wisata darwin australia utara

Mengenal Darwin dan Northern Territory

Northern Territory adalah daerah yang luas di bagian utara Australia yang terdiri atas lebih dari 1,3 juta kilometer persegi dan mencapai 17% dari daratan Australia. Darwin terletak di 12 derajat lintang selatan, sebuah kota multikultural modern dengan penerbangan langsung ke banyak kota di Asia. Kota ini memiliki kelompok budaya yang aktif dan penuh semangat, yang rutin membuat acara bersama dengan mahasiswa internasional yang kuliah di Darwin. Baca juga: Pilihan kuliah dengan Beasiswa AAS

Darwin adalah pusat bisnis, industri, pendidikan, dan kebudayaan di bagian utara Australia; industri utamanya mencakup pertambangan, minyak bumi dan gas, pertanian, pariwisata, dan pertahanan. Darwin memainkan peranan penting pada pertumbuhan ekonomi Australia di masa depan dan pada pengembangan kawasan Australia-Asia secara keseluruhan.

Lokasi dan Iklim Darwin dan Northern Territory

Darwin terletak di Northern Territory, Australia. Berlokasi di tepi Laut Timor, sebagian besar Northern Territory terletak di utara Tropic of Capricorn. Waktu lokal ialah GMT +9.30.

wisata darwin australia utara

Darwin memiliki iklim tropis dengan dua musim, musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau berlangsung dari bulan Mei hingga Oktober dengan rentang suhu 16-32 derajat Celcius. Musim ini memiliki langit biru, hari yang cerah, dan malam yang dingin. Musim ini cocok terutama untuk menikmati aktivitas di luar ruang. Baca juga: Alasan Untuk Kuliah di Karolinska Institutet

Musim hujan berlangsung dari bulan November hingga April dengan rentang suhu 25-36 derajat Celcius. Selama musim ini terdapat hujan muson, banyak petir, dan kelembaban tinggi. Musim ini juga dikenal sebagai musim siklon namuntempat perlindungan tersedia dan penduduk senantiasa diingatkan langkah-langkah yang harus diambil agar tetap aman jika benar-benar terjadi siklon tropis.

Transportasi di Darwin dan Northern Territory

Pusat-pusat pemukiman utama Northern Territory umumnya terlayani dengan jaringan transportasi yang baik. Stuart Highway adalah penghubung utama antara Darwin dan kota-kota lain di Australia. Darwin juga memiliki sarana transportasi udara dan kereta api. Moda transportasi lain di Darwin dan sekitarnya mencakup: bis umum (dengan harga diskon untuk mahasiswa internasional), taksi, mobil sewaan, dan sepeda.

Pendidikan dan Layanan Kesehatan di Darwin dan Northern Territory

Northern Territory memiliki sistem edukasi yang dinamis, menyediakan pilihan pendidikan berkualitas dari preschool hingga tingkat pendidikan tinggi. Preschools, sekolah dasar, dan sekolah menengah memiliki staf dan sarana-prasarana yang setara dengan daerah lain di Australia. Juga terdapat sekolah swasta yang dapat menjadi pilihan bagi orang tua dalam menyekolahkan anak-anak mereka. Baca juga: Beasiswa Full-cover dari Australia

Darwin memiliki dua rumah sakit utama dan juga terdapat sejumlah layanan kesehatan swasta. Royal Darwin Hospital adalah rumah sakit pendidikan dan menawarkan berbagai macam layanan kesehatan spesialistik. Pusat kesehatan masyarakat tersebar di seluruh Darwin dan Northern Territory. Terdapat pula Aerial Medical Services (Layanan Medis Udara) untuk menjangkau masyarakat di pedesaan da daerah terpencil.

Wisata Kuliner dan Belanja di Darwin dan Northern Territory

Dengan sekitar 75 negara yang terwakili di Darwin, citarasa multikultural dari Northern Territory dapat dirasakan pada pengalaman makannya. Anda tinggal menuju salah satu pasar yang ada di Darwin (Mindil Beach, Parap, Nightcliff, atau Rapid Creek) untuk menemukan berbagai gerai makanan internasional. Anda bisa mencicipi makanan dari Jerman, Italia, Indonesia, Singapura, Jepang, Yunani, India, Filipina, Laos, Vietnam, Thailand, dan Tiongkok.

Banyak kelompok etnis yang tinggal di Darwin mengadakan festival tahunan untuk mempromosikan budaya dan makanan mereka. Keanekaragaman serupa juga bisa dijumpai di restoran dan kafe yang tersebar di seluruh penjuru kota. Terdapat pilihan untuk berbagai selera dan kemampuan kantong, dari restoran bintang lima di tepi pantai atau kafe murah di dermaga. Makan gaya al fresco mudah dijumpai di Darwin, karena iklimnya menunjang kegiatan luar ruang.

Sebagai kota modern, Darwin memberikan pelayanan lengkap untuk penduduknya. Terdapat tiga pusat perbelanjaan utama di kota, Casuarina, dan Palmerston. Terdapat juga banyak kompleks perbelanjaan di daerah pinggiran (suburbs). Pusat-pusat perbelanjaan ini menawarkan berbagai pilihan, mulai jaringan supermarket besar hingga butik kecil. Pasar-pasar di Darwin yang ikonik memberikan alternatif yang luar biasa untuk kegiatan belanja, bersosialisasi, dan bersantai.

Sumber: cdu.edu.au/international/about-nt

About the author