Beasiswa Doktor Beasiswa Lain Beasiswa Master Beasiswa Sarjana

Berjuanglah Meraih Sesuatu, Meski Peluangnya Kecil

berjuang mendapatkan beasiswa luar negeri

Peluang yang sangat kecil, nyaris mustahil, perlu mujizat besar atau kemujuran luar biasa, adalah hal-hal yang sering kita jadikan alasan untuk tidak mau melakukan sesuatu. Bukan masalah takut mencoba, mungkin lebih ke masalah malas untuk berjuang.

Pastikan dirimu mendaftar

Sesuatu yang kita inginkan kadang memerlukan perjuangan untuk mendapatkannya. Perjuangannya kadang berat, yang jelas ada sesuatu yang harus dilakukan. Batas antara sukses dan gagal malah kadang hanya sebatas mendaftar atau tidak mendaftar. Sudah banyak contoh bahwa seseorang yang merasa lebih kompeten atau bahkan yang benar-benar lebih kompeten tidak mendapatkan beasiswa hanya karena dia tidak memasukkan formulir aplikasi beasiswa tersebut.

Banyak penerima beasiswa yang secara jujur dan tidak merendah menyatakan bahwa mereka bukanlah orang yang terbaik di kelompok penerima beasiswa tersebut. Kadang ada sedikit rasa minder karena berhasil terpilih dari sekian ratus atau ribu pesaing, untuk dipertemukan dengan beberapa hingga puluhan orang yang jauh lebih hebat.

Tidak usah risau dengan peluang di atas kertas

Berjuanglah meraih beasiswa impianmu. Peluangnya mungkin memang kecil, misalnya dalam periode pendaftaran beasiswa kali ini hanya ada 2 kursi full beasiswa yang diperebutkan, sedangkan peminatnya mungkin tujuh ratusan. Peluang 1:350 bukanlah peluang yang besar, tapi bukan berarti tidak ada peluang sama sekali. Peluang yang besar untuk gagal bisa dengan mudah diubah menjadi kepastian untuk gagal ketika kita akhirnya memutuskan untuk tidak ikut mendaftar.

Pastikan dirimu berada dalam barisan #pejuangbeasiswa bukan sekedar siap menyalahkan pihak lain maupun diri sendiri ketika tidak mendapatkan beasiswa. Perbesar jumlah kesempatan dengan terus mencoba, bahkan mungkin dengan mendaftar beberapa tawaran beasiswa sekaligus. Daftar saja selama masih diijinkan.

Carilah peluang tersembunyi

Selama tidak ada batasan mutlak (umur, jenis kelamin) maka biasanya masih ada kesempatan bahkan beberapa kemudahan yang bisa diperoleh jika kita mau bertanya dan mengupayakannya. Jika ada yang perlu ditanyakan maka tanyakanlah ke pihak yang berwenang. Peraturan buatan manusia selalu menyisakan ruang untuk negosiasi.

Nilai IPK yang kurang beberapa poin, nilai TOEFL, IELTS, TOCFL, atau tes lain yang kurang beberapa poin, bahkan umur yang sedikit terlewat dari batas maksimal kadang masih bisa diberikan kelonggaran untuk mendaftar dan mendapat beasiswa. Tanyakan saja ke panitia, mungkin ada hal yang sangat spesifik yang bisa menjadi pengecualian untuk anda. Tampilkan sisi terbaik anda, lengkapi persyaratan lain sesuai panduan, kirimkan berkas pendaftaran sebelum deadline tiba, dan tentu saja banyaklah berdoa. Itu saja seharusnya sudah cukup untuk memasukkan anda dalam orang yang berpeluang memperoleh beasiswa.

Terus perbaiki diri

Ketika menghadapi beberapa kali penolakan atau kegagalan menerima beasiswa, tetaplah berjuang untuk kesempatan selanjutnya. Pengalaman anda menulis motivation letter, mengisi berbagai pertanyaan di formulir pendaftaran yang berlembar-lembar, dan merumuskan rancangan penelitian yang akan diusulkan saat kuliah tak akan sia-sia. Anda akan lebih terbiasa, meskipun kadang tetap tidak makin mudah untuk mengisi dan melengkapi berkas yang diperlukan untuk program beasiswa lain atau di periode selanjutnya.

Banggalah karena berani mencoba

Akrablah dengan kegagalan, belajarlah untuk memperbaiki diri dari kegagalan. Jangan merasa rugi karena gagal, banggalah karena pernah mencoba. Dan ingatlah bahwa peluang beasiswa juga ada dari sumber-sumber tak terduga. Seiring waktu mungkin anda akan mendapatkan beasiswa yang tidak anda impikan, bahkan yang tidak pernah anda ketahui sebelumnya. Yakinlah bahwa kesempatan untuk anda akan selalu ada, jika anda ikut mendaftar.

Salam sukses meraih apapun yang baik.

berjuang mendapatkan beasiswa luar negeri

Yoseph L. Samodra

Peraih beberapa beasiswa sarjana maupun pascasarjana.

#odop2020 (link to previous post)

Similar Posts