konsultasi proofreading esai beasiswa luar negeri

Yang Kuberikan Kini Dan Nanti Untuk Indonesiaku

Berikut ini adalah contoh esai beasiswa yang dibuat oleh Sukmayanti. Mari kita simak:

Yang Kuberikan Kini Dan Nanti Untuk Indonesiaku

Indonesia adalah negara yang berdiri dengan beraneka ragam kekayaan mulai dari lautan, daratan hingga pengunungan. Keragaman suku budaya dan perbedaan keyakinan yang dipeluk oleh setiap warga negara mulai dari Sabang sampai Merauke menjadi ciri khas Indonesia. Keanekaragaman agama, suku, budaya dan tradisi yang dimiliki oleh Indonesia menjadi sorotan bagi negara lain. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri untuk warga negara lain berkunjung dan memilih negara Indonesia sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Kekayaan dan sumber daya yang berlimpah menuntut para generasi muda mejadi lebih produktif dalam hal pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam yang terbetang luas di tanah air kita. Menciptakan generasi yang produktif menjadi titik utama dalam sistem pendidikan seperti pada pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yaitu ”mencerdaskan kehidupan bangsa”. Namun pada kenyataannya yang nampak di kalangan masyarakat masih banyak anak-anak kita yang belum mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya.

Majunya sebuah negara didasari oleh pondasi yang kokoh terhadap generasi penerusnya, hal ini menuntut agar setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan guna menciptakan generasi yang memiliki daya saing baik di tingkat nasional maupun internasional. Kesadaran akan pentingnya generasi bangsa yang cerdas dalam kemajuan sebuah negara didasari oleh rasa selalu ingin berbagi pengetahuan kepada generasi penerus bangsa.

Pengetahuan merupakan kunci suksesnya sebuah negara oleh karena itu sebagai generasi muda yang memiiki potensi terhadap kemajuan negara kita ini, haruslah mampu menyadari bahwa kita harus merangkul semua anak bangsa untuk menjadikan negara kita ini sebagai negara yang maju dalam hal sumber daya manusianya dari sekarang hingga 50 tahun kemudian. Oleh karenanya mari kita menciptakan generasi yang kokoh baik dalam hal agama maupun pendidikan sehingga kita bisa bersaing dengan dunia luar di era globalisasi seperti sekarang ini.

konsultasi proofreading esai beasiswa luar negeri

Setelah kita baca, apa hal penting yang perlu ditambahkan atau diperbaiki dari esai ini? Saya menemukan beberapa hal:

  1. Banyak kesalahan tulis di draft yang dikirimkan ke saya. Saya sudah memperbaiki sebagian besar kesalahan ketik yang saya temukan.
  2. Jumlah kata harus disesuaikan dengan persyaratan resmi dari beasiswa luar negeri atau beasiswa dalam negeri yang diinginkan. Biasanya mencapai 500 kata atau lebih.
  3. Kesesuaian judul dan isi. Judulnya menggunakan sebutan ‘ku’ sehingga sebaiknya ditambahkan apa yang benar-benar telah dan akan ‘aku’ berikan untuk bangsa Indonesia.

Bagaimana menurut anda? Mohon berikan masukan dengan menuliskan komentar. Terima kasih.

 

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *