Daftar Lengkap 9 Fakultas Kedokteran di Jawa Tengah

Bagi kalian yang ingin menempuh kuliah kedokteran setelah lulus SMA, maka perlu mencari informasi mengenai fakultas kedokteran di Jawa atau di luar Jawa, baik fakultas kedokteran swasta maupun fk ptn. Di Indonesia belum ada univ kedokteran, sehingga seluruh pendidikan dokter pastilah disebut fakultas kedokteran, bukan universitas kedokteran.

Akreditasi Fakultas Kedokteran

Fakultas kedokteran yang ada di Indonesia ada yang kedokteran akreditasi A, kedokteran akreditasi B, maupun FK yang akreditasi C. Fakultas kedokteran swasta di Indonesia, terutama fakultas kedokteran swasta di Jawa Tengah cukup berkualitas, sehingga ada yang masuk dalam daftar fakultas kedokteran akreditasi B maupun FK akreditasi A.

FK swasta akreditasi A maupun FK akreditasi B ditentukan oleh akreditasi fakultas kedokteran di Indonesia yang terstandar sehingga kualitasnya relatif sama antara swasta dan negeri. Fakultas kedokteran akreditasi B akan berpeluang meningkatkan akreditasi kedokteran pada periode selanjutnya jika melakukan perbaikan di berbagai bidang.

Biaya Kuliah FK

Perbaikan kualitas suatu FK akan membutuhkan biaya. Umumnya pada FK swasta akan dibebankan pada mahasiswanya. Kondisi lain juga akan mempengaruhi jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa kuliah menjadi dokter. Sebagai contoh, biaya kuliah kedokteran di Unair (Surabaya) tentu berbeda dengan biaya kedokteran UKDW (Yogyakarta), bisa jadi biaya kuliah kedokteran Airlangga lebih mahal dibandingkan UKDW.

Kualitas suatu kampus kedokteran diharapkan sebanding dengan jumlah uang yang dikeluarkan orang tua mahasiswa untuk membiayai pendidikan kedokteran anak-anak mereka. Banyak fasilitas yang spesifik hanya dipakai oleh mahasiswa kedokteran, sehingga fakultas kedokteran yang baru buka umumnya memiliki biaya pendaftaran, biaya pengembangan, maupun biaya lain yang tidak jauh beda dengan kampus lama. Bisa jadi malah kampus FK baru akan memasang tarif perkuliahan yang lebih mahal karena mereka baru saja melengkapi prodinya dengan berbagai alat bantu pendidikan maupun penelitian yang harganya sangat mahal.

Pastikan agar orientasi para mahasiswa ketika menuntut ilmu menjadi seorang dokter bukanlah agar segera bekerja dan mengumpulkan banyak uang dari pasien. Jangan sampai isi otaknya didominasi oleh berbagai cara agar segera bisa balik modal. Perlu pembenahan pada semua pihak yang terlibat agar uang yang dikeluarkan dalam sistem ini betul-betul demi pengembangan ilmu pengetahuan dan bukan hanya demi alasan ekonomi.

FK Negeri dan Swasta di Jateng

Berikut ini adalah daftar FK di Jawa Tengah yang tersebar di beberapa kota: Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (Surakarta); Universitas Jendral Soedirman dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (Purwokerto); Universitas Diponegoro, Unika Soegijapranata (klik di sini untuk informasi lebih lanjut), Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Wahid Hasyim, dan Universitas Sultan Agung (Semarang).

Tidak semua perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah memiliki memiliki Fakultas Kedokteran maupun Program Studi Pendidikan Dokter. Hingga April 2020 hanya Universitas Sebelas Maret (klik di sini untuk informasi lebih lanjut), Universitas Jendral Soedirman, dan Universitas Diponegoro yang menyelenggarakan pendidikan kedokteran untuk jenjang S1.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri se-Jateng

Berdasarkan data Hasil Pencarian Perguruan Tinggi PDDikti pada 10 April 2020, didapatkan daftar perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah dan akreditasinya:

  1. Politeknik Negeri Semarang Akreditasi: (A)
  2. Universitas Diponegoro Akreditasi: (A)
  3. Universitas Jenderal Soedirman Akreditasi: (A)
  4. Universitas Negeri Semarang Akreditasi: (A)
  5. Universitas Sebelas Maret Akreditasi: (A)
  6. Institut Seni Indonesia Surakarta Akreditasi: (B)
  7. Universitas Tidar Akreditasi: (B)
  8. Politeknik Maritim Negeri Indonesia Akreditasi: (-)
  9. Politeknik Negeri Cilacap Akreditasi: (-)

Link Pendaftaran FK di Jawa Tengah

Berikut ini beberapa link yang kiranya dapat membantu pendaftaran mahasiswa baru fakultas kedokteran di Jateng. Perlu banyak persiapan untuk mendaftar menjadi calon mahasiswa baru fakultas kedokteran idaman. Perlu mempertimbangkan banyak faktor dalam memilih kampus tujuan. Jangan sampai impian menjadi dokter kandas akibat kurangnya informasi yang dimiliki dalam menentukan prioritas program studi pendidikan dokter yang akan dilamar. Jangan pula memaksakan kehendak untuk bisa diterima menjadi calon dokter. Saya rasa siapapun tidak akan mau dirawat oleh dokter yang tidak benar-benar niat untuk bekerja sebagai dokter. Semoga lulus sesuai kemampuan dan usaha yang dilakukan.

FK UNS: spmb.uns.ac.id

FK UMS: pmb.ums.ac.id

FK Unsoed: spmb.unsoed.ac.id

FK UMP: pmb.ump.ac.id/?p=jalur&key=kedokteran

FK Undip: um.undip.ac.id/fakultas/detail/4

FK Unika Soegijapranata: pmb.unika.ac.id

FK Unissula: pmb.unissula.ac.id

FK Unimus: pmb.unimus.ac.id

FK Unwahas: pmb.unwahas.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *