Hari ini saya bermimpi ke Singapura bersama keluarga besar. Lengkap dengan segala kerumitannya: menukar uang, memilih hotel yang cocok, dan mendapatkan akses seluler terutama untuk berinternet. Agak kabur alasan sebenarnya saya ke Singapura dalam mimpi tersebut. Apalagi yang saya kunjungi adalah daerah yang sama sekali tidak ikonik atau identik dengan Singapura. Hanya ada beberapa clue dan keyakinan yang tinggi dalam mimpi saya bahwa saya sedang berada di Singapura.

Sempat saya bingung untuk menuliskannya di mana, mengingat seluruh blog yang saya kelola sedang mengarah pada tema-tema yang spesifik. Karena ada kemungkinan dalam cerita mimpi saya tersebut saya ke Singapura untuk persiapan studi lanjut, maka saya putuskan untuk menuliskannya di blog ini sebagai pengantar mengenai beasiswa ke Singapura.

Kuliah di Singapura

Perkuliahan di Singapura memiliki Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Namun perlu diingat bahwa dalam kehidupan sehari-hari kemampuan Bahasa Mandarin akan sangat memudahkan hidup. Varian Bahasa Inggris yang disesuaikan dengan lidah orang Singapura menghasilkan Singlish yang kadang terdengar lucu.

Lokasi yang strategis di tengah Asia Tenggara, kemudahan akses, kehidupan yang modern, lingkungan yang nyaman, dan iklim tropis telah memikat banyak mahasiswa internasional untuk kuliah di Singapura. Sebagai salah satu hub yang ramai dengan lalu lintas manusia maka wajar jika perusahaan-perusahaan internasional pun banyak yang terpikat untuk membuka cabang di Singapura. Hal-hal ini menjadikan Singapura sebagai negara kecil dengan tingkat internasionalisasi yang tinggi.

Baca juga: Beasiswa Full di Australia

Singapura memiliki beberapa kampus yang tergolong sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia. Bahkan sistem pendidikan sejak pendidikan dasar di Singapura dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Beberapa universitas terbaik yang berpusat di luar Singapura juga memiliki cabang di Singapura. Berikut ini adalah daftar 5 universitas terbaik di Singapura:

  • National University of Singapore (NUS): memiliki jurusan eksklusif antara lain kedokteran gigi, farmasi, dan musik.
  • Nanyang Technological University (NTU): program unggulannya mencakup ilmu komunikasi, sport science, dan manajemen.
  • Singapore Management University (SMU): program unggulannya mencakup manajemen sistem informasi, akuntansi, dan hukum.
  • Singapore University of Technology and Design (SUTD): program unggulannya mencakup desain, arsitektur, dan teknologi sistem informasi.
  • Singapore Institute of Management (SIM): universitas swasta terbaik di Singapura, program unggulannya mencakup bisnis, teknologi informasi, dan psikologi.

Beasiswa Kuliah di Singapura

Banyak peluang bantuan pembiayaan kuliah di Singapura. Berikut ini adalah kumpulan link beasiswa ke institusi pendidikan tinggi Singapura dari beberapa lembaga:

 

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!