Categories
Kabar Kampus

Kabar Kampus FK Indonesia vol. 01

Kabar FK UPH

Fakultas Kedokteran  Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar Visual Learning “The Amazing Human Brain and The Potential Catastrophe” di Cinemaxx Studio 3, Plaza Semanggi, Jakarta, Jumat (28/6/2019). Dekan Fakultas Kedokteran UPH Eka J. Wahjoepramono memaparkan kuliah 3 Dimensi (3D) mengangkat topik ‘Eksplorasi Kehebatan Otak Manusia Dan Penyakit Yang Mengancam’ yang menjelaskan kehebatan otak yang memiliki sistem kerja yang kompleks dan menakjubkan. Baca juga: Biaya kuliah kedokteran di Jogja

Kuliah 3D bidang kedokteran ini diharapkan dapat menjadi praktik baik pembelajaran di perguruan tinggi berbasis teknologi untuk diterapkan di perguruan tinggi lain menggunakan teknologi inovatif seperti media digital, teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Artificial Intelligence (AI).

Selengkapnya di Kabar FK UPH

Info FK Baru

Universitas Negeri Padang (UNP) memiliki rencana membuka Program Studi Ilmu Kedokteran dan saat ini sedang melakukan persiapan pembukaan agar bisa berjalan sesuai target pada tahun ini. Wakil Rektor UNP Yunia Wardi mengungkapkan hal itu pada pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 jalur masuk mandiri dan prestasi di Auditorium UNP, Padang. Baca juga: Gelombang pendaftaran FK di Jogja

“Sekarang kami sedang mengurus semua persyaratannya dan ditargetkan dapat berjalan tahun ini atau tahun depan,” ujar Yunia Wardi, seperti dilansir Antara, Senin (5/8/2019). Dia menuturkan, Prodi Ilmu Kedokteran yang akan dibuka itu merupakan kedokteran umum dengan spesifikasi olahraga. Meski demikian, fakultas yang akan menaungi prodi tersebut belum bisa dipastikan sampai saat ini.

Selengkapnya di Info FK Baru

Info Akreditasi FK

Saat ini, fakultas kedokteran makin menjamur di Indonesia dan mengalami peningkatan terutama di Jakarta. Hal ini menjadi pertanyaan besar terutama terkait dengan kualitas calon dokter, apakah telah terstandarisasi sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat. Baca juga: Akreditasi FK di Indonesia

“Soal kualitas dokter, karena mereka ada akreditasi juga. Artinya kelihatan ada grade A, B, C jadi kita harus memastikan. Kalau A kan pasti bagus, kalau C kan kita belum tahu. Makanya saya titip ke Dikti bahwa kita harus patient safety,” ujar Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, saat dijumpai pada Dies Natalies Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Gedung IMERI, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).

Hasil akreditasi tahun 2018 oleh LAMPT-Kes menunjukkan 23 persen dari 86 total fakultas kedokteran di Indonesia masih menyandang akreditasi C. Banyaknya fakultas kedokteran juga menjadikan dokter menumpuk hanya di beberapa titik yang menjadikan distribusi daerah tidak merata.

Selengkapnya di Info Akreditasi FK

fk terbaik indonesia 2020

Kabar FK Unpad

Mahasiswa Baru Universitas Padjajaran (Unpad) tahun akademik 2018/2019 Rein Vidya Banafsha merupakan mahasiswa termuda di antara rekan seangkatannya. Perempuan asal Tasikmalaya yang diterima di Fakultas Kedokteran Unpad tersebut berusia 15 tahun 10 bulan 5 hari. Baca juga: Kuliah Gratis di Australia

Ditemui saat pelaksanaan registrasi administratif di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (7/8), Rein mengungkapkan, sejak duduk di bangku SMP, dia sudah mengikuti kelas percepatan (akselerasi).

Dia menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dan masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya dalam waktu 2 tahun saja. Saat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Rein yakin memilih program studi Kedokteran Unpad pada pilihan pertamanya.

Selengkapnya di Kabar FK Unpad

Kabar FK UI

Kuliah kedokteran sepertinya identik dengan biaya yang sangat mahal. Tak jarang, murid-murid yang ingin mendaftar fakultas kedokteran setelah lulus SMA jadi berpikir ulang karena khawatir kelak orang tuanya tak mampu mengongkosi. Baca juga: Kampus terbaik di Australia

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, membantah kuliah kedokteran harus mahal. Di FKUI tempat ia mengajar, Uang Kuliah Tunggal (UKT) bisa disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Ada yang mencapai Rp 15 juta, tetapi bisa juga lebih ringan.

“Uang kuliah tunggal bisa tidak bayar, 0 rupiah (UKT1 0-500 ribu),” kata dr Ari dalam pesannya kepada wartawan, Selasa (8/1/2019). Bahkan untuk mahasiswa yang tidak mampu, ada juga skema kerja sama dengan jejaring alumni dan Program Orang Tua Asuh serta Perkumpulan Penyantun Kesejahteraan Mahasiswa. Beasiswa dalam bentuk bantuan hidup disediakan tiap bulan bagi mahasiswa yang tidak mampu.

Selengkapnya di Kabar FK UI