Cara Mempercepat Ketikan Keyboard

Cara Mempercepat Ketikan Keyboard

Mumpung masih memungkinkan untuk meningkatkan keterampilan dasar maka cobalah untuk meningkatkan kecepatanmu mengetik sesuatu di keyboard. Hal ini bukan hal terpenting di dunia ini, tapi jika kecepatanmu mengetik tergolong bagus maka banyak hal akan dapat kamu raih dengan lebih mudah.

Uji kecepatan mengetik secara gratis

Silahkan luangkan waktu sejenak. Klik: Tes kecepatan mengetik (dalam Bahasa Indonesia).

Silahkan ikuti instruksi yang tertera. Hasilnya cukup jelas, ditunjukkan dalam dua komponen:

  1. Speed: kecepatan mengetik, berapa kata per menit (word per minute, WPM)
  2. Accuracy: akurasi mengetik, seberapa tepat hasil ketikan, dalam persen.

Cobalah tes kecepatan mengetik anda setidaknya dua kali untuk dapat dipakai untuk memperkirakan berapa rata-rata kecepatan mengetik anda. Tidak usah terlalu banyak juga mencoba. Mungkin maksimal hingga 6 kali harusnya sudah bisa menggambarkan kecepatan dasar anda. Tidak usah khawatir ketika akurasi anda tergolong rendah (kurang dari 70%).

meningkatkan kemampuan mengetik di laptop

Lalu cobalah untuk melakukan kegiatan yang sedikit berbeda. Misalnya dengan berpikir, membaca sesuatu yang menarik, lalu mengetik beberapa baris kalimat di laptop anda, bukan di keyhero.

Jika sudah sekitar 5-10 menit berlalu, kembalilah uji kemampuan mengetik anda. Kini dengan memastikan anda berkonsentrasi penuh. Wajib menghasilkan akurasi 100%, untuk dapat menunjukkan kecepatan aktual anda. Percayalah, dengan akurasi 100% maka anda akan menghemat banyak waktu untuk tahap pengeditan.

Jika dilakukan dengan benar, maka harusnya kisaran rata-rata kecepatan aktual anda tidak akan beda jauh dari kecepatan dasar anda. Jika kecepatan aktual anda lebih rendah dengan selisih hingga 8 kata per menit maka anda lebih baik belajar meningkatkan konsentrasi dulu.

pastikan mengetik dengan akurat

Tetapkan target yang ingin dicapai

Dari contoh yang saya lampirkan, tampak bahwa kecepatan mengetik saya ketika meraih akurasi 100% adalah 47,45 kata per menit. Cukup cepat tapi masih sangat perlu (dan bisa) dipercepat.

Sebagai patokan umum, cobalah meraih kecepatan 60 kata per menit dengan akurasi minimal 90%. Usahakan kecepatan ini terus meningkat jika anda (akan) bekerja di bidang yang banyak melibatkan mengetik. Berapa batas maksimalnya? Silahkan temukan sendiri kecepatan yang paling sesuai dengan pekerjaan anda.

Akurasi memang tak selamanya bisa 100%. Tapi dengan menetapkan batas akurasi 90% secara tidak langsung kita membiasakan untuk fokus. Pekerjaan apapun akan selesai dengan lebih baik jika dikerjakan secara fokus, tidak sambil mengerjakan pekerjaan lain.

Jika kecepatan anda 60 kata per menit atau bahkan lebih dari itu, maka tinggal memastikan konsisten mencapai akurasi minimal 90%. Jika kecepatan dan akurasi sudah baik maka saya akan senang apabila anda mau berbagi pengalaman anda maupun tips dan trik di kolom komentar.

Rajin berlatih demi masa depan yang lebih baik

Target yang sudah ditetapkan pasti akan gagal tercapai jika tidak disertai dengan latihan. Hanya mengharap kemampuan teknis meningkat tanpa mau rajin berlatih adalah hal yang sia-sia.

Sisihkan waktu setidaknya 20 menit per hari untuk berlatih kemampuan mengetik. Investasi pada keterampilan dasar tak pernah berisiko rugi. Pasti akan ada manfaatnya pada apapun pekerjaan anda. Minimal anda menjadi orang yang lebih fokus.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Terima kasih bagi yang berkenan membagikan tulisan ini.

Salam sukses,

Yoseph