VII. Untuk D4 Aanvullen minimal telah menempuh 1 semester.
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,35 dan tidak ada nilai E.
  • Bagi pemohon yang pernah menerima beasiswa dari STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta dan ingin mengajukan lagi, IPK harus meningkat dari tahun sebelumnya dan tidak ada nilai E.
  • Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang diprogramkan oleh Universitas’Aisyiyah Yogyakarta (sebagai pertimbangan).
  • Tidak berstatus penerima beasiswa atau sedang mengajukan Beasiswa yang lain (BBM, PPA, BSM, Supersemar, dan lain-lain) pada tahun akademik yang bersangkutan.
  • Mahasiswa menunjukkan akhlaq dan perilaku sesuai dengan yang tercantum dalam SK Ketua No. 413/SK-STIKES/X/2004 tentang Tata Tertib Mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Persyaratan Administrasi Beasiswa PPS Unisa

Pemohon Beasiswa PPS mengajukan permohonan ditujukan kepada Rektor Universitas  ’Aisyiyah Yogyakarta berupa Surat Permohonan Beasiswa PPS yang diketahui oleh orang tua/wali yang bersangkutan (P.1) dengan dilampiri:
a). Surat keterangan kemampuan studi (IPK sampai dengan semester terakhir) atau kutipan nilai Mata kuliah yang telah ditempuh pemohon, disahkan oleh Wakil Ketua Bidang Akademik.
b). Surat keterangan kegiatan kemahasiswaan ekstra kurikuler yang diprogramkan oleh Unisa (P.2).
c). Surat keterangan penghasilan orang tua/wali dari penanggungjawab biaya studi pemohon beasiswa, disahkan oleh yang berwenang (P.3 / P.3.A).
d). Surat keterangan tidak berpenghasilan, dinyatakan oleh Pemerintah Daerah tempat mahasiswa berdomisili (Lurah/Kepala Desa, Kecamatan) (P.4).
e). Daftar keluarga penanggungjawab biaya studi pemohon beasiswa (P.5) atau fotokopi kartu C1 (kartu keluarga).
f). Surat Pernyataan tidak sebagai penerima beasiswa lain, disahkan oleh Ketua Program Studi (P.6).
g). Surat keterangan berkelakuan baik dari Ketua Program Studi (P.7).
h). Surat rekomendasi dari dewan dosen program studi yang ditandatangani oleh Ketua Program Studi (P.8).
i). Surat rekomendasi dari Pembimbing Akademik mahasiswa bersangkutan yang diketahui oleh Ketua Program Studi (P.9).
j). Surat rekomendasi dari Pimpinan Ranting dan Cabang Muhammadiyah/’Aisyiyah daerah asal mahasiswa (P.10).
k). Fotokopi Kartu Mahasiswa (KTM) pada semester yang sedang berjalan 1 lembar dan Kartu Hasil Studi (KHS) yang disahkan oleh Wakil Ketua Bidang Akademik.

 

Penghentian Beasiswa BSM dan PPS Unisa

Pemutusan Bantuan Beasiswa BSM (Bantuan Studi Mahasiswa) dan PPS (Peningkatan Prestasi Studi) dapat dilakukan apabila:
a). Mahasiswa penerima telah lulus/diwisuda.
b). Mahasiswa penerima meninggal dunia.
c). Mahasiswa penerima mengundurkan diri/cuti akademik.
d). Mahasiswa tidak memenuhi syarat yang ditentukan.
e). Mahasiswa merupakan penerima beasiswa lain.

 

Beasiswa Penghargaan Prestasi (Lomba-lomba, dll)

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai Prestasi dalam bidang Akademik, Olahraga, Seni Budaya, Beladiri, Bahasa Asing, dll. Beasiswa ini ditujukan untuk memberikan pembinaan kepada mahasiswa untuk dapat lebih berprestasi di bidangnya masing-masing.

 

Beasiswa Pertukaran Mahasiswa Keluar Negeri

Mahasiswa diberikan beasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, konferensi, dll diluar negeri seperti: Taiwan, Thailand, Mesir, dll.

 

Prosedur Pengajuan Beasiswa Internal

a). Koordinator kemahasiswaan dan penmaru mengumumkan jadwal dan ketentuan beasiswa internal di papan pengumuman.
b). Koordinator BPTI mengumumkan jadwal dan ketentuan beasiswa internal di website.
c). Mahasiswa mengambil, mengisi dan menyerahkan form persyaratan pengajuan beasiswa internal di bagian kemahasiswaan dan penmaru.
d). Koordinator kemahasiswaan dan penmaru menyeleksi kelengkapan administratif pengajuan beasiswa.
e). Koordinator kemahasiswaan dan penmaru mengajukan hasil seleksi kelengkapan administratif kepada Wakil Ketua Bidang kemahasiwaan dan Perkaderan.
f). Ketua Universitas ’Aisyiyah dan tim (Wakil-wakil Ketua dan Ketua-ketua Program Studi) menyeleksi permohonan calon penerima beasiswa internal.
g). Ketua Universitas ’Aisyiyah menerbitkan SK penerima beasiswa internal.
h). Koordinator kemahasiswaan dan penmaru memberikan SK penerima beasiswa kepada mahasiswa terkait.
i). Koordinator BPTI mengumumkan di website
j). Koordinator keuangan mecatat data bebas SPP di buku bantu mahasiswa dan memasukkan data bebas SPP di sistem informasi keuangan.

beasiswa s1 keperawatan

Beasiswa Eksternal

Beasiswa Eksternal yaitu beasiswa yang sumber dananya berasal dari luar Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, seperti beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) dan PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) Kopertis, Beasiswa BNI 46, Beasiswa Supersemar, Beasiswa Dikpora DIY, dll.

 

Baca juga: Persiapan Raih S2 Keperawatan dan Psikologi dengan LPDP

 

Sejarah Unisa Yogyakarta

‘Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia. Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk diantaranya bidang pendidikan. Muhammadiyah sebagai induk organisasi dari ‘Aisyiyah membuka pintu lebar dan kebebasan bagi ‘Aisyiyah untuk berkiprah di tengah-tengah masyarakat dalam rangka mencapai cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bertolak dari dorongan dan motivasi tersebut di atas, ‘Aisyiyah dalam menyelenggarakan pendidikan dimulai dari taman kanak-kanak sampai tingkat pendidikan tinggi, dilaksanakan dengan tekun dan penuh tanggungjawab. tak ada rentang waktu tanpa pendidikan. Ini membuktikan bahwa dunia pendidikan telah lebur menyatu dalam jiwa ‘Aisyiyah.

Tahun 2016, tepatnya pada tanggal 10 Maret 2016, STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta berubah bentuk menjadi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta melalui Surat Keputusan (SK) Kemenristek Dikti nomor 109/KPT/I/2016. Bersamaan dengan perubahan bentuk tersebut, terdapat sepuluh program studi baru yang mendapatkan ijin penyelenggaraan pendidikan yaitu: Profesi Fisioterapi, D4 Analis Kesehatan, D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (TRR), S1 Administrasi Publik, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Psikologi, S1 Bioteknologi, S1 Arsitektur, S1 Akuntansi, dan S1 Manajemen.

 

Daftar Program Studi dan Fakultas Unisa Yogyakarta
prodi dan fakultas unggulan unisa terbaik
unisayogya.ac.id

Filosofi Unisa Yogyakarta

Filosofi yang menjadi landasan dari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah Profesional-Qur’ani.  Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta meyakini bahwa kunci dari kesuksesan sebuah lembaga adalah profesionalisme yakni bahwa semua aktivitas untuk mencapai tujuan pendidikan harus dikelola dengan manajemen yang baik, terarah dan terencana dengan standar kualitas yang tinggi. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta juga percaya bahwa hanya dengan mengadopsi dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Qur’an sebagai pedoman dalam mengelola seluruh aktivitas di kampus, maka tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik yang bernilai duniawi dan ukhrawi.

Nilai-nilai budaya mutu yang di kembangkan di Universitas  ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah :

  1. Amanah
  2. Profesional
  3. Iman, Ilmiah, Amaliah
  4. Moralitas
  5. Excellent

 

Sasaran Mutu

Sasaran Mutu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah sebagai berikut :

  1. Capaian kompetensi nilai-nilai keislaman mahasiswa sesuai dengan faham Muhammadiyah dengan nilai baik minimal 90% per tahun.
  2. Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu 98% per tahun.
  3. Tingkat kelulusan first taker uji kompetensi 97% per periode ujian.
  4. Lulusan berkarya sesuai kompetensi dengan masa tunggu kurang dari 4 bulan.
  5. Lulusan yang menjadi entrepreneur minimal 10%.
  6. Prestasi mahasiswa di tingkat nasional minimal 32 prestasi per tahun.
  7. Partisipasi mahasiswa di tingkat internasional minimal 16 prestasi per tahun.
  8. Institusi terakreditasi A oleh BAN PT
  9. Program studi terakreditasi A minimal 25%.
  10. Program studi terakreditasi internasional minimal 25%.
  11. Jumlah penelitian berwawasan kesehatan yang menjadi rujukan pemecahan masalah minimal 3 per tahun.
  12. Publikasi karya ilmiah dosen pada jurnal nasional minimal 50 artikel per tahun.
  13. Publikasi internasional dosen 75 artikel per tahun.
  14. Dosen tetap pendidikan S3 minimal 5%.
  15. Dosen tetap mempunyai jabatan lektor minimal 20%.
  16. Jumlah penelitian berwawasan kesehatan yang diaplikasikan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat minimal 3 per tahun.
  17. Jumlah community development kemitraan dengan Persyarikatan Muhammadiyah/ ’Aisyiyah minimal 1 per tahun.
  18. Jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk pemberdayaan perempuan minimal 3 per tahun.
  19. Policy paper tentang pemikiran Islam Berkemajuan minimal 10 per tahun.

