Beasiswa Doktor Beasiswa Lain Beasiswa Master Beasiswa Sarjana Karya Tulis Ilmiah

Pentingnya 4C untuk Sukses

4c keterampilan dasar penting

Setiap orang mengharapkan sukses dalam setiap apa yang dikerjakannya. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai hasil terbaik dari setiap kegiatan yang kita jalani.

4C

Serangkaian keterampilan dasar agar bisa sukses dalam hal apapun dirangkumkan dalam 4C: critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Siapapun yang bisa mengoptimalkan pemanfaatan keempat skill ini diharapkan dapat menghasilkan barang/jasa yang terbaik, memperoleh pendapatan yang layak, bermanfaat bagi banyak orang, atau setidaknya bisa puas menjalani hidup.

Berpikir kritis

Kemampuan menimbang sehingga dapat memutuskan dengan tepat adalah inti dari berpikir kritis. Skill ini merupakan skill yang mendasari ketiga skill yang lain. Kita diharapkan mau memikirkan dengan kritis apa yang akan kita komunikasikan atau bagaimana respon kita dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Kita diharapkan bersedia berpikir kritis mengenai pihak yang akan berkolaborasi dengan kita dan tujuan apa yang ingin diraih melalui kolaborasi tersebut. Kita diharapkan meluangkan waktu untuk sejenak berpikir kritis mengenai kreativitas apa yang akan membuat karya kita berharga dan bermakna untuk diri sendiri atau orang lain.

Komunikasi

Pola komunikasi dapat berubah seiring kemajuan teknologi. Kemampuan menyusun, menyampaikan, dan memahami pesan menjadi penting untuk bisa berhubungan dengan manusia maupun entitas lain yang cerdas. Lebih lanjut mungkin perlu diperluas hingga mampu berkomunikasi dengan makhluk atau benda apapun, maya maupun nyata.

4c keterampilan dasar penting

Kolaborasi

Sejak jaman prasejarah manusia tak pernah sanggup hidup sendiri. Manusia adalah makhluk sosial sehingga wajib berkolaborasi untuk menghemat sumber daya apapun. Waktu sebagai komoditas paling berharga dapat dihemat ketika pekerjaan dilakukan dalam kolaborasi yang harmonis antara beberapa pihak yang memiliki kompetensi yang tepat dengan visi yang searah.

Kreativitas

Konsumen tampaknya selalu lebih banyak dari produsen, tapi bisa jadi pada beberapa hal ternyata produsen ditemukan berjumlah lebih banyak dari konsumen. Kreativitas diperlukan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki unsur atau nilai yang berbeda. Masyarakat yang ingin serba cepat tidak keberatan untuk menghabiskan sumber daya lebih banyak untuk dapat memuaskan sisi kreatif mereka. Ketika waktu yang dimiliki terbatas untuk menyalurkan kreativitas diri, maka produsen yang kreatif akan dengan mudah mendapatkan konsumen.

Bagaimana mengaplikasikan 4C agar sukses mendapatkan beasiswa?

Mulailah dengan berpikir kritis tentang beasiswa yang akan anda perjuangkan termasuk pilihan kampus dan jurusannya. Pastikan anda sudah membaca seluruh sumber (terutama yang resmi) yang ada, bertanya kepada berbagai pihak yang relevan, mempelajari pengalaman orang lain yang serupa. Mulailah mengisi formulir pendaftaran, menyusun daftar riwayat hidup, membuat proposal penelitian, dan menyiapkan berkas-berkas lain yang diperlukan. Mintalah bantuan orang lain untuk memeriksa karya anda dan menjadi lawan bicara saat berlatih menghadapi wawancara beasiswa.

Bagaimana mengaplikasikan 4C untuk membuat presentasi kelas dunia?

Pastikan apa yang akan anda presentasikan logis dan berharga, jika memungkinkan rancanglah dulu cerita yang menarik sebagai kerangka presentasi anda, perhatikan penulisannya, jangan sampai ada salah ketik. Presentasi anda dibuat untuk manusia, pastikan anda bisa melibatkan penonton dalam presentasi anda, sisipkan beberapa pertanyaan atau ajakan yang perlu direspon oleh penonton. Sampaikan dengan tata bahasa yang sesuai dengan penonton, tanpa melupakan aspek komunikasi non verbal dari presentasi anda. Kreatif tak berarti harus kaya warna atau menggunakan desain yang belum pernah ada sebelumnya, berikan faktor kejutan yang segar di beberapa kesempatan pada rangkaian presentasi anda.

Similar Posts