cara mendaftar lpdp beasiswa langkah mudah

Cara Mendaftar LPDP Mulai dari Membuat Akun

Cara mendaftar LPDP relatif mudah dan cepat (tergantung koneksi internet) asalkan seluruh syarat pendaftaran Beasiswa LPDP sudah diketahui. Siapkan seluruh data yang akan diperlukan dalam proses pendaftaran online Beasiswa Pendidikan Indonesia yang dikelola oleh LPDP. Untuk membantu anda mempersiapkan diri dengan baik, silahkan simak panduan langkah-langkah pendaftaran berikut ini. Mungkin akan ada perubahan tiap tahun, namun persyaratan daftar beasiswa LPDP biasanya tidak banyak berubah.

Baca juga: Pengen kuliah di Monash University Australia?

Bagaimana membuat akun Beasiswa LPDP?

Seluruh proses pendaftaran Beasiswa LPDP (pembuatan akun, unggah dokumen, dan lain-lain) dilakukan secara online melalui laman www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id (KLIK di sini).

Cukup klik link di atas, lalu pilih “Belum punya akun? Buat akun di sini” (klik tombol biru dengan tulisan tersebut) dan ikuti langkah selanjutnya. Nanti akan muncul sejumlah hal yang harus diisi:

  1. Email anda (pastikan tidak lupa passwordnya, saran saya gunakan alamat email yang wajar, jangan gunakan alamat email alay)
  2. Password untuk seluruh kegiatan Beasiswa LPDP (saran saya bedakan dengan password anda yang sudah ada untuk email dan lainnya, gunakan kombinasi angka dan huruf kapital serta huruf kecil yang mudah diingat tapi sulit dibobol)
  3. Data kependudukan sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Kode pos (lima digit)
  5. Nomor telepon seluler (handphone). Harap diisi dengan format menggunakan kode negara. Untuk Indonesia, gantikan angka 0 di paling depan dengan angka 62. Contoh: untuk nomor ponsel 081340617181 mohon diisikan dengan 6281340617181
  6. Nomor telepon rumah (TIDAK WAJIB, bisa dikosongkan)
  7. Jenis pekerjaan. Pilihan yang tersedia: wiraswasta, ahli profesional, bidan/perawat, dokter, medis/paramedis, wartawan, penulis, dosen, guru, peneliti/perekayasa, hakim, jaksa, pengacara, notaris, seniman, olahragawan, pegawai BUMN, pegawai BUMD, pegawai swasta, pegawai LSM/pekerja sosial, pegawai pemerintah non-PNS, TNI/POLRI, PNS, fresh graduate, tidak bekerja, lainnya.
  8. Foto digital (4×6), ukuran file maksimal 512 kB (saran saya gunakan ekstensi JPG)
  9. Data pendidikan terakhir. Pendidikan Terakhir adalah ijazah pendidikan terakhir yang anda dapat atau program yang sedang anda tempuh. Isikan IPK dengan pemisah “.” bukan “,” dalam skala 0.00-4.00.

Setelah lengkap jangan lupa submit. Pastikan data anda sesuai dengan kenyataan.

cara mendaftar lpdp beasiswa langkah mudah

Cara mendaftar LPDP selanjutnya

Setelah itu tunggu langkah selanjutnya sebagai bagian dari cara mendaftar LPDP yang akan disampaikan melalui email yang anda daftarkan.

Siapkan diri dengan memilih universitas tujuan dengan tepat. Bila ingin kuliah di luar negeri maka cara mendaftar LPDP yang diperlukan tidak berbeda jauh dengan jika tujuan dalam negeri.

Silahkan pilih dengan teliti kampus tujuan anda. Pastikan anda memilih negara dan tempat kuliah yang sesuai dengan keinginan anda.

About the author

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *