Beasiswa Doktor Beasiswa Lain Beasiswa Master Beasiswa Sarjana

Literasi untuk Hidup Lebih Baik

literasi bukan hanya tidak buta huruf

Literasi bukan sekedar kemampuan membaca dan menulis. Literasi bukan sekedar tidak buta huruf. Literasi juga mencakup kemampuan memahami apa yang dibaca dan apa yang ditulis.

Tingkat Pendidikan dan Literasi

Tingkat pendidikan yang tinggi tidak menjamin seseorang untuk memiliki literasi yang tinggi, terutama di bidang yang tidak dikuasai atau pada penggunaan bahasa asing. Literasi perlu terus ditingkatkan, terutama pada bidang-bidang penting dalam kehidupan, misalnya finansial dan kesehatan.

Indonesia memiliki literasi yang tinggi jika hanya diukur dengan kemampuan baca dan tulis. Hal ini ditunjang oleh pendidikan dasar yang sudah menjangkau hampir seluruh penduduk Indonesia. Didukung pula oleh maraknya pendidikan usia dini. Namun, ketika menyangkut pemahaman atas apa yang dibaca atau ditulis, mungkin angkanya akan berbeda, angkanya mungkin bisa turun jauh sekali.

Hoax dan Literasi

Sering dijumpai di media sosial adanya berita yang tidak sesuai kenyataan, ditambah dengan komentar yang kadang tidak berhubungan dengan konten yang dikomentari. Asal judulnya bombastis, sebuah artikel akan cepat diviralkan, tanpa dipastikan kebenarannya, mungkin tanpa dipahami maksud tersurat dan tersiratnya, bahkan mungkin tanpa dibaca hingga tuntas.

Komentar yang kadang panjang dan mengandung kutipan sering kali ditemui kurang pas dengan konten yang dikomentari. Ada peluang untuk numpang tenar dengan memberikan komentar yang menghebohkan, soal benar atau salah urusan belakangan. Belum lagi ketika ada wawancara dadakan ataupun terjadwal, kadang narasumber asal bicara tanpa dasar yang kuat.

Sindrom Bulu Dada?

Tentu hal ini makin runyam ketika menyangkut istilah yang jarang dikenal atau bahasa asing. Sehingga bisa muncul istilah sindrom bulu dada, yang sebetulnya mengacu pada sindrom Brugada. Kesalahan lucu namun parah ini nampak di siaran televisi yang reputasinya baik. Sekalipun memang mungkin narasumbernya yang salah ucap, sudah sewajarnya bagi wartawan dan tim produksi untuk mengecek ejaan yang benar, bukan malah membuat istilah baru yang keliru. Apalagi jika yang terjadi adalah reporternya yang salah dengar sehingga laporannya jadi salah beneran.

Literasi untuk Mendapat Beasiswa

Terkait beasiswa, pahami dengan baik tata cara dan aturan pendaftaran, pengumuman, daftar ulang, dan hal-hal administratif lainnya. Informasi resmi sudah ada di website, handbook, dan email resmi dari instansi pemberi beasiswa. Tugas pemburubeasiswa hanyalah membaca dan memahaminya. Umumnya tersedia panduan dalam bahasa asalnya, namun kadang ada juga yang menyediakan informasi dalam bahasa Indonesia.

Panduan beasiswa yang ada dalam blog ini campur-campur, ada yang berbahasa Indonesia karena memang sumbernya berbahasa Indonesia, ada yang bahasa Indonesia terjemahan dari bahasa Inggris, ada yang bahasa Inggris sesuai informasi aslinya. Jangan lupa untuk mengakses dan membaca informasi aslinya. Jika informasi aslinya dalam bahasa Inggris dan anda kesulitan memahaminya, berarti anda perlu mempertanyakan kembali tingkat literasi anda terkait beasiswa tersebut.

Sadari Tingkat Literasi Anda

Jika baru membaca dan memahami peraturan beasiswa saja sudah sulit, perlu dipastikan lagi apakah sudah tepat untuk mendaftar beasiswa tersebut. Jika diterima beasiswa tersebut tentu diharapkan akan sanggup memahami jauh lebih banyak informasi dan tugas terkait kuliah dan administrasi beasiswa.

Jika mengalami kesulitan terkait bahasa Inggris maka ada dua pilihan. Perbaiki kemampuan berbahasa Inggris atau mencari beasiswa yang tidak memerlukan kemampuan bahasa Inggris. Cara yang lebih mudah adalah dengan memilih beasiswa untuk kuliah dengan bahasa yang kita kuasai. Belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya membutuhkan usaha ekstra, waktu tambahan, dan kadang juga butuh uang. Tingkatkan literasi anda dan raihlah beasiswa impian.

Salam sukses dari saya.

literasi bukan hanya tidak buta huruf

Yoseph L. Samodra

Juara 3 Lomba Baca Pembukaan UUD 1945 se-SD

#odop2020 (link to previous post)

Similar Posts