jangan takut merantau

Tips Mengatasi Homesick Saat Kuliah

Saat kangen rumah (homesick) melanda, bawaannya pengen nangis karena tidak mungkin untuk langsung pulang rumah saat itu juga. Hal inilah yang dirasakan kebanyakan anak rantau, tidak terbatas pada yang sedang kuliah. Tentu saja, homesick dapat dianggap sebagai hal yang wajar karena banyaknya perbedaan situasi. Misalnya dulu #pejuangbeasiswa tidak perlu memasak karena ada sang ibu yang selalu menyediakan makanan, tapi sekarang harus masak sendiri atau beli makanan yang tak selezat masakan ibu. Coba beberapa cara berikut ini untuk meminimalkan efek homesick:

  1. Belajar Mengenal Lingkungan Sekitar dan Beradaptasi

Homesick dan benturan budaya adalah dua hal yang akan #pejuangbeasiswa rasakan saat mengemban pendidikan di kota atau negeri orang. Perbedaan budaya, gaya hidup, bahasa, dan makanan akan memicu perasaan kangen berat sama suasana rumah. Agar bertahan di tempat baru, kenalilah lingkungan baru dan mulailah adaptasi terutama pada hal-hal yang rutin ditemui. Lama-kelamaan, kamu akan terbiasa dengan keadaan di sekitar sehingga perasaan homesick dapat hilang secara perlahan.

  1. Membuka Diri, Berbaurlah dengan Orang Lain

Mengurung diri di kamar dan meratapi nasib tidak akan menghilangkan homesick, tapi akan membuatnya bertambah parah. Untuk itu, keluarlah dari kamar dan berbaurlah dengan manusia lain. Masuk ke lingkungan pergaulan yang baru memang tak gampang, apalagi jika banyak perbedaab. Bermodalkan niat baik yaitu untuk menjalin pertemanan dan senyum lebar, mereka pun akan melihatnya dan dengan senang hati menerimamu bergabung. Intinya adalah berani membuka diri. Mungkin di antara teman barumu ada juga yang sedang homesick.

jangan takut merantau

Dengan banyak teman, harapannya kamu tidak akan merasa homesick lagi. Apalagi jika kamu mendapat teman yang punya hobi sama, maka hari-harimu akan jauh lebih berwarna karena tidak merasa sendirian lagi untuk menekuni hobi tersebut.

  1. Sulap Kos-kosan Jadi Tempat Ternyaman di Dunia

Jika merasa homesick karena suasana tempat tinggal yang jauh berbeda dengan rumah, kamu bisa menyulap kamar kos atau apartemenmu menjadi tempat ternyaman sedunia.

Ada satu contoh mudah, mulai dengan sediakan tali panjang dan tempelkan di dinding. Lalu ambil koleksi fotomu, lalu jepitkan di tali tersebut. Supaya lebih menarik lagi, kamu bisa menambahkan lampu atau hiasan lain di atasnya.

Selain cara di atas, kamu juga bisa melengkapi kamar tidur dengan berbagai peralatan elektronik, seperti speaker. Ketika bosan, hidupkan musik dan bernyanyilah riang. Alhasil rasa bosan akan hilang, kamu juga tidak merasa homesick lagi.

  1. Ajak Teman untuk Mengeksplor Tempat Wisata Baru

Sesekali, ajaklah kawan atau kenalan untuk mengunjungi tempat wisata baru yang belum pernah kamu kunjungi. Entah itu wahana permainan, restoran, kafe, atau museum. Ajak teman yang memang penduduk asli kota atau negara tempatmu sedang kuliah, karena mereka mungkin tahu spot-spot terbaik tempat wisata tersebut. Jelajahi setiap sudutnya, dan temukan keunikan yang jarang dijumpai turis biasa.

  1. Sesekali, Hubungi Orangtua untuk Menanyakan Kabar Mereka

Meskipun homesick perlahan-lahan sudah hilang, tapi bukan berarti kamu harus melupakan orang rumah, ya. Sesekali, luangkan waktu barang setengah jam untuk menghubungi orangtua dan menanyakan kabar mereka. Selain itu, kamu juga dapat bertukar pikiran dengan mereka sambil sedikit bercerita tentang pengalamanmu selama kuliah di luar negeri.

Menjaga komunikasi dengan orang tua itu perlu, apalagi jika jarak kalian benar-benar jauh. Kamu juga bisa menjalin komunikasi melalui sosial media, seperti Line, Whatsapp, atau Skype agar lebih murah.

  1. Belajar Menyibukkan Diri dan Menggali Potensi

Sibukkan diri dengan mengikuti berbagai kegiatan positif di kampus, seperti organisasi, ekstrakurikuler, atau kelompok belajar. Ketika jam perkuliahan selesai, setidaknya kamu masih punya kegiatan lain yang dapat menambah ilmu pengetahuan.

Di sela-sela kesibukan di kampus, kamu dapat menggali potensi dalam dirimu dengan cara membaca, menulis, atau mendengarkan presentasi online untuk meningkatkan kemampuan public speaking. Saat di luar kampus kamu juga bisa mencoba mempraktikkan beragam hal yang telah kamu pelajari, setidaknya dengan berbagi secara online.

Baca juga: UPH College Ternyata Punya Program Beasiswa

 

Kesimpulannya: Lawan Homesick dengan Kegiatan Bermakna

Dengan menyibukkan diri dengan membiasakan menjalani berbagai kegiatan bermakna, homesick dapat hilang dengan sendirinya. Intinya, #pejuangbeasiswa harus melawan rasa homesick agar kuliah tetap lancar dan cepat selesai. Selalu semangat ya!

Sumber: liputan6.com/bisnis/read/3673626/homesick-saat-kuliah-usir-dengan-cara-ini

About the author

Comments

Comments are closed.