10 Alasan Berkuliah di FK Unibos

Ada banyak alasan untuk memilih Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa sebagai tempat kuliah di bidang kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Kekhasan di bidang kesehatan kerja

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Fakultas Kedokteran Unibos adalah adanya kuliah Kesehatan Kerja. Nantinya diharapkan lulusan dari FK Unibos dapat bekerja menjadi dokter yang kompeten di perusahaan, khususnya perusahaan yang menjadi mitra dari Bosowa Grup.

2. Sarana dan prasarana yang mumpuni

Fakultas Kedokteran Unibos memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap untuk menunjang kelancaran perkuliahan mahasiswa FK Unibos.

3. Dosen berkualitas

Kualitas tenaga pendidik pun terjamin karena terdiri atas pengajar yang profesional dalam bidangnya.

Daftar dosen FK Unibos:

1.     dr. Ruth Norika Amin, Sp. PA., M.Kes

2.     dr. Ayu Ameliyah Hasbullah, Sp. THT-KL. M. Kes

3.     dr. Chelvi Wijaya, Sp. PK

4.     dr. Ika Azdah M, Sp.OG, M.Kes

5.     dr. Rahmawati Thamrin, Sp.And

6.     dr. Andi Amirah Shaleha, MARS

7.     dr. Desi Dwirosalia NS

8.     dr. Indira Pratiwi

9.     dr. Irma Rahayu

10.  dr. Sandy Kartika Purnomo

11.  dr. Dina Fadhilah Monika

12.  dr. Amalia Ramdhaniyah

13.  dr. Siti Hardiyanti Nawir

14.  dr. Riska Anton

15.  dr. A. Machmud Rompegading, M.Kes

16.  dr. M. Rio Andita

17.  dr. Fatmawati Annisa Syamsuddin

18.  dr. Ian Astarina Mas’ud

19.  dr. Muthmainnah

20.  dr. Nurliana

21.  dr. Nur Hikmah Fajriani

22.  dr. Syamsuddin

23.  dr. Suriana

24.  dr. Ismi Hardiyanti Arifin

25.  dr. Baedah Madjid, Sp.MK

26.  dr. Anisyah Hariadi, M.Kes

27.  Dr. dr. Agnes Kwenang, Sp.Biok

28.  dr. Darmawati Rauf, Sp.PK(K)

29.  dr. Efendy Rasiyanto, M.Kes

30.  dr. Ibrahim Supu, PFK

31.  dr. Emil Kardani Murdiyanto, M.Biomed

32.  dr. Nooryasni Muchlis, M. Biomed

4. Fokus pada masyarakat

Lulusan dokter Fakultas Kedokteran Unibos juga diharapkan dapat menjadi dokter yang mumpuni dalam bidangnya, siap menghadapi tantangan bukan hanya dalam mengobati pasien tapi juga dapat membantu mensejahterakan kehidupan masyarakat. Kompetensi yang dibangun mencakup memberikan arahan dan mampu mengajak masyarakat agar membudayakan hidup sehat.

5. Visi yang jelas dan masuk akal

Awalnya tertulis begini:

“Menjadikan FK UNIBOS unggul dengan berbasis riset dan teknologi, berwawasan industri, entrepreneurship, serta berdaya saing di tingkat nasional pada tahun 2030”.

Sudah diganti menjadi:

“Terwujudnya Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa Yang Unggul, Berwawasan Industri, Berbasis Ilmu Dan Teknologi Kedokteran  Pada Tahun 2023“.

Tujuan FK Unibos:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, cerdas, berdaya saing serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika kedokteran yang diakui di tingkat nasional.
  2. Menghasilkan kerjasama dan institusi dan perusahaan dalam negeri pada pelaksanaan riset dan peningkatan ilmu dan teknologi kedokteran melalui teknologi informasi.
  3. Terwujudnya program pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran untuk menunjang peningkatan kemandirian masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Visi Prodi Pendidikan Dokter FK Unibos:

“Menjadi Program Studi Kedokteran Universitas Bosowa Yang Unggul, Berwawasan Industri, Berbasis Ilmu Dan Teknologi Kedokteran Pada Tahun 2023“

  1. Pemahaman unggul bermakna menjadi institusi yang memiliki keunggulan dalam bidang ilmu kedokteran dengan melakukan penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan Standar Pendidikan Profesi Dokter dan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) serta memenuhi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Makna berwawasan industri, yaitu dalam penyelenggaraan pendidikan bekerjasama dengan institusi dan perusahaan dalam negeri dan menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang manajemen rumah sakit, kesehatan kerja dan industri obat tradisional.
  3. Makna berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yaitu dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan perkembangan dalam teknologi informasi dalam bidang kedokteran.

6. Misi sesuai tridharma pendidikan tinggi

Awalnya tertulis begini:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi dokter yang menghasilkan lulusan unggul, cerdas, berjiwa entrepreneur, berdaya saing, menjunjung tinggi nilai moral dan etika.

  2. Melaksanakan riset di bidang kedokteran dan membangun kerja sama dengan industri, baik industri dalam maupun luar negeri untuk pengembangan sumber daya manusia.

  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat, bangsa, dan negara dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.

Sudah diganti menjadi:

“Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan nilai-nilai unggul dan profesional”

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berkualitas dan terstandar untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, unggul, berdaya saing serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika kedokteran.
  2. Mengembangkan riset ilmu dan teknologi kedokteran dalam bidang teknologi informasi dan membangun kerja sama dengan institusi dan industri dalam negeri untuk pengembangan sumber daya manusia.
  3. Mengembangkan program pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang dapat bermanfaat pada masalah kesehatan di masyarakat.
  4. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan sejahtera dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat.

Misi Prodi Pendidikan Dokter FK Unibos:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berkualitas serta terstandar untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, unggul, menjunjung tinggi nilai-nilai moral, dan etika kedokteran.
  2. Mengembangkan riset dibidang kedokteran yang dapat bermanfaat pada masalah kesehatan di masyarakat.
  3. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam mewujudkan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi yang berdaya saing di dalam negeri yang berhubungan dengan pengembangan ilmu kedokteran industri.
  5. Menghasilkan lulusan yang berwawasan industri.

7. Legal sejak 2015

Segala persiapan pendidikan FK Unibos telah dilakukan sebelum mendapatkan izin pembukaan pendidikan yang resmi didirikan berdasarkan SK No.417/A4/HK/2016 pada 12 Desember 2015.

8. Mahasiswa dapat berorganisasi

Di Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa, mahasiswa diberi keleluasan untuk dapat mengembangkan diri dan pendapat serta bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Terdapat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran sebagai organisasi kemahasiswaan resmi.

9. Kurikulum modern

Penerapan pengembangan kurikulum pada fakultas sesuai kurikulum berbasis kompetensi yang disusun berdasarkan kompetensi program studi. Kurikulum program studi mengacu pada Kurikulum Nasional ditambah kurikulum muatan lokal.

  • Semester I :
    Pancasila, Bahasa Indonesia, Agama, Kewarganegaraan, Berpikir Kritis, Ket.Belajar, EBL, Ilmu Anatomi Kedokteran, Histologi Kedokteran.
  • Semester II :
    Ilmu Biokimia Kedokteran, Ilmu Faal Kedokteran, Patologi, Anatomi, Patologi Klinik, Keterampilan Medik, Empathy, Effective Communication & Social Accountability.
  • Semester III :
    Parasitologi, Mikrobiologi, Farmakologi & Terapi, Kedokteran Tropis, IKM-KP, Keterampilan Medik, Industrial Medicine.
  • Semester IV :
    Growth & Development, Sistem Muskuloskeletal, Sistem Kardiorespirasi, Sistem Gastrointestinal, Hepatobilier & Pankreas, Sistem Endokrin, Metabolik & Nutrisi, Penelitian.
  • Semester V :
    Sistem Hematologi & Imunologi, Sistem Ginjal & Saluran Kemih, Sistem Reproduksi, Sistem Neuropsikiatri, Sistem Indera, Keterampilan Medik.
  • Semester VI :
    Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Obstetri & Ginekologi, Ilmu Bedah, Manajemen Pelayanan Kesehatan, IKM-KP, Industrial Medicine, Keterampilan Medik, KKN-BM
  • Semester VII :
    Ilmu Neuropsikiatri & Rehabilitasi, Ilmu Penyakit Indera, Ilmu Penunjang Klinik, Forensik & Medikolegal, Comprehensive Clinical Skills, Elektif Hospital Manajemen, Social Aspect of Medicine, Kecelakaan Kerja, Dokter Keluarga, Manajemen Nyeri, Akupuntur
  • Semester VIII :
    Penelitian.

10. Lokasi kampus yang strategis

Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa. Jl. Urip Sumoharjo Km. 4 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Telp. (0411) 452901 Ext. 124.

Untuk informasi biaya kuliah dll silahkan hubungi Nay (0 813-4199-4950)

Sumber: medical.universitasbosowa.ac.id, universitasbosowa.ac.id/pengumuman/syarat-ketentuan-pendaftaran-jalur-fakultas-kedokteran-2/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *