Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan akan kembali dibuka tahun depan. Tahun ini, pendaftaran beasiswa LPDP ditiadakan akibat pandemi COVID-19. [Baca juga: Beasiswa Marie Curie]. “Tahun depan kami siapkan full force semua area dengan polesan-polesan khusus,” kata Direktur Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan, Dwi Larso dalam Webinar Menembus Amerika Serikat dengan Beasiswa LPDP, Jumat (28/8/2020).

Saat ini, LPDP tengah menyiapkan protokol pendaftaran yang menyesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru. [Baca juga: Panduan Waras Kuliah Kedokteran]. Selain menyiapkan pembukaan pendaftaraan beasiswa LPDP 2021, pihaknya tengah menyiapkan pendaftaran LPDP khusus, terbatas untuk bidang pendidikan dan kesehatan dan pendaftar harus sudah memiliki Letter of Acceptence (LoA) dari perguruan tinggi yang dituju.

Direktur Beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, Dwi Larso mengatakan, mulai September 2020, lembaganya kembali membuka pendaftaran beasiswa. Namun, pendaftaran kali ini dibatasi untuk dua bidang, yakni pendidikan dan kesehatan. “Ini perlu kami umumkan secepat mungkin, memutuskan intake September, limited area. Di situasi saat ini protokol COVID-19 dijalankan hanya membuka paling important, dua area pendidikan dan kesehatan,” kata Dwi Larso di Jakarta, akhir pekan lalu.

Namun, pihaknya belum bisa memerinci tanggal tepatnya, karena masih menyiapkan aturan dan juga protokol kesehatan. Dalam waktu dekat segera diinfokan ke publik. Dia juga menginfokan, pendaftaran ini khusus untuk calon yang sudah memiliki Letter of Acceptence (LoA) dari perguruan tinggi yang dituju.

Selain bidang tersebut, LPDP juga membuka untuk yang sudah mempunyai LoA dari perguruan tinggi peringkat utama dunia. “LoA peringkat utama dunia kita buka, sayang kalau anak terbaik harus tidak punya kesempatan,” ujarnya.

LPDP, kata Dwi, juga akan mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kampus Mengajar. Ini sesuai arahan Dewan Penyantun LPDP. “S2, S3 core kami, tapi kami tidak bisa menutup mata ada kebutuhan di mana kami sedikit banyak mendukung program Kemendikbud dalam area terkait Kampus Mengajar, apalagi di zaman pandemi, area tertentu kami support,” terangnya.

pendaftaran beasiswa lpdp pendidikan kesehatan