syarat beasiswa uph college 2020 2021

Beasiswa UPH College Tangerang

Beasiswa UPH College memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pendidikan holistik di UPH College yang mencakup keseimbangan antara kemampuan akademis, spiritual, emosi, sosial, intelektual, serta fisik. UPH College adalah salah satu bentuk transformasi sistem pendidikan tingkat SMA yang berdiri sejak tahun 2010 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH). Berlokasi di Gedung E Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang – Banten, UPH College saat ini memiliki lebih dari 1000 siswa yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Program beasiswa yang ditawarkan terbagi dalam 3 kategori:

  1. Prestasi Akademik
  2. Prestasi Olahraga
  3. Prestasi Seni

 

SYARAT UTAMA PENDAFTARAN PROGRAM BEASISWA

Untuk melanjutkan proses pendaftaran program beasiswa, calon siswa diharuskan untuk dapat menunjukkan prestasi yang konsisten di sekolah.

Untuk Pendaftaran Beasiswa kategori Prestasi Akademik nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan rata-rata keseluruhan di rapor dalam 2 tahun terakhir minimal 8.5.

Untuk Pendaftaran Beasiswa kategori Prestasi Olahraga dan Seni nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan rata-rata keseluruhan di rapor dalam 2 tahun terakhir minimal 7.5.

 

Calon siswa hanya dapat melanjutkan ke proses pendaftaran program beasiswa selanjutnya jika syarat utama terpenuhi. Proses selanjutnya adalah:

  1. Melengkapi dokumen persyaratan pendaftaran beasiswa
  2. Tes beasiswa UPH College
  3. Wawancara calon penerima beasiswa
  4. Wawancara Orang Tua calon penerima beasiswa

 

Dokumen persyaratan program Beasiswa UPH College

Berikut ini dokumen pendaftaran yang harus dilengkapi jika siswa sudah memenuhi syarat utama pendaftaran program beasiswa:​

  • Fotokopi rapor 2 tahun terakhir (semester 1 dan 2)
  • Fotokopi akte lahir
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 3×4 (3 lembar)
  • Surat Pengajuan Beasiswa yang ditandatangani orang tua
  • Sertifikat atau piagam yang mendukung prestasi siswa
  • Bukti keterlibatan dalam berbagai kegiatan selain kegiatan akademis sesuai dengan kemampuan siswa.
  • Surat rekomendasi (guru/kepala sekolah/guru BP/pendeta/pastur), minimal 3 orang
  • Fotokopi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tahun terakhir (sesuai tempat tinggal orang tua)
  • Fotokopi rekening listrik dan air 3 bulan terakhir (sesuai tempat tinggal orang tua).

 

PEMBERIAN BEASISWA

Pemberian Beasiswa UPH College mengacu kepada hasil tes beasiswa dan wawancara siswa dan orangtua. Beasiswa diberikan kepada siswa Grade 10, 11, 12. Untuk siswa Grade 10 & 11, beasiswa diberikan hingga siswa menyelesaikan Grade 12, dengan evaluasi hasil belajar pada akhir semester di setiap tahun ajaran.

Penerima beasiswa UPH College diwajibkan untuk mengikuti seluruh ketentuan pada Surat Perjanjian Beasiswa yang ditandatangani oleh orang tua dan siswa di atas meterai. Keputusan panitia beasiswa UPH College tidak dapat diganggu gugat.

KELANJUTAN PEMBERIAN BEASISWA

Penerima beasiswa harus mencapai minimum nilai rapor 8,5 untuk semua bidang studi dalam setiap semester. Bila penerima gagal mencapai nilai tersebut, UPH College berhak menghentikan pemberian beasiswa untuk tahun berikutnya.

 

Baca juga: Beasiswa Pascasarjana di Australia

 

Belajar di UPHC

Sistem pembelajaran yang diterapkan di UPH College mempergunakan kurikulum Indonesia berprestasi agar siswa siap untuk memasuki jenjang universitas dan dunia kerja. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas berkelas dunia sehingga siswa dapat mempraktekkan apa yang dipelajari di kelas dengan lebih nyata. Tersedia juga asrama/dormitory di dalam kampus UPH College.

Tenaga pengajar UPHC yang berdedikasi tinggi telah melalui proses seleksi yang ketat, serta diperlengkapi dengan berbagai macam pelatihan sesuai bidang dan minat terkait, yang tidak hanya mengajar siswa dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membentuk karakter siswa.

Di UPH College, siswa tidak hanya dibekali dalam bidang akademik namun mencakup 5 aspek pendidikan holistik yakni kognitif, spiritual, emosional, fisik, dan sosial. Siswa juga diarahkan dan dipersiapkan sesuai dengan minat dan pilihan jurusan kuliah siswa nantinya.

 

Medical Pathway

Adalah sebuah program bagi pelajar UPH College yang memiliki rencana untuk melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran. Ini merupakan fasilitas tambahan bagi mereka yang bercita-cita menjadi dokter. Siswa mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari para dosen dan dokter dari Fakultas Kedokteran UPH, dan pengalaman melalui praktikum dan pelatihan medis yang diberikan selama program tersebut.

Baca juga: Kampus Kedokteran Terbaik di Skandinavia

syarat beasiswa uph college 2020 2021

Art Pathway

Adalah sebuah program bagi pelajar UPH College yang memiliki talenta dalam bidang seni dan berencana untuk melanjutkan studi dalam bidang Seni dan Desain. Peserta jalur ini akan mendapatkan kesempatan belajar lebih banyak dalam bidang seni, dimana teknik dan keterampilan siswa dalam bidang seni akan diasah di bawah bimbingan dosen-dosen seni dan desain yang ahli dan berpengalaman. Mereka juga akan dibimbing untuk menyusun portfolio agar mereka lebih siap memasuki jenjang perkuliahan.

 

Kegiatan Asrama

Siswa yang tinggal di asrama diwajibkan untuk mengikuti program belajar harian yang didampingi oleh supervisor asrama. Bagi siswa yang tidak pulang ke rumah masing-masing pada saat weekend atau hari libur, dapat melakukan kegiatan di dalam dan luar area sekolah dengan seizin supervisor masing-masing.

Penghuni asrama hanya diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing pada hari libur atau hari Jumat, setelah kegiatan belajar-mengajar di UPH College selesai dan juga setelah seluruh kegiatan di asrama selesai. Siswa harus kembali ke asrama paling lambat pada hari Minggu atau hari terakhir libur pukul 19.00 untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan belajar pada hari berikutnya.

 

Fasilitas Asrama UPH College Tangerang

Kamar terdiri dari 5 murid dengan single bed, meja belajar, lemari pakaian untuk masing masing-masing siswa, dan satu kamar kecil serta rak sepatu untuk dipakai bersama. Setiap kamar juga dilengkapi dengan fasilitas AC. Ruangan kamar mandi dan toilet terletak di luar kamar untuk dipakai bersama seluruh penghuni lantai asrama.

Siswa yang tinggal di asrama mendapat makan pagi, makan siang dan makan malam yang disediakan oleh pihak asrama. Asrama juga dilengkapi dengan WiFi 24 jam, study room, living room, laundry room, kitchen. Selain itu, di setiap lantai terdapat living room yang juga dilengkapi dengan fasilitas TV.

 

Interaksi di Dormitory

Siswa yang tinggal di asrama UPHC memiliki kesempatan mengenal dan berinteraksi secara mendalam dengan teman-teman yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Keberagaman budaya ini akan mewarnai kehidupan keseharian di dorm.

Setiap malam, setelah Study Time, siswa berkumpul dengan SPV masing-masing untuk membaca Alkitab dan berdoa bersama. Selain itu, setiap bulan siswa juga akan mengikuti Monthly Event, yaitu kegiatan kebersamaan yang memperkuat life-structure, baik secara spiritual, fisik, sosial, intelektual, dan emosional.

 

FAQ UPHC

Bagaimana UPH College membantu saya kuliah di luar negeri?

Kurikulum Problem-Based Learning dan tugas-tugas selama bersekolah di UPH College akan membantu murid saat melanjutkan pendidikan universitas baik di dalam maupun di luar negeri. Tugas-tugas di UPH College adalah dalam bentuk paper (essay/karangan), untuk membiasakan murid melakukan research, berpikir lebih kritis dan analitis.

Siswa akan mengikuti Ujian Nasional untuk ujian kelulusan dan mendapat ijazah nasional saat dinyatakan lulus ujian. Dengan ijazah nasional, lulusan dapat melanjutkan kuliah di dalam dan/atau luar negeri. Prosedur tergantung dari universitas pilihan masing-masing.

 

Apa bahasa pengantar yang dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar di UPH College?

Bahasa pengantar utama UPHC adalah Bahasa Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa mata pelajaran yang dibawakan dalam Bahasa Inggris. Sistem tugas UPH College dalam bentuk paper menuntut siswa untuk melakukan riset baik melalui buku di perpustakaan atau lewat internet. Hal ini akan menempatkan siswa untuk terekspos kepada Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar sehari-hari.

Sumber: Website resmi UPHC (berdasarkan data terakhir pada 19 Desember 2018).

About the author

Comments

Comments are closed.