kenapa ipb ganti nama alasan

IPB Ganti Nama

Salah satu perubahan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan popularitas global adalah rebranding. Sejak 30 Januari 2019, penyebutan resmi IPB dalam bahasa Inggris pun berubah, dan hal ini sudah seijin Kemenristekdikti. Jika sebelumnya IPB disebut Bogor Agricultural University, maka kini menjadi IPB University. Dalam situs resminya ketika dicek pada 4 Februari 2019 sudah nampak perubahan ini meskipun belum menyeluruh. Baca juga: Kampus Terbaik 2019

Bagaimana dengan status IPB sekarang? Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP, M.Si menjelaskan, IPB tidak berubah status, hanya mengubah terjemahan nama dari sebelumnya bernama Bogor Agricultural University menjadi IPB University. “Kita mengubah terjemahan saja. Tidak mengubah nama versi bahasa Indonesia,” ujar Arif Satria.

Rektor IPB sekarang adalah yang pertama yang bukan guru besar. Sebelum periode ini rektor IPB memiliki gelar profesor:

Prof. Dr. Syarif Thayeb (Chairman of  IPB Presidium1963)
Prof. Dr. A.J. Darman (Chairman of IPB Presidium1963)
Prof. Dr. Ir. Tb. Bachtiar Rifai (IPB Rector1964-1965)
Prof. Dr. Ir. Sajogyo (IPB Rector1965-1966)
Prof. Dr. j.h. Hutasoit (Chairman of IPB Presidium1966)
Prof. Dr. Ir. Toyib Hadiwidjaja (IPB Rector1966-1971)
Prof. Dr. Ir. A.M. Satari (IPB Rector1971-1978)
Prof. Dr. Ir. Andi Hakim Nasution (IPB Rector1978-1987)
Prof. Dr. Ir. H. Sitanala Arsjad (IPB Rector1987-1996)
Prof. Dr. Ir. H. Soleh Solahuddin,M.Sc (IPB Rector1996-1998)
Prof. Dr. Ir. R.H.M. Aman Wirakartakusumah,M.Sc (IPB Rector1998-2002)
Prof. Dr. Ir. Ahmad Ansori Mattjik,M.Sc (IPB Rector2002-2007)
Prof. Dr. Ir. H. Herry Suhardiyanto, M.Sc. (IPB Rector2008-2012)
Prof. Dr. Ir. H. Herry Suhardiyanto, M.Sc. (IPB Rector2012-2017)
Dr. Arif Satria, SP, M.Si (IPB Rector 2017-2022)

Tak hanya nama IPB dalam bahasa Inggris yang berubah. IPB pun mengubah taglinenya. Sebelumnya IPB diketahui memiliki tagline “Searching and Serving the Best”, kini menjadi “Inspiring Innovation with Integrity”. Baca juga: Butuh IPK berapa untuk bisa dapat beasiswa ke luar negeri?

kenapa ipb ganti nama alasan

Tagline baru IPB masih tetap kurang dapat menggambarkan 7 Nilai Budaya Korporat IPB:
1. Keunggulan Akademik
Mengembangkan budaya akademik yang jujur, obyektif, taat azas, ilmiah, manusiawi, nasionalis, inovatif, visioner, dan mandiri.

2. Spiritualisme
Menjadikan berdasarkan nilai-nilai ibadah dan keimanan, seimbang hak dan kewajiban, seimbang usaha dan berserah diri, keikhlasan, intropeksi diri, dan akhlaq mulia sebagai landasan dalam bekerja.

3. Gigih
Menjaga kebiasaan untuk bersemangat, bekerja dengan cerdas, tidak mudah putus asa, berkesinambungan, focus pada proses dan tujuan, serta bervariasi dalam strategi.

4. Senang Bekerjasama
Membangun sinergi, kolaborasi, dan jaringan kerja, melalui sikap saling menghargai, saling membutuhkan,dan saling mengingatkan.

5. Empati/Peduli
Memahami orang lain berdasarkan keberpihakan yang adil, serta kepekaan pada lingkungan untuk kemajuan bersama.

6. Tanggung Jawab
Menyasuaikan diri dalam tugas, tidak egois, serta cepat dan tepat dalam melaksanakan pelayanan prima guna mencapai kinerja terbaik.

7. Komitmen
Mengutamakan pelaksanaan pekerjaan secara konsekuen, konsisten, ramah, santun, sesuai dengan ketentuan dan norma yang berlaku.

Perlu upaya tambahan untuk menjelaskan tagline baru IPB yang mengiringi penggantian nama resmi IPB dalam bahasa Inggris. Termasuk ketika harus menjelaskan tentang visi misi yang terjemahannya kurang pas di website resmi IPB (versi 4 Februari 2019).

Visi :
IPB memiliki visi “Menjadi terdepan dalam memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan tinggi unggul pada tingkat global di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika” (Statuta IPB 2013)

Misi :
Sesuai Statuta IPB tahun 2013, misi IPB adalah:

  1. Menyiapkan insan terdidik yang unggul, profesional, dan berkarakter kewirausahaan di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika;
  2. Memelopori perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang unggul di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika;
  3. Mentransformasikan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni dan budaya unggul IPB untuk pencerahan, kemaslahatan, peningkatan kualitas kehidupan secara berkelanjutan.

Kebijakan Mutu :
Sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen terhadap peningkatan mutu dalam seluruh aspek penyelenggaraan program akademik dan non-akademik, IPB memiliki pernyataan mutu (quality statement) yaitu: ”dengan komitmen yang tinggi terhadap mutu, IPB secara efisien dan akuntabel menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika untuk kemajuan bangsa”.

Vision :
“To become a research-based higher education of international standard and a prime mover of agriculture mainstreaming.”

Mission :

  1. To implement an excellent high education and comprehensive student development to produce competitive graduates with Indonesian characteristics.
  2. To conduct research for the development of science and technology which bring benefit to agrarian and maritime communities.
  3. To provide public services that promotes innovations in science and technology with entrepreneurial characteristics while maintaining the great values of the nation and preserving natural resources.
  4. To strengthen an effective, efficient, transparent, and accountable management system of higher education.

Jika alasan rebranding hanya untuk mempermudah penyebutan dalam bahasa Inggris, maka sebaiknya juga dilengkapi dengan perubahan menyeluruh setidaknya di website resminya. Rebranding yang baik adalah yang konsisten. Dan tentunya bukan hanya pepesan kosong namun juga diimbangi dengan kerja nyata dalam mewujudkan nama dan tagline baru IPB. Baca juga: Siapkan dirimu untuk meraih Australia Awards

Sumber: lampung.tribunnews.com/2019/02/04/belum-banyak-yang-tahu-ipb-sudah-berganti-nama; ipb.ac.id

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *