Daftar Lengkap Fakultas Kedokteran di Jawa Tengah

Daftar Lengkap Fakultas Kedokteran di Jawa Tengah

Bagi kalian yang ingin menempuh kuliah kedokteran setelah lulus SMA, maka perlu mencari informasi mengenai fakultas kedokteran di Jawa, baik fakultas kedokteran swasta maupun fk ptn. Di Indonesia belum ada univ kedokteran, sehingga seluruh pendidikan dokter pastilah disebut fakultas kedokteran, bukan universitas kedokteran.

Akreditasi Fakultas Kedokteran

Fakultas kedokteran yang ada di Indonesia ada yang kedokteran akreditasi A, kedokteran akreditasi B, maupun FK yang akreditasi C. Fakultas kedokteran swasta di Indonesia, terutama fakultas kedokteran swasta di Jawa Tengah cukup berkualitas, sehingga ada yang masuk dalam daftar fakultas kedokteran akreditasi B maupun FK akreditasi A.

FK swasta akreditasi A maupun FK akreditasi B ditentukan oleh akreditasi fakultas kedokteran di Indonesia yang terstandar sehingga kualitasnya relatif sama antara swasta dan negeri. Fakultas kedokteran akreditasi B akan berpeluang meningkatkan akreditasi kedokteran pada periode selanjutnya jika melakukan perbaikan di berbagai bidang.

Biaya Kuliah FK

Perbaikan kualitas suatu FK akan membutuhkan biaya. Umumnya pada FK swasta akan dibebankan pada mahasiswanya. Kondisi lain juga akan mempengaruhi jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa kuliah menjadi dokter. Sebagai contoh, biaya kuliah kedokteran di Unair (Surabaya) tentu berbeda dengan biaya kedokteran UKDW (Yogyakarta), bisa jadi biaya kuliah kedokteran Airlangga lebih mahal dibandingkan UKDW.

direktori fakultas kedokteran negeri jawa tengah swasta

FK Negeri dan Swasta di Jateng

Berikut ini adalah daftar FK di Jawa Tengah yang tersebar di beberapa kota: Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (Surakarta); Universitas Jendral Soedirman dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (Purwokerto); Universitas Diponegoro, Unika Soegijapranata (klik di sini untuk informasi lebih lanjut), Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Wahid Hasyim, dan Universitas Sultan Agung (Semarang).

Tidak semua perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah memiliki memiliki Fakultas Kedokteran maupun Program Studi Pendidikan Dokter. Hingga April 2020 hanya Universitas Sebelas Maret (klik di sini untuk informasi lebih lanjut), Universitas Jendral Soedirman, dan Universitas Diponegoro yang menyelenggarakan pendidikan kedokteran untuk jenjang S1.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri se-Jateng

Berdasarkan data Hasil Pencarian Perguruan Tinggi PDDikti pada 10 April 2020, didapatkan daftar perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah dan akreditasinya:

  1. Politeknik Negeri Semarang Akreditasi: (A)
  2. Universitas Diponegoro Akreditasi: (A)
  3. Universitas Jenderal Soedirman Akreditasi: (A)
  4. Universitas Negeri Semarang Akreditasi: (A)
  5. Universitas Sebelas Maret Akreditasi: (A)
  6. Institut Seni Indonesia Surakarta Akreditasi: (B)
  7. Universitas Tidar Akreditasi: (B)
  8. Politeknik Maritim Negeri Indonesia Akreditasi: (-)
  9. Politeknik Negeri Cilacap Akreditasi: (-)

 

Baca juga: Daftar Kampus Rumpun Ilmu Kesehatan Terbaik Sedunia