 

HYMNE UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta sentosa

Langkah mulia akademia bertekad wujudkan cita

Mendidik putra putri bangsa berakhlaq mulya

Niscaya kuatkan iman ilmu dan amal

Fajar pencerahan tiba

Profesional bersuluhkan qur’an menjadi yang unggul dan pilihan

Penggerak dalam setiap langkah membangkitkan umat berkemajuan

Unisa hadirmu bermakna bagi semesta Indonesia

Ridlo Mu Tuhan kami harapkan nikmat Mu paripurna

 

MARS UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Wahai seluruh warga Unisa Yogyakarta

Bulatkan semangat baktimu

Siapkan  generasi unggul dalam prestasi

Berjiwa profesional qur’ani

Iman Ilmu kuatkan amal mulya kerjakan akhlaqul karimah wujudkan

Songsong fajar pencerahan tiba

Sejahtera bumi persada

Kembangkan sumberdaya manusia berkemajuan capai cita

Itulah misi kita bersama sebagai civitas utama

Unisa Yogyakarta raih citra sempurna sentosa abadi dan jaya

Ridlo Tuhan selalu kupinta

Anugrah limpahkan slamanya

 

Organisasi Mahasiswa

Mahasiswa yang memiliki peran besar dalam pembangunan dan penyambung kepemimpinan Bangsa Indonesia perlu diberikan kebebasan berekspresi, keluasan bertindak serta kedalaman berfikir. Untuk menjalankan itu semua, mahasiswa perlu diberikan wadah agar semua menjadi terarah dan saling mengingatkan. Wadah yang dimaksud adalah Organisasi Mahasiswa yang mampu mengakomodir penalaran, keilmuan, minat, bakat dan kegemaran Mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta memiliki Organisasi Mahasiswa di tingkat Universitas dan Program Studi. Organisasi yang dimaksud terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Lembaga Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Lembaga Mahasiswa adalah organisasi yang anggotanya tidak membatasi Mahasiswa dari Program Studi tertentu dan sasaran programnya luas dan tidak spesifik pada keilmuan tertentu. Adapun Lembaga Mahasiswa di Tingkat Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah:

No Lembaga Mahasiswa Tingkat Universitas
1 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
2 Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)
3 Pusat Informasi & Konseling Mahasiswa (PIK-M) Mahkota Puri
4 Federation of Recue Health Team (FRESHT)

 

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah sebuah unit organisasi yang secara spesifik membentuk serta mengembangkan minat dan bakat mahasiswa. UKM Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta  memfasilitasi semua mahasiswa yang memiliki minat dan bakat yang dimiliki, tanpa membatasi dari program studi tertentu. Adapun UKM di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah:

No Unit Kegiatan Mahasiswa
1 UKM Paduan Suara Mahasiswa
2 UKM Tari
3 UKM Musik
4 UKM LPTQ
5 UKM Fotografi
6 UKM Futsal
7 UKM Bola Volley
8 UKM Tenis Meja
9 UKM Bola Basket
10 UKM Badminton
11 UKM Tapak Suci
12 UKM Taekwondo
13 UKM Bahasa Inggris
14 UKM Bahasa Arab
15 UKM Karya Ilmiah Mahasiswa
16 UKM Kewirausahaan
17 UKM Hisbul Wathan

 

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) merupakan organisasi profesional yang tugas pokoknya adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dibidang akademik khususnya yang berkaitan dengan pengembangan keilmuan masing-masing program studi. HMJ beranggotakan dari mahasiswa dimana HMJ itu berdiri, bukan dari mahasiswa program studi lain. Adapun HMJ yang ada di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah:

No Himpunan Mahasiswa Jurusan
1 Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Keperawatan
2 Himpunan Mahasiswa Jurusan Bidan
3 Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisioterapi
4 Himpunan Mahasiswa Jurusan TRR
5 Himpunan Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan
6 Himpunan Mahasiswa Jurusan Bioteknologi
7 Himpunan Mahasiswa Jurusan Arsitektur
8 Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi
9 Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik
10 Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen
11 Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi
12 Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *