Universitas Monash atau biasa dikenal dengan nama Monash University, adalah salah satu universitas papan atas di Australia. Didirikan tahun 1958, universitas tertua kedua di Melbourne ini sangat populer baik di dalam maupun di luar Australia. Universitas negeri ini adalah salah satu anggota dari Group of Eight (Go8), yaitu lembaga perkumpulan delapan universitas terbaik berbasis riset di Australia.

Monash merupakan pemimpin dalam pendidikan siswa internasional. Dengan 21.000 siswa internasional dan terus bertambah, Monash merupakan tempat berkumpulnya berbagai kebangsaan dan kebudayaan.

Dengan kampus yang tersebar di empat benua dan lebih dari 115 mitra lembaga pendidikan di 26 negara, Monash memberi Anda akses ke dunia kerja global. Ditunjang dengan inovasi TI yang menghubungkan para siswa di seluruh dunia, Monash benar-benar merupakan komunitas belajar global.

Standar pendidikan yang tinggi

Universitas ini menempati posisi yang tinggi di antara universitas-universitas terbaik di Australia maupun di dunia dalam segala bidang standar pendidikan. Menurut Times Higher Education tahun 2016, Universitas Monash adalah peringkat 25 di dunia dalam jurusan ilmu science dan biomedicine, peringkat 26 dunia dalam bidang social science, peringkat 15 dunia dalam kategori kualitas lulusan siswanya dalam mendapatkan pekerjaan, peringkat 17 dunia dalam kategori siswa internasionalnya. Pada tahun 2016, MBA di Monash University mendapatkan ranking 1 di dunia menurut The Economist Intelligence Unit, sedangkan Business and Economics School di Monash pernah mendapat peringkat 1 di Australia menurut Webometrics.

lokasi kampus monash university

Prestasi Jurusan Monash University

Monash mendapat peringkat:

  • universitas terbaik di Australia untuk jurusan teknik (engineering) dan teknologi (technology) (Times Higher Education, 2015-2016)
  • universitas terbaik di Australia untuk jurusan kimia (chemistry)(Academic Ranking of World Universities, 2015)
  • ke-35 di dunia untuk jurusan klinik (clinical), kedokteran pra klinik (pre-clinical medicine) dan ilmu kesehatan (health) (Times Higher Education, 2015-2016)
  • ke-44 di dunia untuk jurusan seni (arts) dan humaniora (humanities) (Times Higher Education, 2014-2015)

Monash mendapat peringkat sebagai 50 terbaik dunia dalam 20 jurusan, menurut penilaian World University Ranking QS 2016, berdasarkan jurusan:

  • Farmasi dan Farmakologi (Pharmacy and Pharmacology) – 4
  • Ilmu Keperawatan (Nursing) – 16
  • Ilmu Kependidikan (Education) – 17
  • Hukum (Law) – 23
  • Teknik – Kimia (Engineering – Chemical): 24
  • Akuntansi & Keuangan (Accounting & Finance) – 24
  • Teknik – Sipil & Struktur (Engineering – Civil & Structural) – 25
  • Bisnis & Studi Manajemen (Business & Management Studies) – 32
  • Komunikasi & Studi Media (Communication & Media Studies) – 33
  • Kimia (Chemistry) – 33
  • Sosiologi (Sociology) – 34
  • Geografi (Geography) – 36
  • Teknik – Mineral & Pertambangan (Engineering – Mineral & Mining) – 39
  • Kedokteran (Medicine) – 39
  • Bahasa & Sastra Inggris (English Language & Literature) – 41
  • Antropologi (Anthropology) – 41
  • Ekonomi & Ekonometrik (Economics & Econometrics) – 45
  • Ilmu Pembangunan (Development Studies) – 47
  • Teknik – Mesin, Aeronautika & Manufaktur (Engineering – Mechanical, Aeronautical & Manufacturing) – 49
  • Ilmu Sejarah (History) – 50.

Program Studi dan Spesialisasi (AUS)

Monash University menawarkan beragam pilihan jurusan atau program studi. Apa pun bidang minat para calon mahasiswa, Monash memastikan setidaknya ada satu program studi yang sesuai. Berikut daftar jurusan untuk semua program jenjang di Monash University Australia, mulai dari program sertifikat, diploma, sarjana, hingga pascasarjana, yang terbagi dalam 10 fakultas.

Fakultas Seni, Desain dan Arsitektur

Kreativitas akan menjadi salah satu dari tiga keterampilan terbaik yang dibutuhkan pekerja di masa depan. Fakultas ini meliputi Jurusan Seni Rupa, Desain, dan Arsitektur. Mahasiswa akan dibimbing oleh para praktisi industri untuk mengembangkan keterampilan yang dihargai oleh para pengusaha.

Fakultas Seni

Fakultas ini membentuk perubahan sosial untuk masa depan yang lebih adil, berkelanjutan, dan sejahtera bersama demi terwujudnya ruang global yang lebih baik. Fakultas ini tersedia dalam program gelar diploma (Bahasa dan Seni Liberal), sarjana (Seni, Kriminologi, Studi Global, Komunikasi Media, Musik, dan Seni), serta master (Seni).

Fakultas Bisnis dan Ekonomi

Fakultas BIsnis dan Ekonomi terdiri dari sejumlah departemen dan pusat riset yang melingkupi Jurusan Perbankan dan Keuangan, Akuntansi, Hukum Bisnis dan Perpajakan, Ekonometrika dan Statistik Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Pemasaran.

Fakultas Pendidikan

Di fakultas ini diajarkan bagaimana cara membina generasi pemimpin berikutnya, mengembangkan cara baru untuk mengajar, menjadi seorang guru, serta mengeksplorasi studi lebih lanjut dalam pendidikan, psikologi, dan konseling. Fakultas inilah yang mengembangkan dan menyediakan penelitian dan pengajaran inovatif dengan menanggapi secara serius tuntutan global. Berfokus pada kegiatan-kegiatan yang memajukan disiplin dan praktik pendidikan melalui penelitian, pengembangan, dan kemitraan. Monash University mempersiapkan dan mengembangkan staf profesional dan praktisi untuk berbagai spesialisasi pendidikan dan manajemennya di semua jenjang.

Fakultas Teknik

Fakultas ini ditujukan bagi para peminat kreatif, imajinatif, analitis, dan teknis yang ingin mengembangkan diri dan membantu membangun masa depan. Kualifikasi teknik untuk beragam program jenjang ini sangat diminati. Terdapat sejumlah pilihan jurusan seperti Teknik Kimia, Teknik Sipil, Rekayasa Sistem Listrik dan Komputer, Ilmu dan Teknik Material, serta Teknik Mekanik dan Dirgantara.

Fakultas Teknologi Informasi

Monash adalah satu-satunya anggota Group of Eight yang memiliki fakultas TI terlengkap. Jurusan-jurusan yang tersedia di fakultas ini, di antaranya: Sistem Informasi Bisnis, Jaringan Komputer dan Keamanan, Pengembangan Game, Media Interaktif, Pengembangan Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Keamanan Cyber, Basis Data, Humaniora Digital, Desain Game, Bisnis TI, Pengembangan Aplikasi Mobile, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Pengembangan Web.

Fakultas Hukum

Fakultas ini menawarkan Program Studi Hukum yang lebih dari sekadar gelar. Monash University juga dikenal sebagai salah satu penyedia sekolah hukum terbaik di dunia. Universitas akan menginspirasi mahasiswa untuk mendengarkan, menganalisis, bertanya, dan menjadi unggul.

Fakultas Kedokteran, Ilmu Kesehatan, dan Keperawatan

Fakultas ini terdiri dari 10 sekolah, berbagai lembaga pusat riset, yang masing-masing memiliki tujuan dan fokus yang unik. Jurusan-jurusan yang ditawarkan, di antaranya: Klinik Sentral, Ilmu Klinis, Klinik Kesehatan, Kedokteran, Keperawatan dan Kebidanan, Perawatan Kesehatan Dasar, Kesehatan Masyarakat dan Pencegahan Penyakit, Kesehatan Pedesaan, Ilmu Biomedis, dan Ilmu Psikologi.

Fakultas Farmasi

Fakultas ini didirikan untuk memajukan ilmu pengobatan/farmakologi. Di sini, diajarkan bagaimana merancang obat-obatan baru dan membuat obat-obatan yang telah ada berfungsi lebih baik. Fakultas ini terbuka untuk kualifikasi jenjang diploma, sarjana, hingga pascasarjana.

Fakultas Sains

Fakultas ini mendukung bidang minat sains, mulai dari ruang perkuliahan hingga praktik lapangan. Di sini, Monash menawarkan pengalaman unik dalam mengeksplorasi bidang sains dalam semangat petualangan dan jiwa kreatif mahasiswa. Ada lima jurusan bidang minat, yaitu: Ilmu Hayati dan Biologi, Ilmu Biomedis dan Tingkah Laku, Ilmu Bumi dan Lingkungan, Ilmu Matematika dan Komputasi, serta Ilmu Fisika dan Kimia.

Jurusan Kuliah Monash University Malaysia

kuliah monash university di malaysia

Monash University Malaysia memiliki berbagai jenjang pendidikan yang bisa kamu pilih mulai dari sarjana (S1) hingga doktoral (S3). Berikut ini daftar lengkap jurusan kuliah Monash University Malaysia.

 

Jenjang Pendidikan
Sarjana (S1) Magister (S2) dan Doktoral (S3)
Fakultas Seni dan Ilmu Sosial

1.     Seni dan Ilmu Sosial

2.     Media Digital dan Komunikasi

Fakultas Seni dan Ilmu Sosial

1.     Komunikasi dan Studi Media

2.     Ilmu Seni

Fakultas Bisnis

1.     Bisnis dan Periklanan

2.     Bisnis, Periklanan, Media Digital, dan Komunikasi

Fakultas Bisnis

1.     Bisnis Internasional

2.     Bisnis dan Periklanan

Fakultas Teknik 

1.     Teknik SIpil

2.     Teknik Kimia

3.     Teknik Elektro dan Sistem Komputer

4.     Teknik Mesin

5.     Teknik Robotika dan Mekatronika

6.     Teknik Perangkat Lunak

Fakultas Teknik

1.     Teknik Energi Bekelanjutan

2.     Mekanika Sains

Fakultas Teknologi Informatika

1.     Ilmu Komputer

2.     Ilmu Komputer dan Pengolahan Data

Fakultas Teknologi Informatika

1.     Sistem Informasi Bisnis

Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Jeffrey Cheah

1.     Ilmu Kedokteran

2.     Ilmu Psikologi

3.     Ilmu Psikologi dan Bisnis

Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Jeffrey Cheah

1.     Ilmu Biomedis

2.     Profesional Konseling

Fakultas Farmasi

1.     Farmasi

Fakultas Farmasi

1.     Farmasi

Fakultas Sains

1.     Ilmu Sains

2.     Biosains Medis

3.     Sains dan Teknologi Pangan

Fakultas Sains

1.     Ilmu Sains

 

kuliah murah di monash university

Sumber:

Beasiswa dan Biaya Kuliah Universitas Monash, idp.com/indonesia/study-in-australia/scholarships/beasiswa-dan-biaya-kuliah-universitas-monash/, diakses pada 7 Sep 2020.

Daftar Jurusan Kuliah di Monash University Australia, ican-education.com/berita-event/news/daftar-jurusan-kuliah-di-monash-university-australia, diakses pada 7 Sep 2020.

Daftar Jurusan Kuliah di Monash University Malaysia, ican-education.com/berita-event/news/daftar-jurusan-kuliah-di-monash-university-malaysia, diakses pada 7 Sep 2020.

Indonesia, monash.edu/study/international/in-your-language/indonesia, diakses pada 7 Sep 2020.

Peringkat universitas dunia kami, monash.edu/study/international/in-your-language/indonesia/why-choose/rankings, diakses pada 7 Sep 2020.