Beasiswa Doktor Beasiswa Lain Beasiswa Master Beasiswa Sarjana

Fokuslah pada Passion Anda

passion untuk memilih beasiswa

Apa hal yang paling membuatmu bergairah? Hal yang membuatmu rela memikirkannya, menjelaskannya, dan melakukannya dengan penuh semangat dan sukacita? Bahkan tanpa ada imbalan selain kepuasan?

Hal itu adalah passion anda. Passion akan selalu menjadi sumber tenaga di saat nyaris tak sanggup lagi mengerjakan hal lainnya. Passion akan menggerakkan seseorang untuk terus hidup, berpikir, berani bersuara, dan menghasilkan karya. Passion akan memberikan warna dan ciri khas pada setiap jejak kehidupan pemiliknya. Apa passion anda?

Segala masalah dapat dikaitkan dengan passion anda. Passion anda bisa menjadi sumber masalah jika memang mengenai hal-hal yang tidak patut. Namun, ada banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan baik jika kita mau dan diberi kesempatan untuk memberikan ruang untuk passion kita.

Dalam berupaya meraih beasiswa impian, kita sering terjebak hanya pada tuntutan pihak luar, tanpa mempertimbangkan passion kita sendiri. Padahal banyak poin-poin yang akan sangat optimal jika kita dapat melibatkan passion kita.

Jurusan Idaman

Yang pertama, pemilihan jurusan. Pilihlah jurusan sebelum memilih universitas. Mengapa? Karena tidak semua universitas memiliki jurusan yang anda inginkan. Jurusan anda dapat saja ditawarkan oleh beberapa universitas, namun tentu saja masih bisa diurutkan berdasarkan kualitas maupun kesulitan persyaratannya. Passion kita membantu kita untuk memberi kita visi untuk setidaknya 5 tahun ke depan. Apakah 5 tahun ke depan, setelah kita lulus dari suatu jurusan (entah S1, S2, atau S3), kita masih mau mengerjakan hal yang kita telah pelajari di bangku kuliah? Apakah jurusan yang kita pilih dalam 5 tahun ke depan masih akan sama menariknya dengan sekarang? Apakah kita siap mengabdikan diri sesuai ilmu yang kita pelajari saat kuliah bahkan tanpa dibayar? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa dijawab dan dijadikan bahan menulis esai beasiswa atau motivation letter.

Peminatan Idaman

Yang kedua, pemilihan tema penelitian/supervisor. Hal ini penting terutama untuk yang melibatkan penulisan karya tulis ilmiah. Bagi yang kuliahnya full hanya kuliah, tanpa skripsi, tanpa tesis, tanpa disertasi, maka passion pada poin ini juga bisa dipakai untuk memilih mata kuliah pilihan. Tema penelitian atau supervisor/promotor harus bisa menggambarkan spesialisasi kita dalam suatu bidang ilmu. Spesialisasi dalam bidang ilmu yang kita pelajari juga sama pentingnya dengan jurusan yang kita pilih. Pasti ada banyak orang yang mempelajari bidang ilmu yang sama, dan pasti ada setidaknya lebih dari dua hal spesifik yang dapat dijadikan spesialisasi dari bidang ilmu tersebut. Jadilah sangat ahli di salah satu hal yang anda sukai, yang sesuai passion anda, karena akan sangat membantu dalam prosesnya. Ini juga penting disampaikan saat wawancara, maupun saat melakukan pendekatan pada calon supervisor.

Metode Belajar Andalan

Yang ketiga, pemilihan gaya belajar. Tidak semua orang suka belajar bersama, kadang juga lebih efektif untuk belajar sendiri. Passion anda akan membantu menemukan gaya belajar yang sesuai untuk dapat memberikan hasil terbaik dan kepuasan tertinggi. Ini mungkin cocok diterapkan saat sudah mulai kuliah. Tapi bukankah ketika kuliah kita jalani dengan passion maka kita akan dapat meraih pemahaman dan diharapkan juga nilai yang baik? Pemahaman dan nilai yang baik tentu akan sangat membantu untuk meraih beasiswa di jenjang selanjutnya.

Tentu masih banyak hal yang bisa memanfaatkan energi positif dari passion anda, tambahkan sendiri sesuai pengalaman anda masing-masing. Fokuslah pada passion anda sebagai panduan dalam memilih banyak hal. Jika anda belum menemukan passion anda, carilah, gunakan pertanyaan-pertanyaan yang ada sejak awal tulisan ini untuk mendapatkan petunjuk mengenai apa sebenarnya passion anda. Jika sudah ketemu, fokus dan tingkatkan usaha anda untuk senantiasa hidup sesuai passion anda.

Salam penuh semangat dari saya.

passion untuk memilih beasiswa

Yoseph L. Samodra

Peraih Beasiswa USAID PRESTASI 2014

#odop2020

Similar Posts