Beasiswa Doktor Beasiswa Lain Beasiswa Master Beasiswa Sarjana

Tidak Semua Orang Cocok Pakai Instagram

langkah monetisasi instagram terbaru 2020 2021 2022

Instagram memberikan pilihan yang menarik bagi mereka yang visual. Baik sebagai produsen maupun konsumen.

Konten menarik untuk dapat beasiswa melalui Instagram

Jika ingin mendapatkan uang untuk membiayai kuliah alias beasiswa dari Instagram maka sebaiknya anda mampu membuat konten yang menarik secara visual.

Potret diri

Jika ingin menggunakan foto diri maka pastikan fisik anda menarik secara visual. Tidak harus cantik atau ganteng (yang berbeda-beda standarnya), namun harus menarik. Bisa dengan menonjolkan keunikan diri, bisa dengan memakai background yang menarik, atau menggunakan filter maupun editing digital. Bisa juga foto bareng selebgram atau bekerja sama dengan orang lain sebagai modelnya. Jangan menggunakan foto berhak cipta, meskipun orang dalam tersebut adalah public figure.

Tanpa foto

Alternatif lainnya adalah membuat konten tanpa foto diri. Bisa dengan foto lingkungan, fenomena sosial, seni abstrak, maupun sekedar screenshot dari berbagai sumber. Kutipan-kutipan dari orang terkenal ataupun kata-kata motivasi juga bisa berpeluang mendapatkan penggemar dalam jumlah banyak. Syaratnya sama: harus menarik secara visual. Jangan menggunakan foto atau gambar berhak cipta, carilah file image dari portal grafis yang bebas royalti, gratis, dan kalau bisa memiliki lisensi CC0.

Tips sukses meraih beasiswa menggunakan Instagram

Langkah-langkah untuk bisa bertahan dan sukses mengumpulkan uang dalam memanfaatkan media online termasuk social media Instagram dan lain-lain adalah 3 konsisten:

  1. Konsisten pada niche pilihan
  2. Konsisten memproduksi konten
  3. Konsisten mempromosikan diri

langkah monetisasi instagram terbaru 2020 2021 2022

Carilah niche yang tepat

Pilihlah topik atau tema yang kamu senangi, yang kamu kuasai, dan peminatnya banyak. Jangan memaksakan diri di awal untuk membaliknya dengan menggunakan pendekatan dengan urutan yang peminatnya banyak, yang kamu kuasai, dan yang kamu senangi. Jika sudah terbiasa mencari uang melalui Instagram maka boleh dipertimbangkan untuk merambah ke niche lain dengan menggunakan akun lain. Untuk tahap awal pilihlah niche spesifik yang kamu gemari, yang kamu pahami, dan banyak penggemarnya.

Jika tujuannya adalah mencari uang untuk biaya kuliah maka jangan membuat akun Instagram dengan isi yang campur aduk, tidak jelas niche yang disasar seperti apa. Jadilah konsisten dalam memilih niche spesifik. Tema yang spesifik akan mengarahkan pada sekelompok pengguna yang spesifik pula. Dan jika kita bisa menonjol di niche pengguna yang spesifik ini, maka kita akan mudah melakukan monetisasi akun Instagram kita.

Jadilah jawaban yang dapat diandalkan untuk setiap kebutuhan niche anda. Tidak perlu kuatir jika niche yang anda pilih adalah niche yang cukup sepi, langkah awalnya adalah konsisten. Setiap karya pasti memiliki penggemar setianya. Kalau bisa jadilah jawaban untuk niche anda secara internasional, gunakan bahasa Inggris dalam tiap postingan anda. Siapa tahu rezeki anda berasal dari negara mana.

Produksilah konten berkualitas secara teratur

Membuat konten secara konsisten tidak berarti harus monoton dan diterbitkan setiap hari (atau beberapa posting dalam sehari). Setiap posting bebas memiliki nuansa masing-masing bahkan desain yang berbeda-beda asalkan secara garis besar masih dalam niche yang kita harapkan.

Untuk Instagram sehari cukup posting maksimal 3 kali dengan jarak minimal 4 jam. Kalau bisa di Instagram postinglah setiap hari, jika tidak mampu maka konsistenlah setiap 2 hari sekali. Jika buntu dan merasa tidak mampu, maka paksakanlah diri untuk membuat konten berkualitas sebanyak minimal 24 konten dengan posting setiap 1-2 hari sekali. Selanjutnya untuk posting ke 25 dan seterusnya bisa dibuat seminggu sekali atau dua kali.

Konsisten adalah kata kuncinya. Sehingga kualitas konten pun harus dijaga tetap sama baiknya atau bahkan konsisten meningkat, bukan naik turun tak tentu setiap kali posting. Ingatlah bahwa produk kita akan dipakai untuk mencari uang, jadi buatlah dengan baik.

Upayakan desain konten Instagram juga cukup unik dan mudah dikenali oleh penggemar kita, sehingga tanpa melihat siapa yang posting sudah bisa diketahui siapa pembuatnya. Hal ini juga penting untuk mencegah pencurian konten oleh pihak lain.

Promosikan akun dan konten secara elegan

Konten visual berkualitas harus dilengkapi dengan teks yang baik. Karena meskipun komputer sudah bisa mengenali fitur-fitur dalam sebuah file gambar atau grafis, tetaplah kemampuan algoritma komputer sejauh ini lebih mumpuni dalam mengolah karakter huruf dan angka.

Buatlah caption yang menarik dengan tata bahasa sesuai niche yang kita sasar. Panjang kalimat cukup 3-6 kata, tiap paragraf cukup 2-4 kalimat. Jangan terlalu panjang, maksimal berikan caption sebanyak 3 paragraf.

Di bagian akhir posting berilah tanda pagar atau hashtag (hestek) yang relevan dengan posting maupun caption anda. Berikan 9-11 caption yang menurut anda bisa menggambarkan apa yang ingin anda sampaikan dan apa yang mungkin berkaitan dengan apa yang anda akan terbitkan. Pilihlah 1-3 hashtag populer (yang dipakai oleh lebih dari 1 juta posting lainnya sedunia), 1-2 hashtag buatan sendiri untuk branding, dan sisanya carilah hashtag yang memiliki cakupan posting di antara 1.000 dan 1.000.000.

Poin terakhir adalah promosi langsung dengan cara memberikan komentar positif dan berbobot sebanyak 2-5 kalimat di akun yang sejenis (dengan niche yang sama) dan buatlah Instagram story beberapa kali seminggu. Jika mampu maka beriklanlah melalui pihak ketiga atau langsung beriklan melalui Instagram. Untuk mulai beriklan setidaknya anda harus punya 50 konten berkualitas tinggi dan sudah siap dengan metode monetisasi yang tepat.

Semangat meraih beasiswa melalui Instagram

Kiranya informasi ini berguna bagi anda. Ingatlah bahwa Instagram tidak cocok untuk semua orang. Banyak orang yang tidak memakai Instagram namun memakai sosial media yang lain atau bahkan anti menggunakan sosmed. Masih senantiasa ada peluang mendapatkan uang secara online bagi mereka yang mau belajar dan berusaha.

Salam sukses dari saya.

 

Yoseph Leonardo Samodra

Suka mendapat banyak uang dari internet.

Similar Posts